Terbit: 21 March 2018 | Diperbarui: 27 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Saat ingin menjaga kebugaran tubuh dan ingin membentuk otot badan, sebagian besar pria akan memilih untuk melakukan latihan beban. Latihan beban dipercaya cukup ampuh dalam pembentukan otot tubuh. Selain itu, latihan beban bisa Anda lakukan di pusat kebugaran ataupun di rumah.

4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Latihan Beban

Bagi Anda yang ingin melakukan latihan beban dengan suasana menyenangkan dan tidak membosankan, Anda bisa pergi ke pusat kebugaran. Di sana Anda dapat melakukan latihan dengan berbagai macam gerakan dan beban yang disediakan.

Latihan beban memang bisa dilakukan oleh siapapun dan dari segala umur. Namun, perlu Anda ketahui bahwa aktivitas ini akan kurang maksimal jika Anda belum tahu akan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam latihan beban.

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh sebagian orang yang melakukan latihan beban. Kesalahan tersebut seperti:

1. Kurang Tidur

Tujuan Anda melakukan latihan beban adalah untuk membentuk otot tubuh agar terlihat sempurna. Dalam melakukan latihan ini, Anda harus memerhatikan betul waktu tidur, sehingga Anda bisa tidur dengan waktu yang cukup. Jika Anda kurang tidur, maka pembentukan otot tidak akan maksimal karena proses pembentukan otot ini terjadi pada saat Anda sedang istirahat (tidur).

2. Tidak Makan

Mungkin bagi orang sedang menjalani program diet, mereka akan mengurangi makan dan membiarkan tubuh dalam keadaan lapar. Hal ini tidak dibenarkan bagi Anda yang ingin melakukan latihan beban. Latihan beban membutuhkan banyak tenaga untuk mengangkat beban. Untuk itu, Anda diwajibkan mengisi perut terlebih dahulu dan hindari melakukan latihan beban dalam keadaan perut lapar.

3. Terlalu Sering Latihan

Mungkin Anda berpikir jika semakin sering latihan beban dilakukan, maka semakin cepat pula otot terbentuk. Hal tersebut merupakan kesalahan besar karena latihan beban terlalu sering tidak akan baik untuk massa otot. Otot memerlukan waktu kurang lebih 2 hari untuk istirahat dan memperbanyak massa otot, jika latihan beban dilakukan terlalu sering akan memperlambat penyebaran massa otot dan efek lebih parah yang akan timbul adalah cedera pada bagian-bagian tertentu.

4. Melupakan Latihan Dasar

Sebelum melakukan latihan beban, alangkah lebih baik jika Anda melakukan latihan dasar terlebih dahulu. Latihan dasar dilakukan untuk meregangkan otot-otot dan dipercaya sebagai metode yang mampu menambah massa otot. Selain itu, latihan dasar juga bisa meminimalkan risiko cidera pada otot Anda.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi