Terbit: 12 April 2022 | Diperbarui: 4 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Face mist adalah produk perawatan yang dapat menghidrasi kulit dan membuatnya lembap seketika. Apa saja manfaat lain dari produk skincare ini dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

11 Manfaat Face Mist untuk Kulit Wajah

Apa itu Face Mist?

Face mist adalah salah satu produk perawatan kulit yang berbentuk cair dan disemprotkan ke area wajah. Produk ini dijual dengan berbagai varian dengan komposisi dan manfaat yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan kulit. 

Face mist sendiri terkadang memiliki komposisi dan fungsi yang sama dengan skincare, misalnya mengurangi minyak berlebih pada wajah, menenangkan kulit, dan mengandung properti anti-penuaan.

Manfaat Face Mist bagi Kulit Wajah

Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan produk perawatan berbentuk spray ini, di antaranya:

1. Menyegarkan kulit

Ini adalah manfaat utama dari face mist. Menyemprotkannya pada wajah dapat membuat kulit terasa lebih segar. Jika Anda merasa kulit terasa kering dan kusam ketika beraktivitas, Anda bisa langsung menyemprotkannya. 

2. Menghidrasi kulit secara instan

Produk face mist pada umumnya memang bisa menghidrasi kulit. Namun pilihkan produk yang memang memiliki fungsi hidrasi, terutama buat Anda yang punya kulit kering. 

3. Mengunci kelembapan kulit

Salah satu cara untuk mengunci kelembapan kulit adalah dengan menggunakan face mist di antara pemakaian produk-produk skincare atau make up. Misalnya, Anda bisa menyemprotkannya di antara moisturizer dan sunscreen atau di antara primer dan foundation. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih dewy, glowing, dan sehat.

4. Menenangkan kulit sensitif

Buat Anda yang punya kulit cenderung sensitif, produk perawatan kulit ini bisa membantu mengurangi kemerahan, menenangkan iritasi, dan memberikan banyak kelembapan untuk kulit. Tetapi pastikan Anda memilih produk yang tepat, dengan kandungan yang aman untuk kulit sensitif.

Hindari produk yang mengandung alkohol dan parfum. Pilih face mist dengan bahan-bahan lembut seperti aloe vera yang dikenal memiliki properti antiinflamasi alami.

Baca Juga: 10 Cara yang Bisa Anda Lakukan untuk Meremajakan Kulit Wajah

5. Menyerap kelebihan minyak di wajah

Selama ini, mungkin bedak tabur dan face oil paper lebih banyak digunakan untuk menyerap kelebihan minyak di wajah. Padahal, face mist juga bisa, lho! Selain menambah kelembapan, produk ini mengndungan mineral alami seperti silica yang dapat menyerap minyak dan memberikan kelembapan pada kulit wajah.

Selain itu, kandungan niacinamide yang ada di dalamnya bekerja sebagai humektan, sehingga membantu mengontrol produksi minyak tanpa menghilangkan kelembapannya.

6. Mengontrol breakout pada wajah

Pemilik kulit wajah rentan berjerawat bisa mengambil manfaat produk perawatan kulit yang satu ini. Face mist jenis clarifying mist dengan kandungan eksfoliator ringan cocok untuk Anda yang punya kulit mudah berjerawat.

Kandungan lain yang dapat merawat kulit rentan jerawat adalah BHA dan willow bark water yang efektif untuk membersihkan pori-pori kulit secara mendalam dan mencegah terjadinya breakout. Jika kulit Anda cocok, produk ini bisa digunakan sebagai pengganti obat jerawat untuk kulit.

7. Meningkatkan penyerapan produk skincare

Produk pelembap wajah ini dapat membantu meningkatkan penyerapan kandungan pada produk-produk skincare yang Anda gunakan. Sebelum mengaplikasikan skincare, lembapkan kulit terlebih dahulu dengan face mist.

Kondisi kulit yang masih lembap dan agak basah akan membuat produk skincare terserap lebih dalam dan lebih cepat ke dalam permukaan kulit, sehingga manfaatnya lebih bisa Anda rasakan.

8. Menyiapkan kulit sebelum make up

Saat Anda ingin menggunakan make up tetapi tidak punya atau kehabisan primer, gunakan face mist saja. Salah satu manfaat face mist adalah membuat kulit jadi lebih lembut dan lembap, sehingga make up lebih bisa nge-blend dengan sempurna. Bahkan ada beberapa produk yang fungsi utamanya memang sebagai primer untuk wajah.

9. Menyatukan foundation dengan lebih sempurna

Agar mendapatkan make up yang sempurna, Anda harus memastikan foundation bisa nge-blend dengan kulit wajah. Face mist dapat memberikan kelembapan kepada kulit sehingga foundation dapat diratakan dengan lebih mudah, memberikan hasil akhir yang mulus dan tidak cakey.

10. Sebagai setting make up

Setelah selesai melakukan make up, jangan lupa untuk mengaplikasikan setting spray agar riasan bisa bertahan lama. Produk face mist tertentu punya fungsi ini, selain untuk melembapkan dan menyegarkan kulit.

Produk perawatan ini juga tidak akan menyumbat pori-pori kulit atau menyebabkan iritasi pada kulit, sehingga riasan akan tetap terlihat sempurna sepanjang hari.

11. Membuat make up terlihat lebih natural

Siapa sih yang tidak ingin tampilan make up natural? Ternyata menggunakan bedak tabur atau bedak padat sebagai finishing saja tidak cukup. Semprotkan face mist untuk mengunci semua make up di wajah agar riasan akan terlihat lebih alami, tidak cakey, dan tentu saja tidak mudah luntur.

Baca Juga: 8 Cara Menetralkan Wajah Sebelum Coba Skincare Baru

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Face Mist?

Salah pertanyaan yang sering ditanyakan adalah face mist dipakai kapan. Tentu saja Anda bisa menggunakannya kapan saja. Namun jika Anda menggunakan di saat-saat berikut ini, manfaatnya akan lebih terasa.

  • Bangun tidur. Kesegaran produk ini akan membuat Anda terbangun dengan kulit yang lembut dan glowing.
  • Setelah penggunaan toner. Face mist akan menambah kelembapan kulit, sehingga nutrisi skincare bisa diserap dengan lebih sempurna.
  • Setelah olahraga. Produk ini bisa dijadikan pengganti sabun wajah untuk membuat Anda segar kembali setelah berolahraga di gym.
  • Sebelum tidur. Face mist memastikan kulit tetap lembap selama Anda tidur. Gunakan face mist 20 menit sebelum tidur agar meresap di kulit dan tidak menempel di bantal Anda.

Produk perawatan kulit ini memang punya banyak manfaat selain menyegarkan dan menghidrasi kulit. Pastikan Anda membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit, dan gunakan setiap saat ketika beraktivitas, baik di dalam maupun luar ruangan.

 

  1. Anonim. 2022. WHEN TO USE FACE MIST FOR GLOWING, HYDRATED SKIN. https://www.stives.com/when-to-use-face-mist-for-glowing-hydrated-skin. (Diakses pada 09 April 2022).
  2. Anonim. 2022. Face Mist and Sprays. https://www.kiehls.com/skincare-advice/face-mists-and-sprays.html. (Diakses pada 09 April 2022).
  3. Villet, Michelle. 2019. What Is Face Mist: How It Can Help Your Skin and Makeup, Plus the 13 Different Ways You Can Use One. https://theskincareedit.com/what-is-face-mist. (Diakses pada 09 April 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi