Terbit: 24 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Nuansa Asean Games semakin menggema, begitu banyak atlet yang sedang bertanding untuk mengharumkan nama bangsa di kancah dunia, khususnya Asia. Ada begitu banyak cabang olahraga yang sedang dilombakan, mulai dari bulu tangkis, sepak bola, lari, voli, renang, dan masih banyak lagi.

3 Fakta Olahraga Panahan yang Jarang Diketahui Orang

Namun, dari semua cabang olahraga tersebut, ada satu yang cukup menarik dan menjadi pembahasan publik belakangan ini, yakni panahan. Ya, olahraga yang satu ini memang belum terlalu familiar, mengingat euphoria masyarakat Indonesia masih cukup fanatik dan tinggi pada olahraga tertentu, seperti sepak bola dan bulu tangkis.

Namun kendati demikian, olahraga panahan juga tak kalah menarik. Olahraga yang sering disebut sebagai Archery ini adalah sebuah aktivitas olahraga yang menggunakan busur untuk menembakkan anak panah. Tidak banyak yang menguasai olahraga ini karena terbilang cukup sulit dan membutuhkan skill serta pengalaman tertentu.

Nah, untuk mengenalnya lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui beberapa fakta tentang panahan yang belum diketahui masyarakat luas, diantaranya sebagai berikut.

1. Salah Satu Olahraga Tertua di Dunia

Perlu diketahui, olahraga panahan merupakan salah satu jenis olahraga tertua di dunia loh! Digadang, olahraga yang satu ini sudah ada sejak 5000 tahun lalu, yang mana panahan digunakan untuk pertempuran antar kerajaan. Namun, setelah peradaban berlangsung, keterampilan ini diresmikan menjadi sebuah cabang olahraga yang diakui oleh seluruh dunia.

2. Masuk Olimpiade Pada Tahun 1900

Olahraga panahan pertama kali masuk dalam ajang Olimpiade pada tahun 1900 silam, tepatnya di Paris. Kala itu, olahraga panahan sendiri masih belum memiliki aturan khusus yang sah secara Internasional, oleh karenanya sempat dihentikan beberapa tahun. Namun, setelah berhasil dirumuskan aturannya, panahan kembali dilombakan pada Olimpiade tahun 1972 di Munich.

3. Ada Banyak Jenis Busur Panahan

Dalam olahraga panahan, terdapat beberapa jenis busur, seperti longbow, flatbow, shortbow, dan recurve bow. Beberapa busur tersebut dilombakan dengan level yang berbeda pula. Jadi perbedaannya terletak pada ukuran, bentuk, serta daya lajunya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi