Terbit: 25 April 2022 | Diperbarui: 28 April 2022
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Olahraga ternyata tidak hanya berguna untuk memperkuat otot saja, akan tetapi juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Apa saja manfaat olahraga untuk kulit yang bisa Anda dapatkan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

5 Manfaat Olahraga untuk Kulit, Membuatnya Lebih Sehat hingga Glowing

Berbagai Manfaat Olahraga untuk Kulit

Menurut dr. Amy McClung dari US Dermatology Perners Brodie Lane, Austin, Texas, olahraga dan kesehatan kulit adalah dua hal tak terpisahkan. Banyak orang yang menyangka olahraga dan keringat akan merusak kulit. Padahal, jika dilakukan dengan cara yang tepat, olahraga teratur justru akan menambah kesehatan dan kecantikan kulit.

Pada dasarnya, olahraga dapat memperlancar peredaran darah, itu artinya pengangkutan oksigen serta nutrisi akan lebih cepat dan baik. Hal ini berlaku untuk seluruh organ tubuh, termasuk kulit. Berikut ini adalah manfaat olahraga untuk kulit, di antaranya.

1. Kulit tampak lebih muda

Saat Anda berolahraga, darah dipompa ke seluruh tubuh. Hal itu membuat jantung berdetak lebih cepat dan darah pun beredar lebih lancar. Hal ini akan menambah asupan oksigen dan nutrisi ke seluruh organ, termasuk kulit.

Artinya, sel-sel kulit juga ternutrisi sehingga dapat lebih cepat beregenerasi sehingga kulit selalu tampak lebih segar dan muda. Uniknya, hal ini juga masih berlangsung saat sudah berhenti berolahraga. 

2. Mengeluarkan racun dari kulit

Berolahraga mengakibatkan tubuh berkeringat lebih banyak. Keringat yang keluar sekaligus membawa racun dan zat sisa dari dalam tubuh. Detoksifikasi sudah lama diketahui memberi efek positif pada kulit. 

Peredaran darah yang lancar lagi-lagi dapat membuang zat sisa dari dalam tubuh. Sel-sel kulit sebenarnya juga memiliki zat sisa sari make up dan produk perawatan. 

Dengan peredaran darah yang lancar, zat sisa akan lebih cepat diangkut untuk dikeluarkan bersama keringat dan urine. Hasil akhirnya tentu dapat diduga, kulit tampak lebih cerah, sehat dan glowing.

3. Mengurangi dampak stres pada kulit

Stres dapat meningkatkan toksin di dalam tubuh. Efek buruknya juga akan terasa oleh kulit. Misalnya jerawat, eksim, rosacea, dan psoriasis. Stres juga dapat memicu alergi, inflamasi, dan breakout pada kulit.

Berolahraga dapat mengurangi stres dengan cara meningkatkan imunitas dan mengatur produksi hormon tubuh. Hal ini juga akan berakibat pada sel kulit yang dapat memperbaiki diri lebih cepat. Imunitas yang meningkat akan mempercepat proses penyembuhan kondisi kulit.

Baca Juga: Beragam Manfaat Buah Pir untuk Perawatan Kulit

4. Memperlambat tanda-tanda penuaan

Kulit orang-orang yang suka berolahraga akan terlihat jauh lebih muda dari aslinya. Olahraga ringan setara dengan tiga puluh menit aerobik setiap hari akan membuat Anda terlihat jauh lebih muda. 

Peredaran darah yang lancar akan mempercepat regenerasi sel dan perbaikan skin barrier pada kulit secara keseluruhan

Namun ingatlah untuk selalu menggunakan tabir surya saat berolahraga di luar ruangan. Jangan pula berolahraga berlebihan karena akan memberikan efek negatif  pada kulit.

5. Meningkatnya kesehatan tubuh

Kondisi kulit bisa menggambarkan bagaimana kesehatan tubuh secara umum. Meningkatnya kesehatan tubuh melalui olahraga teratur juga akan ditunjukkan oleh kondisi kulit yang lebih sehat. Oleh karenanya, tetaplah berolahraga teratur dan mengatur pola makan yang baik. 

Baca Juga: 11 Lulur Alami yang Bantu Memutihkan Kulit

Tips Menjaga Kesehatan Kulit saat Berolahraga

Walaupun manfaat olahraga untuk kulit sudah terbukti, bukan berarti Anda dapat berolahraga tanpa perencanaan dan latihan yang benar. Olahraga juga tidak serta merta menjadikan kulit terlihat lebih sehat dan cantik. Kesabaran diperlukan untuk mendapatkan hasil yang sempurna. 

Berikut adalah tips menjaga kesehatan kulit saat berolahraga.

  • Bersihkan kulit setelah berolahraga. Setelah keringat kering, segeralah mandi menggunakan sabun yang lembut. Cuci muka hingga benar-benar bersih dari keringat, debu, dan kotoran yang menempel. 
  • Memakai pakaian yang tidak terlalu ketat setelah selesai berolahraga. Pakaian yang agak longgar akan memudahkan kulit bernapas.  Pakaian longgar juga dapat mencegah terjadinya iritasi, ruam, lecet, dan jamur akibat kelembapan yang tertahan.
  • Saat berolahraga, gunakan pakaian yang menyerap keringat. Hindari pakaian berbahan sintetis terutama jika Anda memiliki bakat alergi.
  • Gunakan tabir surya saat berolahraga di luar ruangan. Paling tidak yang memiliki SPF 30 ke atas. Jangan lupa untuk mengulangi pemakaiannya setiap dua jam  sekali.
  • Jangan berolahraga di luar ruangan jika cuaca terlalu panas. Jika harus melakukannya, pilih tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung.
  • Tetap lakukan perawatan kulit secara teratur. Kulit yang berjerawat atau mengalami masalah kronis tetap harus mendapat perawatan dengan produk kecantikan. Olahraga akan membantu metabolisme dan penyerapan skin care yang digunakan.

Pada akhirnya, olahraga dapat memperlancar peredaran darah, menyeimbangkan produksi hormon, mengurangi stres, dan membuang racun dari tubuh. Manfaat-manfaat tersebut juga akan dirasakan oleh kulit.

 

  1. Anonim. 2020. Top 5 Benefits of Exercise for Skin Health. https://www.usdermatologypartners.com/blog/will-exercising-improve-my-skin/.  (Diakses pada 23 April 2022).
  2. Fernandes, Kasmin. 2012. The beauty benefits of exercise. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/beauty/the-beauty-benefits-of-exercise/articleshow/15404530.cms. (Diakses pada 23 April 2022).
  3. Migala, Jessica. 2019. The Scientific Reasons That Exercise Can Give You Better-Looking Skin. https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/the-scientific-reasons-why-exercise-can-give-you-better-looking-skin/. (Diakses pada 23 April 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi