Terbit: 8 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Lemon adalah salah satu varian buah jeruk yang cukup populer. Bahkan, banyak produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak lemon di dalamnya. Sebenarnya, apa saja manfaat lemon untuk wajah? Temukan jawabannya di sini.

Tak Hanya Bikin Kulit Cerah, Ini 9 Manfaat Lemon untuk Wajah

Manfaat Buah Lemon untuk Kulit Wajah

Lemon mengandung vitamin C yang tinggi. Tak hanya itu, buah ini juga mengandung berbagai nutrisi penting lain yang baik untuk kesehatan, seperti kalsium, magnesium, dan potasium.

Seluruh kandungan yang ada dalam buah lemon tersebut ternyata baik untuk kesehatan tubuh, terutama wajah.

Manfaat lemon untuk wajah cukup beragam, di antaranya:

1. Membersihkan Kulit Wajah

Manfaat lemon untuk wajah yang satu ini bisa Anda peroleh lewat penggunaannya sebagai toner. Toner lemon dapat membantu membersihkan kulit wajah Anda dari kotoran-kotoran yang menempel di wajah. 

Sediakan air perasan buah lemon secukupnya di dalam sebuah wadah bersih. Gunakanlah kapas untuk menyerap air lemon tersebut, lalu usapkanlah ke wajah sambil memberi tekanan sedikit agar kotoran-kotoran bisa terangkat.

2. Melawan Bakteri Penyebab Jerawat

Jerawat di wajah bisa sangat mengganggu kepercayaan diri Anda. Oleh sebab itu, kondisi ini perlu diatasi.

Salah satu bahan alami untuk mengobati jerawat adalah lemon. Manfaat lemon untuk wajah berjerawat diperoleh dari kandungan antibakteri di dalamnya. Berbagai kandungan tersebut bisa menyingkirkan bakteri-bakteri penyebab jerawat.

Baca JugaMengenal Kaolin Clay dan Manfaatnya untuk Kulit Wajah

3. Menjaga Kelembapan Kulit

Tidak hanya krim pelembap wajah, buah lemon ternyata bermanfaat untuk menjaga kelembapan wajah.

Gunakanlah air perasan buah lemon yang dicampur dengan beberapa tetes air kelapa. Campuran air lemon dan air kelapa bisa membantu menjaga kulit wajah tetap terhidrasi dan lembap.

4. Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Manfaat lemon untuk wajah bisa Anda peroleh berkat kemampuan buah ini dalam mengangkat sel-sel kulit mati. Asam sitrat sejenis asam alfa hidroksi (AHA) di dalamnya dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati penyebab munculnya komedo.

5. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Bagi pemilik kulit berminyak, Anda sebaiknya mulai mencoba cara alami mengecilkan pori-pori wajah menggunakan lemon.

Manfaat masker lemon bisa membantu mengencangkan pori-pori sehingga membuatnya tampak samar. Tak hanya itu, masker lemon juga dapat membantu menyerap minyak berlebih pada wajah.

6. Mencerahkan Kulit Wajah

Tidak sedikit wanita yang menginginkan kulit wajah putih berseri. Jangan tergesa-gesa untuk menggunakan produk yang mengklaim dapat membantu mencerahkan wajah dalam waktu singkat.

Selain harganya yang tidak ramah di kantong, produk pencerah wajah yang banyak beredar di tengah masyarakat juga belum tentu aman untuk kulit Anda.

Alternatif amannya, Anda bisa menjadikan lemon sebagai bahan pencerah wajah alami.

Manfaat lemon untuk wajah yang satu ini tentunya sangat diinginkan oleh banyak wanita. Khasiat ini hadir berkat kandungan vitamin C dan asam sitrat di dalam lemon.

7. Mencegah Tanda-tanda Penuaan

Kolagen merupakan protein alami pada kulit. Seiring bertambahnya usia, jumlahnya akan berkurang sehingga garis-garis halus dan kerutan akan muncul.

Buah lemon dapat membantu merangsang produksi kolagen pada wajah. Dengan begitu, kulit Anda akan tampak lebih kencang bebas dari kerutan.

Manfaat lemon untuk wajah yang satu ini berasal dari kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin ini bertindak sebagai antioksidan yang dapat merangsang produksi kolagen.

8. Mengatasi Wajah Berminyak

Punya masalah minyak berlebih pada wajah? Kondisi ini bisa membuat kulit tampak kusam sehingga tak jarang mengganggu penampilan.

Tak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan bahan alami ini untuk mengatasi kondisi kulit yang berminyak.

Untuk memperoleh khasiat yang satu ini, Anda bisa menggunakan masker lemon. Masker wajah ini mampu membantu menyerap keringat berlebih pada wajah.

Baca Juga10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah, Bikin Kulit Mulus dan Tampak Muda

9. Mengobati Komedo Hitam

Selain masalah pori-pori yang besar, pemilik kulit berminyak sering kali direpotkan dengan masalah komedo hitam atau blackhead.

Namun, tak perlu khawatir, masalah kulit ini bisa diatasi dengan menggunakan lemon. Buah asam ini mengandung asam alfa hidroksi (AHA) yang dipercaya baik untuk mengobati komedo hitam.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Setelah membersihkan wajah, aplikasikan lemon pada area yang diinginkan. Setelah itu, biarkanlah AHA bekerja.

Itu dia beberapa manfaat lemon untuk kulit wajah. Sebelum mengaplikasikan lemon pada wajah, pastikan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu.

Caranya, aplikasikan air lemon secukupnya pada area tertentu di wajah. Bila kulit menunjukkan iritasi, seperti kemerahan, bengkak, atau gatal, hindari penggunaannya.

Selain itu, kadar asam pada buah ini sangat tinggi sehingga berisiko menyebabkan kulit kering dan rusak akibat paparan sinar matahari.

Jadi, jika Anda memiliki kulit yang sensitif, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan bahan apa pun pada wajah, ya!

 

  1. Anonim. 2019. 10 Uses For Lemons For Your Hair, Skin, Nails, And More. https://www.womenshealthmag.com/beauty/a19934865/uses-for-lemons/. (Diakses pada 7 Oktober 2022).
  2. Chavan, Priya. 2022. Benefits Of Using Lemon On Your Face & Ways To Use It. https://skinkraft.com/blogs/articles/lemon-for-face. (Diakses pada 7 Oktober 2022).
  3. Cherney, Kristeen. 2022. Does Applying Lemon to Your Face Help or Hurt Your Skin? https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/honey-and-lemon-for-face. (Diakses pada 7 Oktober 2022).
  4. Nall, Rachel. 2019. Are There Benefits to Using Honey and Lemon on Your Face? https://www.healthline.com/health/lemon-for-face. (Diakses pada 7 Oktober 2022).
  5. Surbhi. 2021. How to Use Lemon on Face: Dermatologist Guide. https://www.dermatocare.com/blogs/lemon-for-face/. (Diakses pada 7 Oktober 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi