Terbit: 25 Agustus 2018 | Diperbarui: 5 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Aktivitas fisik dapat membantu kita menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Salah satu cara supaya tubuh tetap aktif bergerak adalah dengan cara berolahraga secara rutin. Olahraga tentu saja dapat memberikan segudang manfaat baik untuk tubuh. Selain dapat menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, rutin berolahraga juga bisa membentuk tubuh menjadi langsing dan ideal.

3 Jenis Latihan yang Seharusnya Menjadi Rutinitas Setiap Hari

Sebenarnya, ada berbagai ragam jenis olahraga yang bsia dilakukan setiap hari. Namun, terkadang tubuh tidak bisa menerimanya jika harus dilakukan setiap hari dengan alasan bosan dan melelahkan sehingga kita tidak bisa berolahraga secara rutin. Nah, berikut adalah 3 jenis latihan yang bisa kita lakukan setiap hari dan menjadi rutinitas untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, diantaranya:

1. Kardio

Siapa yang tidak suka kardio? Hampir sebagian orang menyukai jenis latihan ini karena dianggap lebih mudah dan menyenangkan untuk dilakukan. Ada banyak macam latihan kardio, diantaranya seperti berenang, lari, jalan kaki, bersepeda, senam, dan lain sebagainya. Kardio bisa dilakukan oleh semua orang baik tua maupun muda, pria maupun wanita. tidak hanya mampu menurunkan berat badan, kardio juga baik untuk kesehatan jantung. Oleh sebab itu, lakukanlah latihan ini minimal 3 kali dalam seminggu dengan intensitas waktu latihan sekitar 30-45 menit.

2. Latihan Kekuatan

Mungkin selama ini kita hanya berpikir bahwa hanya binaragawan saja yang bisa melakukan jenis latihan ini. Padahal, semua orang juga bisa melakukan latihan ini karena sangat penting utuk dilkaukan. Latihan kekuatan berfungsi untuk membangun dan mengencangkan otot yang nantinya dapat digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tidak perlu latihan kekuatan di pusat kebugaran, cukup lakukan latihan ini di rumah seperti sit-up, pull-up, push-up, squat jump, plank, dan lain sebagainya.

3. Latihan Kelenturan

Olahraga tidak hanya dilakukan untuk membentuk tubuh dan otot saja, melainkan juga untuk membuat tubuh menjadi lebih lentur. Hal ini dikarenakan tubuh lentur mampu melindungi tubuh agar tidak mudah cedera. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memasukkan latihan kelenturan ke dalam rutintas olahraga setip hari.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi