Terbit: 19 May 2018 | Diperbarui: 3 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Di bulan Ramadan, berpuasa dan tidak makan dan minum dari pagi hingga petang memang tantangan tersendiri. Tapi Anda tidak akan merasa berat jika melakukannya dengan ikhlas dan benar. Agar tetap tampil segar dan cantik saat hari raya tiba walau tanpa make up, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini.

Selama Puasa, Lakukan Tips Ini Agar Tampil Cantik Tanpa Make up di Hari Raya

1. Jangan Melewatkan Sahur

Jangan melewatkan sahur sebab ini adalah bekal Anda agar tetap berenergi satu harian. Dengan sahur, Anda bisa memenuhi nutrisi harian yang tubuh butuhkan untuk tetap ada dalam keadaan sehat dan prima meski sedang berpuasa.

2. Nutrisi yang Seimbang Saat Sahur dan Berbuka

Pada saat sahur, pilih makanan yang mudah dicerna dan diserap, yakni makanan-makanan yang mengandung serat tinggi seperti roti gandum, kentang, biji-bijian, pasta dan beras. Konsumsi juga protein seperti susu, telur, daging, ikan, agar Anda merasa kenyang lebih lama.

Pasa saat buka, konsumsi beberapa buah kurma dan air putih atau jus buah tanpa gula, lanjut dengan sup. Kurma, jus buah dan sup mengandung karbohidrat yang dapat membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah. Makanan-makanan tersebut juga bagus untuk menghidrasi, mengembalikan cairan dan elektrolit dalam tubuh yang hilang siang harinya. Perbanyak juga protein dari daging dan sayuran, juga buah.

3. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Jaga tubuh tetap terhidrasi selama puasa agar Anda tampil segar dan cantik saat hari raya. Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum setidaknya 8 gelas sehari. Anda bisa mengatur dan membaginya pada saat sahur dan berbuka. Tubuh yang cukup cairan, akan terjaga dari berbagai gangguan kesehatan. Selain itu, kulit juga tetap dapat terjaga kelembapan alaminya. Tampil cantik saat raya tanpa make up pun bukan mustahil.

4. Olahraga Ringan

Dilansir dari, Tally Press, untuk tetap segar dan sehat selama menjalankan puasa, hingga dapat tampil cantik di hari raya, Anda juga harus berolahraga ringan. Lakukan sehabis berbuka atau sambil menunggu waktu berbuka. Tidak perlu pergi ke gym atau apa pun, cukupkan dengan olahraga ringan sederhana seperti jalan-jalan sore di sekitar lingkungan tempat tinggal.

Siapa yang tidak ingin tampil segar dan cantik saat hari raya tanpa make up? Karena itu, tips menjaga kesehatan dan kecantikan selama berpuasa, wajib Anda perhatikan. Selamat mencobanya!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi