Terbit: 19 May 2018 | Diperbarui: 7 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Siapa bilang, Ramadan adalah penghalang untuk merawat kulit agar tetap sehat dan cantik? Perubahan jam makan dan minum dalam jangan waktu lumayan lama, ternyata menurut Healths Guardian bisa membawa efek buruk bagi kesehatan kulit, terutama jika Anda tidak merawatnya.

Perawatan Kulit yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Puasa

Hal utama dari perawatan kulit selama puasa ini adalah, bagaimana menanggulangi sel-sel kulit mati sebab dehidrasi dan hal-hal lain. Untuk lebih lengkapnya, mari simak ulasan berikut ini!

1. Tetap Jalankan Rangkaian Perawatan Dasar

Selama berpuasa, tubuh kita bisa kekurangan cairan jika lalai dalam merawatnya. Bila terjadi secara terus-menerus, hal ini bisa membuat kulit menjadi kering. Untuk tetap menjaga kulit wajah ada dalam keadaan terbaiknya selama puasa, pastikan Anda tetap melakukan rangkaian perawatan dasar yaitu, membersihkan, mengeksfoliasi, dan melembapkan kulit.

Hal yang juga penting adalah Anda harus tetap menjaga atau bahkan mengembalikan kadar mineral alami pada kulit yang hilang, pada saat bersamaan, Anda juga harus menyeimbangkan produksi minyak pada kulit. Sebelum membersihkan wajah dengan sabun pembersih, bersihkan wajah lebih dahulu dengan toner. Setelah membersihkan wajah dengan sabun pembersih, Anda bisa melanjutkannya dengan eksfoliasi.

2. Tetap Menjaga Kulit Terhidrasi

Saat berpuasa, tubuh rentan kekurangan cairan. Jika sudah demikian, sel-sel kulit juga bisa ikut mengalami dehidrasi. Karena itu salah satu point penting saat puasa adalah tetap menjaga kulit agar tetap terpenuhi kebutuhan airnya. Secara alami, hal yang bisa Anda lakukan untuk terhindar dari dehidrasi adalah perbanyak minum air putih pada saat buka dan sahur.

Selain itu, ganti takjil Anda yang bersantan dan bergula dengan buah-buahan segar. Rajin mengonsumsi buah pada saat puasa, penting untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral pada kulit agar tetap terjaga kesehatan dan kecantikannya.

3. Perbanyak Makanan yang Bagus untuk Kulit Selama Puasa

Ada banyak makanan yang bagus untuk dikonsumsi ketika puasa, selain bagus untuk tubuh secara keseluruhan, makanan ini juga bagus untuk kulit. Di antaranya susu, ikan salmon, kacang polong yang mengandung banyak protein, yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Perbanyak juga konsumsi buah-buahan seperti strawberry yang kaya anti-oksidan, zat yang berdampak positif pada kulit. Selain protein dan anti-oksidan, Anda juga harus mencukupi kebutuhan mineral bagi kesehatan kulit yang maksimal.

Perawatan kulit selama puasa, berfokus pada perawatan kulit dari dalam. Karena, berhubungan dengan kerja tubuh secara keseluruhan. Dicoba ya, agar kulit senantiasa tetap sehat dan cantik di hari raya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi