Terbit: 19 March 2018 | Diperbarui: 8 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Tren eyelash extension atau penyambungan bulu mata memang sedang digandrungi oleh para wanita di Indonesia. Tidak hanya menjadikan tampilan mata lebih sempurna, eyelash extension juga dinilai lebih awet dan aman dibanding penggunaan bulu mata palsu. Namun, teknik ini juga memiliki dampak tersendiri, terutama dari segi kesehatan.

Pro Kontra Penggunaan Eyelash Extension dari Segi Kesehatan

1. Menyebabkan Iritasi pada Konjungtiva dan Kornea

Kendati menjadikan tampilan mata menjadi lebih sempurna, eyelash extension rupanya juga kerap menjadi pemicu iritasi pada area konjungtiva dan kornea. Dilansir dari laman Consumer Reports, iritasi tersebut rupanya disebabkan oleh reaksi akibat kontak langsung dengan material eyelash extension atau pun penggunaan lem yang mengandung bahan kimia.

2. Menyebabkan Kerontokan Bulu Mata

Eyelash extension memang menjadi pilihan praktis untuk melebatkan bulu mata Anda. Namun, siapa yang akan menyangka ternyata eyeash extension juga menjadi salah satu faktor penyebab kerontokan bulu mata. Hal ini pun rupanya juga telah diperingatkan oleh College of Optometrists di Inggris tentang pemakaian eyelash extension yang dilakukan berulang-ulang karena merusak folikel rambut. Risiko terparah dari pemakaian eyelash extension secara berulang bahkan dapat menghentikan pertumbuhan bulu mata.

3. Menyebabkan Kebutaan

Material eyelash extension yang beragam memang mampu menciptakan hasil yang beragam. Namun, banyak dari Anda yang belum mengetahui fakta lain dari penggunaan eyelash extension. Dilansir dari laman Choice, serabut halus dari eyelash extension dapat menggores kornea mata. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi kemampuan dalam melihat. Bahkan, risiko terparah dari kondisi tersebut adalah kehilangan penglihatan secara permanen alias mengalami kebutaan.

Bagi Anda yang ingin melakukan eyelash extension, tidak ada salahnya untuk memperhatikan sejumlah hal di atas. Pasalnya, penggunaan eyelash extension tidak hanya menjadikan tampilan mata lebih sempurna. Namun, juga memberikan efek samping, terutama dari segi kesehatan yang wajib untuk diprioritaskan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi