Terbit: 19 May 2018 | Diperbarui: 7 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Bibir kering saat puasa rata-rata disebabkan karena tubuh ada dalam keadaan kekurangan cairan. Meski begitu, bukan berarti Anda harus membatalkan puasa, lalu minum. Ini dia tips mengatasi bibir kering saat puasa yang dilansir dari Natural Beauty of Woman. Mari simak ulasannya!

Tips Mengatasi Bibir yang Kering Saat Menjalankan Puasa

1. Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi atau meluruhkan atau pengelupasan sel-sel kulit mati di bagian bibir Anda setidaknya wajib dilakukan satu minggu sekali. Caranya sangat sederhana, setelah berbuka, basahi bibir Anda menggunakan air hangat, diamkan kemudian gosok perlahan menggunakan sikat gigi berbulu lembut. Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa menggunakan produk eksfoliator untuk bibir.

2. Gunakan Lip Balm

Tips mengatasi bibir kering saat puasa yang satu ini sudah sangat lumrah. Gunakan lip balm, boleh sesering mungkin setiap bibir terasa mulai kering. Pilih lip balm dengan kandungan minyak alami serta mengandung SPF untuk melindunginya dari paparan sinar matahari. Sebab, hal tersebut merupakan salah satu pemicu bibir menjadi kering.

3. Hindari Konsumsi Makanan Pedas dan Asin

Ini kabar buruk bagi pecinta makanan pedas dan asin. Pasalnya makanan pedas dan asin bisa membuat bibir dan mulut cepat kering, selain itu, dua jenis makanan ini bisa membuat Anda cepat merasa haus. Jadi, mulai sekarang, hindari konsumsi makanan pedas dan asin secara berlebih. Setidaknya kurangi porsinya agar bibir senantiasa cantik selama berpuasa.

4. Jangan Menjilat Bibir

Kebiasaan ini sepertinya spontan dilakukan ketika bibir mulai terasa kering. Padahal, air ludah hanya membuat bibir basah sebentar, setelahnya bibir akan kering dan pecah-pecah yang lebih mengerikan. Maka, hindari kebiasaan menjilat bibir selama berpuasa!

5. Oleskan Madu

Madu merupakan cara alami yang bisa Anda andalkan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Selama puasa, Anda bisa mengoleskan madu ke bagian bibir persis menjelang tidur. Pada saat sahur, Anda bisa membersihkannya. Selain dioles langsung pada bibir, madu juga bisa dikonsumsi untuk menambah stamina saat berpuasa.

Tips mengatasi bibir kering saat puasa dengan cara-cara sederhana ini, tentu bukan lagi alasan Anda tidak melakukannya. Puasa tetap jalan, dan bibir juga tetap terawat kesehatan serta kecantikannya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi