Terbit: 21 Oktober 2021 | Diperbarui: 22 Oktober 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Timbunan lemak di sekitar pinggang sering kali membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi hal ini adalah dengan berolahraga. Apa saja olahraga mengecilkan pinggang yang bisa Anda coba? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

4 Jenis Olahraga yang Dapat Membantu Mengecilkan Pinggang

Olahraga yang Dapat Membantu Mengecilkan Pinggang

Mengecilkan ukuran pinggang bisa sangat menantang jika tubuh secara alami menyimpan lemak di area tersebut. Akan tetapi, terdapat beberapa latihan sederhana yang dapat membantu mengecilkan pinggang.

Berikut adalah berbagai olahraga untuk mengecilkan pinggang, di antaranya:

1. Yoga

Sebuah studi terkontrol yang dilakukan pada wanita dengan perut buncit yang menjalankan program yoga selama 12 minggu secara intensif, mengungkapkan, yoga membantu meningkatkan kesehatan dan menurunkan lingkar pinggang.

Selain membantu membakar kalori, yoga juga membantu Anda dalam mengelola stres. Mulailah dengan yoga di bawah pengawasan instruktur profesional.

2. Plank

Plank adalah olahraga yang dapat melatih otot-otot perut dan membantu mendukung postur tubuh yang sehat.

Mulailah dengan posisi push-up dengan tangan di samping dan kaki dibuka selebar bahu. Lakukan teknik ini di atas matras tipis atau permukaan lain yang stabil dan empuk.

Cobalah untuk menstabilkan otot inti tubuh saat Anda menahan posisi ini. Berhati-hatilah untuk tidak menahan tekanan dari pose ini di leher atau lutut; karena otot inti yang seharusnya menopang berat badan sepenuhnya.

Baca Juga: 22 Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut untuk Dicoba di Rumah!

3. Standing Oblique Crunch

Teknik ini berguna untuk mengencangkan otot-otot di sisi tubuh sehingga membuat pinggang lebih kencang dan ramping. Olahraga mengecilkan pinggang ini bisa dimulai dengan berdiri dengan menggenggam beban (2-4 kg).

Agar tubuh lebih stabil, Anda dianjurkan menyentuh kepala dengan tangan yang tidak membawa beban. Gerakan tangan yang menahan beban secara perlahan sambil menjaga otot inti tetap stabil.

Cobalah untuk tidak menggerakkan pinggul sama sekali saat Anda meregangkan tubuh ke kanan dan ke kiri. Setelah beberapa pengulangan gerakan pada satu sisi, beralihlah ke sisi yang berlawanan.

Metode ini adalah alternatif yang bagus untuk sit-up tradisional jika Anda menderita sakit punggung atau sulit berbaring di lantai.

4. High-Intensity Interval Training (HIIT)

HIIT mengacu pada jenis olahraga yang sangat spesifik dan khusus. Ciri khas olahraga ini adalah pengulangan, aktivitas yang sangat keras diselingi periode pemulihan. Saat menerapkan metode ini, Anda dianjurkan menantang diri sendiri secara maksimal.

Aktivitas aktual yang dilakukan bervariasi tetapi dapat mencakup lari cepat, bersepeda, lompat tali, atau latihan beban tubuh lainnya.

Jumlah waktu spesifik berolahraga dan pemulihan bisa bervariasi berdasarkan aktivitas yang dipilih dan seberapa intens Anda berolahraga.

Terlepas dari bagaimana penerapannya, latihan interval intensitas tinggi ini harus melibatkan periode singkat olahraga berat yang membuat peningkatan detak jantung.

Baca Juga: 8 Makanan Setelah Olahraga agar Kembali Berstamina

Tidak Hanya Mengandalkan Olahraga untuk Mengecilkan Pinggang

Meskipun olahraga mengecilkan pinggang seperti di atas dapat mengencangkan otot-otot perut, Anda tidak bisa mengandalkan olahraga saja. Kombinasi hidup sehat, asupan nutrisi, serta olahraga akan memberikan hasil terbaik.

Tetapkan harapan yang realistis mengenai target mengecilkan pinggang, misalnya, ukuran lingkar pinggang berkurang 2-5 cm selama satu tahun. Meski target ini terlihat tidak signifikan, hal tersebut dapat memengaruhi berat badan secara keseluruhan.

Mengecilkan pinggang membutuhkan kesabaran dan disiplin. Pendekatan terbaik adalah menargetkan lemak tubuh secara keseluruhan daripada hanya berkonsentrasi pada lingkar pinggang.

Jika Anda memiliki tujuan yang realistis dan memiliki pikiran yang positif, kemungkinan besar Anda akan sukses dalam jangka panjang.

 

  1. Watson, Kathryn. 2018. Reducing Your Waist Size the Healthy Way. https://www.healthline.com/health/how-to-reduce-waist-size. (Diakses pada 21 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi