Terbit: 17 April 2018 | Diperbarui: 8 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Yoghurt merupakan salah satu hasil olahan susu yang banyak dikonsumsi lantaran mengandung nilai gizi yang tinggi. Tidak heran jika sejumlah orang menggunakan yoghurt sebagai bahan alami untuk merawat kesehatan rambut. Sebenarnya apa saja sih manfaat yang diberikan oleh yoghurt terkait dengan kesehatan rambut?

Tips Merawat Rambut dengan Yoghurt yang Bisa Dilakukan di Rumah

1. Melembapkan Kulit Kepala

Kandungan protein pada yoghurt ternyata dapat digunakan untuk menutrisi dan melembapkan kulit kepala. Dilansir dari laman Stylecraze, menggunakan yoghurt sebagai hair mask juga ampuh dalam merejuvenasi kulit kepala. Kondisi yang demikian tentu akan menghindarkan Anda dari risiko kulit kepala kering mau pun ketombe.

2. Conditioner Alami

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari pemakaian yoghurt adalah sebagai conditioner alami. Mengaplikasikan yoghurt dapat menutrisi batang rambut sehingga rambut menjadi lebih sehat dan lembap. Tidak hanya itu saja, menggunakan conditioner secara rutin setelah berkeramas menjadikan rambut lebih mudah untuk diatur.

3. Mencegah Ketombe

Masalah rambut berketombe tidak hanya disebabkan oleh kulit kepala yang kering. Masalah tersebut juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit kepala. Maka dari itu, untuk mencegah ketombe menyerang, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan hair mask yang mengandung bahan antifungal atau antijamur. Salah satunya adalah yoghurt. Tidak hanya ampuh dalam mencegah ketombe, kandungan protein dan vitamin pada yoghurt akan menutrisi kulit kepala dan rambut secara optimal.

Penggunaan yoghurt sebagai bahan perawatan rambut ini rupanya sudah dilakukan sejak lama. Tidak hanya menggunakan yoghurt saja, banyak orang yang mengombinasikan yoghurt dengan bahan lain. Misalnya saja minyak kelapa yang menjadikan rambut lebih lembap dan bercahaya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi