Terbit: 23 August 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup banyak digemari oleh kebanyakan orang. Hal itu dikarenakan olahraga yang satu ini memang cukup menyenangkan. Selain bisa memberikan kebugaran tubuh, faktanya bersepeda juga membuat pikiran menjadi lebih rileks karena kita bisa menikmati pemandangan di luar ruangan.

Bersepeda Bikin Awet Muda, Mitos Atau Fakta?

Nah, bicara mengenai bersepeda, mungkin kita sudah sering mendengar rumor yang mengatakan bahwa bersepeda juga bisa membuat seseorang menjadi awet muda. Hal itu menjadikan kebanyakan kaum hawa berlomba-lomba untuk melakukan olahraga ini. Sebab, hampir semua wanita menginginkan awet muda agar kecantikannya tidak hilang termakan usia.

Namun, apakah rumor tersebut benar? Atau hanya mitos belaka?

Sebelum membahasnya, ada satu hal yang perlu kita pahami terlebih dahulu tentang olahraga. Jadi, olahraga merupakan sebuah aktivitas kebugaran yang dilakukan dengan gerakan serta teknik tertentu. Tujuan dari olahraga sendiri adalah sebagai penunjang kesehatan serta kebugaran tubuh agar tidak mudah sakit.

Dari penjelasan singkat di atas, kita bisa menarik kesimpulan kecil bahwasanya segala jenis olahraga sangat bermanfaat agar tubuh tetap bugar dan sehat. Kebugaran sendiri didapatkan karena aliran darah lancar, otot bekerja dengan baik, serta tidak ada timbunan lemak dalam tubuh. Dengan begitu, kita bisa sedikit menyimpulkan jika semua olahraga bisa membuat awet muda.

Sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Birmingham dan King’s College London, yang telah melakukan penelitian serta survei mendalam tentang bersepeda. Alhasil, ditemukan fakta bahwa bersepeda memang benar bisa membuat seseorang menjadi lebih awet muda.

Selain itu, ada faktor psikologis yang memengaruhi awet muda tersebut. Misalnya ketika sedang stres berat, seseorang bisa menghilangkannya hanya dengan bersepeda. Bahkan, disebutkan pula jika bersepeda secara rutin, minimal dua kali dalam seminggu bisa meningkatkan kualitas kesehatan di hari tua.

Bersepeda bisa membuat tubuh mendapatkan sirkulasi udara dan darah yang baik sehingga semua organ dan bagian tubuh akan mendapatkan suplai udara dan darah yang cukup. Akibatnya, kesehatan kulit pun ikut terjaga sehingga kita akan tetap awet muda dengan kulit yang lembap dan cerah.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi