Terbit: 14 October 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Pencak silat adalah sebuah tradisi yang kuno yang dipraktikkan untuk pertahanan diri, pengembangan fisik, mental, dan spiritual. Cari tahu apa saja manfaat olahraga pencak silat bagi kesehatan fisik dalam ulasan berikut.

Manfaat Pencak Silat untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Pencak Silat untuk Kesehatan Fisik

Seni bela diri sendiri sudah ada sejak 3000 tahun yang lalu di Sri Lanka, kemudian menyebar ke negara Asia lainnya, termasuk Indonesia yaitu seni bela diri tradisional. Pencak silat melibatkan serangkaian latihan intens yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk bisa menguasainya. Di balik berbagai gerakan yang diajarkan, pencak silat ternyata membawa manfaat tersendiri bagi kesehatan fisik dan mental.

Memiliki fisik yang sehat menunjang berbagai aktivitas sehari-hari. Pencak silat merupakan sebuah gaya hidup aktif yang memberikan tubuh tambahan energi untuk tetap bersemangat di tengah kesibukan. Inilah manfaat olahraga pencak silat untuk kesehatan fisik.

1. Meningkatkan kekuatan fisik

Membentuk tubuh yang kuat dan berotot tidak melulu harus dengan angkat beban atau pergi ke gym, tapi juga bisa melalui latihan pencak silat yang rutin. Pencak silat adalah olahraga yang melibatkan seluruh bagian tubuh, sehingga sangat baik untuk kesehatan dan kekuatan kardiovaskular.

Latihan yang terus menerus dengan gerakan berulang membuat otot semakin lelah, sehingga selama otot beristirahat setelah melakukan aktivitas berat, kekuatannya akan semakin bertambah.

2. Menjaga berat badan ideal

Obesitas dan kelebihan berat badan dapat menurunkan kondisi tubuh dan membuat tubuh rentan terhadap berbagai macam penyakit. Asupan makanan yang sehat yang ditunjang dengan gaya hidup aktif adalah kunci untuk meraih berat badan ideal.

Melakukan pencak silat secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaganya tetap pada angka yang ideal. Gerakan pencak silat terbukti dapat membakar banyak kalori dalam waktu singkat dan memberikan bentuk tubuh yang lebih baik.

3. Meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh

Ketika berlatih pencak silat, Anda akan diajari untuk melakukan serangkaian gerakan pendek dalam waktu yang lama. Tujuannya adalah untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Meskipun gerakan tersebut terlihat ringan dan mudah, namun seluruh otot tubuh terlibat dan ikut bergerak.

Gerakan yang terus menerus ini juga meningkatkan kapasitas paru-paru, sehingga tubuh menjadi semakin kuat. Selain itu, pencak silat juga memiliki variasi gerakan seperti lompat tali, push up, sit up, dan gerakan lain yang dirancang untuk menambah kekuatan jantung.

Baca Juga: 11 Cara agar Tidak Malas Olahraga (Mudah Dilakukan)

4. Memperbaiki postur tubuh

Disadari atau tidak, postur tubuh yang salah dapat memicu berbagai macam penyakit seperti nyeri leher, otot kaku, sakit kepala, dan masih banyak lagi. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh adalah dengan meningkatkan fleksibilitas melalui latihan pencak silat. Tahap peregangan otot pada setiap sesi latihan sangat baik untuk membentuk postur tubuh yang ideal.

Setelah mengetahui apa saja manfaat pencak silat bagi kesehatan fisik, sekarang simak manfaatnya untuk kesehatan mental.

Manfaat Pencak Silat Untuk Kesehatan Mental

Bukan hanya kesehatan fisik saja yang penting, kesehatan mental juga. Menjaga mental agar tetap sehat bisa dilakukan dengan membuat tubuh bergerak aktif, misalnya dengan latihan pencak silat. Inilah manfaat pencak silat untuk kesehatan mental.

1. Sarana pengembangan karakter

Lebih dari sekedar gerakan yang berulang, pencak silat mendorong Anda untuk terus bergerak ketika menemui jalan buntu. Filosofi pencak silat membantu Anda mengidentifikasi apa saja yang ingin Anda tingkatkan dalam hidup dan memberikan rasa percaya diri untuk melakukan perubahan positif pada diri Anda.

2. Self-healing secara mandiri

Self-healing adalah sebuah proses yang penting untuk mencapai kesehatan mental seseorang. Seni bela diri dapat membuat Anda menyadari akan ketidakberdayaan Anda, membantu Anda menerima kekuatan batin untuk menyembuhkan trauma masa lalu dan memaafkan diri Anda atas semua kesalahan yang pernah Anda perbuat kepada diri sendiri.

3. Menumbuhkan rasa percaya diri

Bukan hanya tubuh saja yang semakin kuat dari latihan pencak silat yang rutin, mental Anda juga. Pencak silat membantu Anda untuk bangkit saat terjatuh atau gagal, mencoba kembali, dan tidak menyerah meskipun situasi Anda sedang sulit. Kemauan untuk terus mencoba dan pantang menyerah inilah yang kemudian membuat Anda semakin percaya diri.

4. Stabilitas emosional

Latihan pencak silat mengajarkan Anda untuk menguasai pikiran dan emosi melalui gerakan-gerakannya yang sederhana. Hal ini membantu Anda mencapai stabilitas emosional dan mengurangi perasaan agresif dalam diri.

Baca Juga: Mengagumkan! 7 Manfaat Belajar Bela Diri untuk Anak

5. Menciptakan gaya hidup sehat

Secara keseluruhan, pencak silat membuat Anda menjalani gaya hidup yang sehat dan seimbang. Bukan hanya fisik saja yang dilatih, namun manfaat kesehatan mental yang didapatkan dari pencak silat juga membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Hasilnya, Anda pun semakin bahagia dalam menjalani kehidupan Anda.

Itu dia berbagai manfaat pencak silat untuk kesehatan fisik dan mental yang bisa didapatkan. Latihan pencak silat bisa dimulai sejak usia dini, remaja, atau dewasa. Di Indonesia, ada banyak organisasi pencak silat yang tersebar di berbagai daerah, sehingga berlatih pencak silat tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tetapi juga sebagai sarana sosialisasi yang baik.

 

  1. NY Martial Arts Academy. 2019. 8 Physical and Mental Health Benefits of Martial Arts for Kids. https://www.nymaa.com/martial-arts-blog/8-Physical-and-Mental-Health-Benefits-of-Martial-Arts-for-Kids_AE196.html. (Diakses pada 12 Oktober 2021)
  2. Times of India. 2019. 6 amazing health benefits of Martial Arts. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/fitness/6-amazing-health-benefits-of-martial-arts/articleshow/70787541.cms. (Diakses pada 12 Oktober 2021)
  3. Web MD. 2021. Mental Benefits of Martial Arts. https://www.webmd.com/mental-health/mental-benefits-of-martial-arts. (Diakses pada 12 Oktober 2021)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi