Terbit: 9 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Selama ini kebanyakan orang mengenal kafein untuk minuman yang membantu Anda mendapatkan energi kembali di pagi hari, atau untuk mengusir kantuk yang tiba-tiba menyerang. Tapi, siapa sangka jika ternyata Kafein juga memiliki fungsi untuk kecantikan sehingga sering ditemukan pada produk perawatan kulit atau skincare.

5 Manfaat Kafein untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Seperti yang dilansir dari How Stuff Works, berikut ini beberapa manfaat kafein pada produk perawatan kulit.

1. Mengurangi Pembengkakan

Kafein diketahui mempu mengencangkan pembuluh darah. Karena fungsinya inilah, terdapat kemungkinan bahwa mengoleskan produk yang mengandung kafein dapat mengurangi pembengkakan sementara dan menghasilkan penampilan kulit yang lebih kencang.

2. Membuat Kulit Halus

Kafein juga memiliki fungsi sebagai diuretik dan membuat sel-sel lemak terdehidrasi. Hal ini kemudian membuat kulit terlihat lebih halus dan kencang. Itulah sebabnya kafein juga dipercaya mampu mengatas selulit. Meski begitu, efek ini bersifat sementara dan bukanlah solusi jangka-panjang.

3. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Kafein diketahui memiliki sifat antioksidan yang ampuh memperbaiki sel-sel kulit yang rusak karena sinar matahari. Dengan terlindungnya kulit oleh paparan sinar UV, risiko kanker kulit juga akan berkurang.

4. Mengurangi Lingkaran Hitam Pada Mata

Biasanya, pembuluh darah seseorang dengan kulit tipis akan terlihas seperti tanda berwarna biru keunguan. Tanda ini biasanya akan semakin terlihat jelas saat Anda kurang tidur atau sedang stres berat. Krim mata yang mengandung kafein membantu mengecilkan pembuluh darah pada area di bawah mata sehingga menyamarkan lingkaran hitam pada dan bengkak pada mata tersebut.

5. Meredakan Kemerahan

Kafein kaya akan antioksidan penting yang dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel-sel. Dengan demikian bahan ini mampu membantu Anda meredakan inflamasi dan kemerahan pada kulit.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat kafein pada produk perawatan kulit. Apakah Anda memiliki produk perawatan kulit yang mengandung kafein?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi