Terbit: 1 February 2018 | Diperbarui: 8 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Jerawat adalah salah satu masalah kesehatan kulit yang bisa menyerang siapa saja. Satu hal yang pasti, datangnya jerawat akan membuat kita tidak nyaman karena penampilan wajah kita menjadi tidak lagi mulus. Karena ingin cepat menghilangkan jerawat, kebanyakan orang memilih jalan pintas dengan cara memencetnya. Memang, jerawat bisa dengan cepat mengempis setelahnya. Namun, kebiasaan ini bisa memicu efek samping yang justru lebih buruk lho.

Masih Terbiasa Memencet Jerawat? Siap-Siap Saja Mengalami Dampak Ini

Jerawat disebabkan oleh terperangkapnya minyak alami kulit, kotoran, dan bakteri sehingga memicu peradangan pada kulit. Untuk mengatasinya, kita bisa memakai bahan alami atau obat-obatan kimia yang dioleskan pada jerawat tersebut. Jika kita memencetnya, jerawat justru akan menjadi semakin parah, apalagi jika tangan kita sebenarnya berada dalam kondisi yang kotor. Hal ini akan memicu iritasi kulit dan akhirnya menimbulkan bekas luka jerawat yang susah dihilangkan.

Setelah jerawat dipencet, bakteri justru akan masuk ke dalam lapisan kulit dan menyebabkan iritasi. Jika tidak diobati, maka infeksi akan muncul dan akhirnya membuat jerawat lebih sulit untuk sembuh. Karena alasan inilah ada baiknya kita memakai produk pembersih wajah yang disesuaikan dengan jenis kulit untuk mengatasi masalah jerawat ini.

Jika Anda tidak ingin mengalami masalah jerawat, pakar kesehatan menyarankan untuk rajin-rajin membersihkan wajah, tidak sembarangan menyentuh wajah dengan tangan, dan menghindari makanan yang bisa menyebabkan datangnya jerawat. Memang, jerawat juga bisa disebabkan oleh faktor hormon atau keturunan, namun, dengan menjaga kesehatan kulit lebih baik, maka hal ini bisa kita hindari. Selain itu, pastikan untuk mengelola stress dengan baik, istirahat dengan cukup, dan menerapkan pola makan sehat agar wajah tetap mulus dan bebas dari jerawat.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi