Terbit: 10 April 2018 | Diperbarui: 8 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Memiliki kulit kepala kering ternyata menjadikan Anda lebih rentan terserang sejumlah masalah kulit, termasuk ketombe. Maka dari itu, jangan sampai membiarkan kondisi tersebut berlarut-larut. Anda dapat menggunakan sejumlah produk khusus kulit kepala kering untuk membantu mengunci kelembapan. Namun, jangan lupa pula untuk mengimbanginya dengan sejumlah masker rambut alami yang dapat dibuat dengan mudah di rumah seperti:

Masker Rambut untuk Kulit Kepala yang Kering

1. Masker Lidah Buaya

Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk melembapkan kulit kepala adalah gel lidah buaya. Dilansir dari laman Vkool, gel lidah buaya mengandung amino acid, vitamin dan mineral yang dapat menutrisi kulit kepala. Tidak hanya itu saja, sensasi dingin yang diberikan juga menyegarkan kulit kepala.

2. Masker Minyak Wijen

Siapa bilang minyak wijen hanya digunakan untuk memasak saja? Dilansir dari laman Vkool, minyak wijen mengandung moisturizer tinggi serta nutrisi yang baik untuk kulit kepala. Selain itu, mengoleskan minyak wijen pada kulit kepala juga dapat mempercepat proses penyembuhan kulit kepala yang sedang terluka. Minyak wijen juga melindungi permukaan rambut sehingga rambut menjadi lebih sehat dan kuat.

3. Masker Lemon

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada lemon dapat mengurangi kulit kepala yang kering. Tidak hanya itu saja, penggunaan ekstrak lemon sebagai masker rambut juga mencegah munculnya ketombe. Lemon yang dikenal sebagai ekfoliator alami juga ampuh meluruhkan sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit kepala.

Bahan-bahan alami di atas tentu saja mudah untuk didapatkan. Selain itu, Anda juga dapat mengombinasikannya dengan bahan-bahan lain seperti yoghurt untuk mendapatkan manfaat yang lebih beragam. Kendati demikian, tetap gunakan produk perawatan rambut yang sesuai dengan kulit kering, ya!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi