Terbit: 12 March 2018 | Diperbarui: 8 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setiap orang pada akhirnya tentu akan memilki keriput pada kulit seiring bertambahnya usia. Namun karean kebiasaan hidup yang tidak sehat atau perawatan yang tidak dapat, keriput dapat muncul lebih dini pada kulit. Anda tentu ingin menghindari hal ini, bukan?

Mengurangi Keriput Wajah dengan 5 Kebiasaan Mudah Ini

Kali ini kami akan mengajak Anda membahas cara mengurangi keriput dengan 5 langkah sederhana seperti yang dilansir dari webmd.com.

1. Memulai Kebiasaan Dasar Merawat Kulit

Untuk menjaga kulit dari keriput muncul terlalu dini hindari sinar matahari langsung. Biasakan untuk selalu menggunakan pakaian yang dapat melindungi tubuh dari sengatan sinar matahari. Jangan lupa juga untuk selalu memakai tabir surya jika Anda melakukan aktifitas di luar ruangan. Biasakan juga untuk selalu memakai pelembab wajah agar kulit tetap terjaga kelembabannya. Selain itu, hindari merokok karena tidak hanya buruk untuk kesehatan, merokok juga dapat mempengaruhi tampilan kulit Anda.

2. Makan Salmon

Perbanyaklah mengonsumsi salmon. Salmon kaya akan protein dan asam lemak omega-3. Keduanya merupakan nutrisi penting untuk membuat kulit tetap sehat, kenyal serta mengurangi munculnya gari-garis halus.

3. Jangan Mencuci Wajah Terlalu Berlebihan

Mencuci wajah memang penting untuk menjaga agar kulit tetap bersih. Namun jangan sampai terlalu sering melakukannya karena hal tersebut justru dapat membuat kulit Anda kehilangan kelembaban dan minyak alaminya. Padahal, minyak alami pada kulit ini justru melindungi kulit dari garis-garis halus dan keriput. Saat mencuci wajah, gunakan pembersih wajah yang mengandung pelembab atau gunakan pembersih wajah berbasis gel atau krim.

4. Vitamin C untuk wajah

Vitamin C dapat membantu kulit menghasilkan lebih banyak kolagen. Selain itu, vitamin C juga akan mengurangi kemerahan, bintik-bintik hitam dan warna kulit yang tidak merata. Namun ingat, jangan membiarkan diri Anda terpapar sinar matahari saat menggunakan prodyk yang mengandung vitamin C. Hal ini karena vitamin C dapat membuat kulit lebih sensitif. Jadi, sebaiknya gunakan produk tersebut pada malam hari sebelum tidur.

5. Minum Cokelat

Cokelat mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, kulit juga meningkatkan aliran darah ke sel-sel kulit, menjaga kelembaban pada kulit dan membuat kulit lebih halus.

Nah, itu tadi beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk melindungi kulit dari garis-garis halus. Jadi, mulai kapan Anda akan mencobanya?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi