Terbit: 5 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Pilates merupakan salah satu olahraga yang dapat membantu untuk pengencangan dan pembentukan tubuh Anda. Olahraga ini ditemukan oleh Joseph Pilates sebagai bentuk latihan fisik yang berfokus pada rehabilitasi dan penguatan tubuh, karena itu olahraga ini banyak dipilih oleh para wanita yang ingin memperbaiki postur tubuh.

5 Manfaat Pilates Bagi Tubuh yang Perlu Kamu Coba

Dilansir dari laman firnessmagazine, pilates ternyata tidak hanya baik bagi postur tubuh namun juga dapat mengurangi sakit punggung hingga membuat kehidupan seks Anda menjadi lebih baik. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini:

Menguatkan otot perut
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa perempuan yang melakukan pilates rutin selama 26 minggu memiliki otot perut yang lebih kuat sebanyak 21 persen. Selain itu mereka juga memiliki otot yang lebih seimbang antara otot kiri dan kanan tubuh.

Mengurangi sakit punggung
Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Orthopedic & Sports Physical Therapy menyebutkan bahwa beberapa pasien dengan sakit punggung bawah menahun mendapati sakit punggungnya berkurang setelah menjalani pilates selama 4 minggu. Para peneliti juga menyebutkan bahwa pilates membantu otot-otot sekitar punggung bawah menjadi lebih stabil dan memudahkan pergerakan tubuh.

Meningkatkan fokus
Pilates merupakan olahraga yang membuat Anda fokus pada pernapasan dan menggerakkan tubuh secara bersamaan. Hal ini tentunya membutuhkan konsentrasi tinggi dan dapat membantu Anda untuk fokus pada kegiatan Anda sehari-hari.

Meningkatkan kecerdasan
Sebuah penelitian di Tiongkok menyebutkan bahwa terjadi perubahan dalam aktivitas otak perempuan setelah 10 minggu mengikuti senam pilates. Perubahan yang terjadi adalah meningkatnya daya puncak alpha otak yang berubungan dengan aktivitas saraf jaringan, kinerja memori dan fungsi kognitif lainnya.

Meningkatkan kualitas kehidupan seks
Rutin melakukan pilates juga dapat menguatkan otot dasar panggul Anda. Dengan otot panggul yang kuat, Anda dapat memiliki orgasme lebih baik, dan juga membantu proses persalinan menjadi lebih lancar.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi