Terbit: 19 May 2017 | Diperbarui: 8 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Salah satu masalah kesehatan rambut yang sangat menjengkelkan adalah masalah rambut berminyak, gatal-gatal, dan berketombe. Biasanya, rambut yang mengalami masalah ini akan cenderung memiliki tampilan yang lepek dan kusam.

Aktivitas Ringan yang Membuat Rambut Lepek dan Berketombe

Bagi kaum hawa, rambut yang cenderung lepek, berminyak, apalagi berketombe tentu akan membuat mereka tidak percaya diri dan tidak cantik. Sebenarnya, apa sajakah penyebab dari masalah rambut ini?

  • Sering disentuh dengan tangan

Menurut pakar kecantikan, penyebab dari berbagai masalah rambut ternyata adalah kebiasaan-kebiasaan sepele kita sehari-hari. Salah satunya adalah kebiasaan kita untuk menyentuh rambut terlalu sering.

Memang, kadangkala kita merasa gerah sehingga menggeser posisi rambut agar tidak mengenai dahi atau merasa rambut kita kurang rapi hingga menatanya dengan tangan.

Sayangnya, tanpa kita sadari, tangan yang menyentuh rambut ini berada dalam kondisi yang kotor. Andai kita kerap melakukannya, maka kotoran dari tangan ini akan berpindah pada rambut dan hal ini bisa membuat rambut lebih kotor dan memicu masalah rambut berminyak, berketombe, dan gatal-gatal.

  • Terlalu sering berkeramas

Banyak orang yang berkeramas setiap hari karena berpikir jika hal ini akan membuat rambut mereka selalu dalam keadaan yang bersih. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, hal ini justru akan membuat rambut menjadi lebih mudah lepek.

Terlalu sering berkeramas akan membuat rambut kehilangan minyak alaminya dan hal ini akan merangsang kelenjar pada kulit kepala memproduksi minyak alami lebih banyak dan pada akhirnya menyebabkan masalah rambut lepek. Hal yang sama juga akan terjadi jika kita menggunakan conditioner terlalu sering.

  • Terlalu sering disisir

Demi mendapatkan penampilan yang maksimal, banyak dari kita yang sering menyisir rambut. Sayangnya, hal ini bisa merangsang produksi minyak secara berlebihan dan pada akhirnya membuat rambut lepek. Jika sisir yang digunakan ternyata kotor, maka rambut juga akan lebih mudah berketombe.

  • Salah memakai produk perawatan rambut

Asal memakai produk perawatan rambut bisa membuat rambut kita semakin tidak sehat, berminyak, dan berketombe.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi