Terbit: 25 May 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Sampai saat ini, begitu banyak anggapan yang kurang benar mengenai fitnes. Banyak yang mengira jika fitnes adalah sebuah aktivitas kebugaran yang tujuannya hanya untuk membentuk otot sehingga menjadi kekar layaknya binaragawan. Dengan anggapan yang seperti itu, tentu saja banyak orang yang menjadi enggan jika tidak memiliki keinginan memiliki tubuh yang kekar.

Inilah 4 Alasan Mengapa Anda Harus Mengikuti Fitnes

Padahal, fitnes sendiri mengandung makna luas dan tidak terpaku pada pembentukan otot saja.  Jika disederhanakan, fitnes bisa dikatakan sebagai kebugaran. Jadi, tujuan fitnes adalah untuk mendapatkan kebugaran, bukannya mendapatkan otot kekar seperti anggapan orang-orang tersebut. Sebab, dalam penelitian, ada beberapa manfaat fitnes yang baik bagi kebugaran tubuh, berikut diantantaranya:

1. Membakar Lemak

Dalam fitnes, Anda tidak hanya diajarkan bagaimana teknik serta gerakan untuk mendapat kebugaran, tapi Anda juga akan diajarkan bagaimana cara menjaga pola makan yang baik dan benar. Oleh karenanya, fitnes sering menjadi rujukan bagi orang yang mengalami berat badan berlebih. Sebab, dalam melakukan serangkaian metode dalam fitnes, lemak dalam tubuh bisa terbakar secara efektif dan aman.

2. Menguatkan Jantung

Selain membakar lemak, fitnes juga bisa menguatkan jantung Anda. Hal itu dikarenakan pada latihan fitnes, ada beberapa teknik yang kardiovaskular yang akan membuat jantung bisa memompa darah lebih baik ke seluruh tubuh. Dengan begitu, seluruh sel dan jaringan yang berada di sekitar jantung akan menjadi lebih terlatih dan akan menguatkan jantung Anda sehingga terhindar dari penyakit jantung.

3. Mengatasi Stres

Perlu diketahui, dari hasil survei yang dilakukan oleh pegiat fitnes, mendapatkan hasil bahwa lebih dari 30 persen alasan orang mengikuti fitnes adalah sebagai penghilang stres. Memang terkesan aneh, tapi memang begitu faktanya. Sebab, dalam melakukan gerakan-gerakan dalam fitnes, seseorang menjadi lebih bersemangat dan rileks sehingga melupakan masalah yang sedang dihadapi.

4. Detoksifikasi

Melakukan fitnes secara rutin bisa membuat seseorang menjadi lebih sehat dan bugar. Hal tersebut dikarenakan tubuh bisa mendetoks diri dengan maksimal. Sebab, ketika fitnes, begitu banyak keringat yang keluar beserta kalori yang ditengarai sebagai biang kerok dari penyakit. Selain itu, pada saat fitnes, Anda juga akan mengonsumsi makanan sehat yang bisa mensuplai nutrisi ke seluruh tubuh sehingga racun di dalam tubuh pun semakin ditekan agar tidak berkembang.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi