Terbit: 26 May 2018 | Diperbarui: 7 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Masalah kerontokan pada rambut memang menyebalkan. Salah-salah mengatasi, Anda bisa mengalami kebotakan yang serius. Tips dan trik untuk mencegah atau bahkan membantu menstimulasi pertumbuhan rambut, pasti sudah Anda coba. Namun, sudahkah mencoba tips berikut ini? Kami melansirnya dari Style Craze untuk Anda.

Menstimulasi Pertumbuhan Rambut dengan Sekejap Mata

1. Perbanyak Konsumsi Seng dan Zat Besi

Stylecraze melansir bahwa masalah pada rambut disebabkan oleh kekurangan zinc dan zat besi. Untuk menstimulasi rambut, menjaganya dari kerontokan, perbanyak konsumsi sayuran hijau, daging tanpa lemak dan bahan-bahan makanan yang mengandung antioksidan. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung mineral berlimpah.

2. Menyisir Rambut

Menyisir rambut bukan sekadar rangkaian, melainkan bisa menjadi sarana lain, yaitu melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala dan meremajakan folikel rambut. Sisir rambut secara perlahan dari mulai akar rambut hingga ujung. Menyisir rambut, hingga terasa sampai kulit kepala bisa sekaligus dikategorikan memijat kulit kepala. Mengapa tidak mencobanya, jika hal sesederhana ini bisa membantu menstimulasi pertumbuhan rambut.

3. Minimalkan Rambut Terkena Paparan Panas

Anda yang biasa menggunakan hair dryer atau catokan, sebaiknya segera kurangi. Ini bisa mempermarah masalah pada rambut. Jika ingin menggunakannya, lapisi rambut dengan pelembap rambut. Namun, tetap saja, yang cara terbaik menstimulasi pertumbuhan rambut adalah menjauhkannya dari panas.

4. Menjaga Kulit Kepala dan Rambut Tetap Bersih

Ini bukan rahasia. Guna mendapatkan rambut yang sehat, pastikan Anda merawat kesehatannya. Gunakan shampoo dengan kandungan yang ringan. Pastikan rambut tetap terhidrasi sehingga tidak rapuh, patah atau rontok.

Sadar dengan berbagai masalah kerontokan rambut, upaya menstimulasi pertumbuhan rambut bisa dimulai dari hal yang paling dekat, seperti memilih makanan yang tepat dan menjaga kebersihan rambut. Caranya sangat sederhana, hanya, tidak akan berhasil jika tidak dicoba dan dilaksanakan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi