Terbit: 17 October 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Aquarobic atau senam air adalah jenis olahraga yang dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi nyeri pada persendian. Ketahui lebih lanjut tentang manfaat aquarobic dan bagaimana cara melakukan senam air dalam artikel berikut ini.

Manfaat Aquarobic, Senam di Dalam Air yang Menyehatkan!

Apa Itu Aquarobic?

Aquarobic atau aerobik air adalah bentuk olahraga yang baik untuk melatih kekuatan jantung dan laju pernapasan. Aquarobic mirip dengan senam aerobik biasa, namun karena dilakukan di dalam air maka dapat mengurangi ketegangan pada sendi.

Oleh karena itu, olahraga ini banyak disarankan bagi para lansia, namun banyak juga diminati oleh orang-orang yang lebih muda. Tidak hanya itu, aquarobic juga menawarkan sederet manfaat kesehatan bagi fisik dan mental.

Manfaat Aquarobic bagi Kesehatan

Aquarobic sangat baik untuk meningkatkan kekuatan tubuh karena daya tahan air yang jauh lebih besar dari udara. Simak manfaat kesehatan aquarobic selengkapnya berikut ini:

1. Melatih kekuatan otot jantung

Melatih otot jantung sangat penting untuk kekuatan jantung, terutama seiring dengan bertambahnya usia. Otot jantung yang sehat dapat melancarkan peredaran ke seluruh tubuh. Gerakan aerobik yang ringan di dalam air dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh

Aquarobic adalah olahraga yang gerakannya melibatkan seluruh tubuh. Dengan demikian, latihan aquarobic dapat meningkatkan koordinasi dan keseimbangan antar anggota tubuh. Hasilnya, tubuh menjadi lebih kuat dan dapat bergerak secara lebih aktif.

3. Tidak membebani persendian

Tidak seperti aerobik biasa, aquarobic cenderung lebih ringan, terutama untuk persendian. Air dapat menopang berat badan dan mengurangi tarikan gravitasi, sehingga Anda bisa melakukan berbagai gerakan dengan lebih mudah.

Sendi-sendi tubuh seperti pinggang, punggung, dan pergelangan kaki tidak perlu bekerja keras untuk menopang tubuh, dan oleh karena itu mengurangi risiko cedera seperti nyeri otot atau patah tulang.

Baca Juga: Macam-Macam Gaya Renang dan Manfaatnya bagi Tubuh

4. Mengurangi risiko cedera

Manfaat aquarobic bagi kesehatan yang satu ini sangat dibutuhkan oleh kaum lansia. Seiring bertambahnya usia, keseimbangan tubuh menjadi berkurang dan para lansia sangat rawan cedera jika melakukan olahraga.

Namun dengan aerobik yang dilakukan di dalam air, tulang lansia tidak perlu menopang berat badan sepenuhnya, sehingga mereka bisa melakukan gerakan olahraga secara lebih bebas tanpa khawatir cedera.

5. Membantu menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan dan obesitas adalah kondisi yang bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencapai berat badan ideal adalah senam air.

Menurut sebuah penelitian, aktivitas fisik di dalam air seperti aquarobic dalam meningkatkan metabolisme tubuh dan mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh. Dengan demikian, berat badan bisa turun lebih cepat.

6. Membangun massa dan kekuatan otot

Dampak aquarobic untuk membangun massa otot mungkin tidak sebesar aerobik biasa. Namun bagi Anda yang bermasalah dengan persendian, olahraga ini adalah pilihan tepat untuk melatih kekuatan otot. Anda bisa melakukan angkat beban di dalam air dan gerakan-gerakan lain yang berhubungan dengan latihan otot.

Namun sangat disarankan untuk melakukan latihan di bawah pengawasan dokter atau petugas profesional untuk mencegah dampak yang tidak diinginkan.

7. Mempercepat pemulihan cedera

Seseorang yang sedang menjalani fase pemulihan setelah terjatuh atau menerima tindakan medis seperti operasi panggul bisa menggunakan aquarobic sebagai metode terapi untuk mempercepat kesembuhan.

Ini karena anggota tubuh jauh lebih mudah digerakkan di dalam air dan tidak perlu menanggung tekanan yang terlalu berat akibat berat badan.

8. Memperbaiki kondisi sendi kronis

Gangguan persendian memang sering dialami oleh orang tua, namun tidak menutup kemungkin mereka yang usianya lebih muda juga mengalami gangguan yang sama. Latihan fisik di dalam air yang hangat sangat disarankan karena dapat membuat otot dan sendi terasa lebih rileks.

9. Mengurangi nyeri punggung

Melakukan banyak aktivitas fisik juga disarankan bagi ibu hamil untuk melancarkan proses persalinan. Olahraga di dalam air seperti aquarobics dapat membantu meredakan nyeri punggung, terutama saat usia kehamilan sudah memasuki trimester ketiga.

10. Baik untuk kesehatan mental

Bukan hanya kesehatan fisik saja yang semakin membaik dengan aquarobic, kesehatan mental juga. Aquarobic adalah olahraga yang dilakukan secara berkelompok, sehingga interaksi sosial yang timbul membuat Anda merasa lebih bahagia karena timbul rasa kebersamaan dalam melakukan satu aktivitas yang sama.

Baca Juga: 13 Manfaat Berenang yang Jarang Anda Ketahui

Beberapa Gerakan dalam Aquarobic

Aquarobic dilakukan secara berkelompok di dalam kolam renang yang dangkal. Semua peserta harus bisa menyentuh lantai kolam, namun tidak perlu berenang. Berikut ini rangkaian gerakan yang biasanya dilakukan dalam satu sesi aquarobic:

  • Pemanasan untuk membiasakan tubuh bergerak di dalam air dan mempersiapkan otot untuk latihan fisik.
  • Latihan kardiovaskular untuk memacu detak jantung seperti tendangan kaki, peregangan lengan, dan lari di tempat.
  • Latihan keseimbangan.
  • Latihan koordinasi.
  • Peregangan otot.
  • Pelemasan otot untuk mencegah cedera.

Itulah manfaat aquarobic atau senam air bagi kesehatan. Aquarobic adalah latihan fisik ringan yang cocok untuk segala usia. Untuk mendapatkan efek relaksasi, lakukan aquarobic di dalam air hangat atau kombinasikan dengan olahraga renang.

 

  1. Australian Seniors. 2019. 9 benefits of aquarobics for seniors. https://www.seniors.com.au/funeral-insurance/discover/9-benefits-of-aquarobics-for-seniors. (Diakses pada 14 Oktober 2021).
  2. Christensen, Tricia. 2011. What is Aquarobics? https://www.wise-geek.com/what-is-aquarobics.htm. (Diakses pada 14 Oktober 2021).
  3. Good Spa Guide. 2013. What is Aqua aerobics? https://goodspaguide.co.uk/features/aqua-aerobics. (Diakses pada 14 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi