Terbit: 17 March 2022 | Diperbarui: 4 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Bicara soal kosmetik memang tidak ada habisnya bagi kaum hawa. Kunci mendapatkan riasan yang sempurna adalah mengenali kebutuhan kulit dengan baik. Kosmetik untuk kulit kering, misalnya, tentu berbeda dengan jenis kulit lainnya. Ketahui berbagai tips menggunakan kosmetik untuk kulit kering dan kusam, selengkapnya di bawah ini.

Tips Menggunakan Kosmetik untuk Kulit Kering

Tips Memilih Kosmetik untuk Kulit Kering dan Kusam

Pemilik kulit kering masih bisa tampil mempesona dengan riasan wajah asal tahu kebutuhan kulitnya dan bisa memilih produk sesuai kebutuhan kulit. Ini dia beberapa tips yang penting untuk Anda perhatikan, di antaranya:

1. Mulai dengan eksfoliasi

Agar setiap produk kosmetik bisa melekat di kulit wajah dengan sempurna, rajinlah melakukan eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati. Tumpukan sel kulit mati membuat kosmetik tidak bisa menyatu dengan baik pada kulit. Sebelum Anda menggunakan kosmetik, pastikan Anda sudah mengikis semua lapisan sel kulit mati.

2. Pelembap yang mengandung SPF

Bagi Anda yang punya kulit kering, pelembap adalah produk skincare atau kosmetik yang tidak boleh ditinggalkan. Ini karena fungsi utama pelembap adalah menghidrasi kulit yang kering.

Tapi jangan pilih sembarang pelembap. Gunakan pelembap yang dilengkapi dengan  sun protection factor (SPF), sehingga kulit tidak hanya tetap terjaga kelembapannya, tetapi juga terlindungi dari dampak buruk sinar UV.

3. Foundation dengan hasil akhir dewy

Setelah pelembap, langkah selanjutnya adalah foundation. Foundation memang bisa menutup ketidaksempurnaan pada kulit wajah seperti warna kulit tidak merata atau bekas jerawat. Sayangnya, kandungan foundation cukup berat untuk kulit, jadi hindari menggunakan kosmetik ini setiap hari.

Jenis foundation yang tepat untuk kulit kering adalah yang memiliki kandungan melembapkan dan memberikan hasil akhir yang dewy atau satin. Jangan memilih foundation matte karena dapat membuat kulit terlihat lebih kering.

4. Aplikasi foundation yang tepat

Memilih foundation yang sesuai dengan jenis kulit saja tidak cukup, Anda juga harus tahu cara aplikasi yang tepat. Hindari meratakan foundation dengan cara digosok ke seluruh permukaan wajah. Namun gunakan beauty blender atau sponge, lalu tap tap ringan sampai merata secara seluruhnya.

Sebisa mungkin jangan meratakan foundation dengan jari karena hasilnya dinilai kurang efektif dan kurang higienis, sehingga dapat memindahkan bakteri dari ujung jari ke kulit wajah.

Baca Juga: 7 Masker untuk Kulit Kering agar Wajah Bebas Kusam dan Tetap Lembap

5. Setting spray sebagai finishing

Pemilik kulit kering sebaiknya tidak terlalu tergantung pada bedak untuk finishing riasan. Ini karena bedak bisa terlihat cakey di kulit wajah dan membuat kulit terlihat belang tidak merata. Anda bisa menggunakan setting spray sebagai langkah akhir untuk mengunci semua lapisan riasan yang menempel pada wajah. 

6. Bedak yang ringan lebih baik

Memiliki kulit kering bukan berarti Anda harus menghindari penggunaan bedak sama sekali. Jika ingin menggunakan bedak, pilih bedak dengan formula ringan dan tidak full coverage. Aplikasikan bedak hanya pada area tertentu saja yang membutuhkan coverage lebih. Jangan mengaplikasikan bedak pada area-area yang kering karena akan membuatnya terlihat semakin kering.

Bedak juga bisa digunakan untuk touch up agar wajah terlihat segar kembali. Namun, penggunaannya tidak boleh berlebihan.

7. Blush on berbentuk krim

Untuk produk kosmetik seperti blush on atau bronzer, gunakan produk berbentuk krim. Sama halnya seperti bedak, blush on dan bronzer yang berbentuk tabur bisa membuat kulit terlihat makin kering. Aplikasi cream blush bisa menambah efek glowing yang alami untuk kulit.

8. Highlighter untuk menciptakan efek glowing

Tips kosmetik untuk kulit kering dan kusam selanjutnya adalah penggunaan highlighter untuk menambah kesan glowing. Salah satu risiko memiliki kulit kering adalah lebih mudah terlihat kusam dan tidak bercahaya.

Pilih highlighter berbentuk cair, lalu aplikasikan setetes saja di atas tulang pipi untuk membuatnya terlihat lebih mengkilat. Pilih shade untuk highlighter yang sesuai dengan undertone kulit Anda ya!.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering pada Bayi

9. Hati-hati dengan lipstik

Lipstik adalah sentuhan akhir yang akan membuat riasan Anda semakin manis. Tapi jangan asal memilih lipstik jika Anda punya kulit kering.

Hindari penggunaan lipstik matte meskipun sedang populer saat ini. Lipstik matte bisa membuat kulit terlihat semakin kering. Untuk membuat bibir terlihat lebih sehat dan tetap indah saat menggunakan lipstik, lakukan eksfoliasi pada bibir untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Kemudian pilih lipstik yang dapat menghidrasi kulit dengan baik dan memberikan hasil akhir glossy.

10. Wajah tetap segar dengan face mist

Bagaimana cara agar riasan terus menempel di wajah sepanjang hari dan tidak tercipta belang-belang pada kulit meski aktivitas sedang padat? Face mist adalah jawabannya!

Selalu bawa face mist di dalam tas kemanapun Anda pergi. Face mist membuat wajah terlihat tetap segar meskipun cuaca sedang panas atau Anda berada di ruangan ber-AC. Anda boleh menyemprotkan face mist berulang kali tanpa khawatir akan melunturkan make up karena justru riasan akan tetap terlihat bagus. 

Memahami kebutuhan kulit sangat penting, bukan hanya untuk mendapatkan riasan sempurna tetapi juga menjaga kesehatan kulit dan mencegah munculnya berbagai permasalahan pada kulit wajah. Demikian juga saat memilih kosmetik untuk kulit kering. Pastikan Anda memilih produk yang tepat dan tahu bagaimana cara menggunakan yang benar.

 

  1. Anonim. 2022. How to Apply Makeup When You Have Dry Skin. https://www.lorealparisusa.com/beauty-magazine/makeup/makeup-looks/how-to-apply-makeup-to-dry-skin. (Diakses pada 13 Maret 2022).
  2. Kilkeary, Alanna Martine. How to Apply Makeup Over Dry, Flaky Skin. https://www.makeup.com/makeup-tutorials/expert-tips/how-to-wear-makeup-with-dry-skin. (Diakses pada 13 Maret 2022).
  3. Risas, Genesis. 2021. 7 Expert Tips on How to Apply Makeup on Dry Skin and Avoid Flakes. https://www.instyle.com/beauty/makeup/how-to-apply-makeup-dry-skin. (Diakses pada 13 Maret 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi