Terbit: 21 September 2022 | Diperbarui: 3 November 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Kaolin clay adalah jenis tanah liat bertekstur lembut yang memiliki beragam kebaikan untuk kulit, seperti mengatasi jerawat, menyerap minyak dan sebum berlebih di wajah, serta mencegah penuaan kulit. Kenali apa itu kaolin clay dan manfaatnya dalam ulasan berikut!

Mengenal Kaolin Clay dan Manfaatnya untuk Kulit Wajah

Apa itu Kaolin Clay?

Kaolin clay adalah jenis tanah liat dengan pH netral. Tanah liat ini umum juga dikenal sebagai white clay atau china clay.

Biasanya, kaolin clay berwarna putih. Namun, Anda juga terkadang bisa menemukan tanah liat ini berwarna agak merah muda atau hijau. Hal ini tergantung berbagai mineral atau kandungan di dalamnya.

Jika warnanya merah muda, kandungan di dalamnya berupa kaolinite, iron, illite, montmorillonite, dan calcite. Sementara itu, warna hijau pada tanah liat berasal dari kandungan iron oxides dan materi tanaman.

Dari segi tekstur sendiri, kaolin clay memiliki tekstur yang halus dan sangat lembut. Namun, sebelum menggunakannya sebagai masker, Anda perlu menambahkan air agar teksturnya menjadi kental.

Manfaat Kaolin Clay untuk Kulit Wajah

Kaolin clay atau tanah liat kaolin sering dijumpai di dalam produk skincare berkat kemampuannya untuk menyerap produksi minyak berlebih dan membuat wajah tampak lebih halus.

Tak hanya itu, tanah liat ini memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan jenis tanah liat yang lain. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakannya sebagai eksfoliator alias pengangkat sel-sel kulit mati.

Secara umum, manfaat kaolin clay untuk kulit wajah, di antaranya:

1. Menyerap Minyak Berlebih

Manfaat utama dari kaolin clay adalah membantu menyerap minyak berlebih, sebum, dan kotoran di wajah. Oleh karena itu, produk perawatan kulit yang mengandung tanah liat ini ramah bagi pemilik acne-prone skin (jerawat dan pori-pori besar).

Kemampuannya dalam menyerap minyak, sebum, dan kotoran tersebut akan membantu mencegah pori-pori tersumbat. Perlu Anda ketahui, tersumbatnya pori-pori menjadi pencetus terjadinya jerawat.

Baca JugaPerbedaan Wax, Pomade, Clay, dan Gel Rambut

2. Membersihkan Pori-pori Wajah

Kaolin clay merupakan pembersih wajah yang ringan di kulit. Pasalnya, tidak seperti sabun wajah kebanyakan, tanah liat ini tidak berbusa.

Meskipun begitu, kaolin clay sangat efektif untuk membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati penyebab kulit tampak kusam. Tanah liat ini juga dapat menyerap minyak, sebum, dan kotoran dengan baik.

Selain membersihkan, tanah liat kaolin dapat membuat kulit Anda lebih cerah dan terasa lembut.

3. Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Bagi pencinta skincare, Anda mungkin sudah tidak asing dengan penggunaan clay mask dalam rangkaian produk perawatan kulit wajah Anda. Ya, clay mask atau masker tanah liat digunakan untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

Mengutip Healthline, masker tanah liat yang Anda gunakan kemungkinan mengandung kaolin clay. Oleh sebab itu, tanah liat ini mampu membantu kulit Anda terbebas dari tumpukan sel-sel kulit mati.

Tak hanya mendetoksifikasi kulit, pori-pori Anda pun akan tampak lebih kecil berkat manfaat kaolin clay sebagai pembersih yang satu ini.

4. Merawat Wajah Berjerawat

Manfaat kaolin Clay untuk wajah berjerawat diperoleh dari sifat antiinflamasi dan antibakteri di dalamnya. Tak hanya itu, menurut dokter kulit di New York, Blair Murphy-Rose, tanah liat ini juga memberikan efek penyembuhan ringan.

Jadi, selain membantu merawat kulit berjerawat, tanah liat kaolin juga dapat membantu mengobati ruam dan iritasi pada kulit. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan guna membuktikan khasiat yang satu ini.

5. Mencegah Tanda Penuaan pada Kulit

Salah satu manfaat kaolin clay yang sayang untuk dilewatkan adalah kemampuannya dalam mencegah penuaan.

Menurut studi yang dilakukan pada 2012 lalu, tanah liat dapat membantu meningkatkan serat kolagen pada wajah. Oleh sebab itu, kaolin clay dianggap mampu mencegah tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan.

Namun demikian, uji efektivitas tersebut baru dilakukan pada tikus, jadi penelitian lebih lanjut terhadap manusia masih perlu dilakukan.

Baca JugaAgar Maksimal, Begini Cara Menggunakan Masker Wajah yang Benar

6. Mencerahkan Wajah

Penumpukan sel-sel kulit mati dapat menyebabkan kulit wajah tampak kusam. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan mengangkat sel-sel kulit mati tersebut.

Kaolin clay memiliki kemampuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, mineral ini juga dapat membantu melancarkan distribusi nutrisi dan oksigen ke sel-sel kulit wajah.

Maka dari itu, menggunakannya sebagai masker wajah akan membantu kulit Anda tampak lebih cerah.

Kini Anda sudah mengetahui apa itu kaolin clay dan sejumlah manfaatnya untuk kulit wajah. Pastikan produk yang Anda gunakan terpercaya dan sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan RI).

Jika masih ragu untuk menggunakannya sebagai masker wajah, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. 2022. Clogged Pores. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/22773-clogged-pores. (Diakses pada 21 September 2022).
  2. Anonim. 10 Benefits of Kaolin Clay for Your Beauty Routine: How to Use It. https://www.pacificaurabotanicals.com/blogs/news/10-benefits-of-kaolin-clay. (Diakses pada 21 September 2022).
  3. Anonim. Kaolin. https://www.britannica.com/science/kaolin.  (Diakses pada 21 September 2022).
  4. Quinn, Daley. 2021. Kaolin Clay Mask Benefits for Clearer, Brighter Skin. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/kaolin-clay-mask-benefits. (Diakses pada 21 September 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi