Terbit: 19 October 2022 | Diperbarui: 3 November 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Membersihkan wajah dari sisa make up dan kotoran adalah aktivitas yang wajib dilakukan agar wajah tetap sehat dan terlihat cerah. Salah satu produk perawatan kulit yang bisa digunakan adalah cleansing oil. Lantas, apa manfaat melakukan perawatan tersebut dan bagaimana penggunaannya? Simak penjelasannya melalui ulasan berikut ini.

Manfaat Cleansing Oil dan Cara Menggunakannya dengan Benar

Manfaat Cleansing Oil untuk Kulit

Oil cleanser adalah produk pembersih wajah yang bahan dasarnya berasal dari minyak. Produk ini diformulasikan khusus untuk membersihkan kulit, tanpa mengganggu keseimbangan minyak alami pada kulit wajah.

Biasanya, produk perawatan kulit ini terbuat dari minyak alami yang tentunya dapat memberikan sejumlah kebaikan untuk kulit, seperti minyak zaitun, minyak rosehip, minyak eucalyptus, dan minyak jojoba.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat cleansing oil untuk kulit:

1. Membersihkan Minyak, Kotoran, dan Sisa Make Up

Anda perlu membersihkan wajah setelah seharian beraktivitas. Pasalnya, minyak dan kotoran yang menempel pada kulit wajah berpotensi menyebabkan masalah pada kulit, seperti munculnya jerawat dan komedo.

Salah satu manfaat utama dari pembersih berbahan dasar minyak adalah membersihkan wajah. Tak hanya mengangkat minyak berlebih, kotoran dan sisa make up juga bisa dibersihkan dengan cleansing oil. Tentu saja, penggunaannya tidak akan merusak keseimbangan minyak alami kulit.

2. Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Sel-sel kulit mati yang tertinggal di permukaan kulit akan membuat kulit tampak kusam dan kering. Tak jarang, kondisi ini juga bisa menimbulkan jerawat.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya membersihkan kulit secara rutin menggunakan cleansing oil untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Selain itu, pembersih berbahan dasar minyak juga dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat sehingga mencegah komedo terbentuk.

Baca JugaToner Vs Micellar Water, Mana yang Lebih Baik untuk Kulit Wajah?

3. Mengatasi Masalah Jerawat

Jika pembersih wajah pada umumnya berisiko mengiritasi kulit atau membuat kulit Anda kering, cleansing oil tidak demikian.

Pembersih berbahan dasar minyak ini dapat menjaga keseimbangan kulit sekaligus menjaga kelembapan kulit. Oil cleanser juga tidak akan membunuh bakteri baik yang secara alami ada pada kulit Anda.

Perlu Anda ketahui, bakteri tersebut ikut berkontribusi terhadap pencegahan jerawat di kulit. Menurut penelitian, bakteri alami yang hidup di kulit berpotensi membantu melindungi kulit dari infeksi dan jerawat.

4. Menjaga Kelembapan Kulit

Manfaat cleansing oil sebagai pengganti pembersih wajah lain juga menyangkut hidrasi kulit. Perlu Anda ketahui, pembersih berbahan dasar minyak dapat melindungi lapisan lipid alami kulit sehingga menjaga bakteri yang hidup di sana tetap ada. Dengan begitu, tingkat kelembapan kulit tetap terjaga.

Jadi, oil cleanser tidak akan membuat kulit kering, sekalipun kemampuannya efektif dalam mengangkat minyak berlebih di kulit.

5. Mencegah Tanda-tanda Penuaan

Manfaat cleansing oil untuk mencegah tanda-tanda penuaan memang tidak main-main. Pembersih berbahan dasar minyak ini mengandung senyawa antioksidan yang akan membantu melawan stres oksidatif dan mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit.

Selain itu, jenis minyak tertentu juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen yang akan merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Alhasil, kulit Anda pun akan tampak lebih kencang.

Tak cukup sampai di situ, pada saat menggunakan cleansing oil, Anda akan memberikan pijatan lembut pada kulit wajah. Tindakan ini dapat meningkatkan sirkulasi darah di bawah kulit.

Sirkulasi darah yang lancar akan membuat oksigen dan nutrisi lain yang bermanfaat bagi kulit terdistribusikan dengan baik ke sel-sel kulit. Pada akhirnya, kulit Anda akan tampak awet muda dan sehat.

Cara Menggunakan Cleansing Oil

Tertarik menggunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak? Jangan buru-buru. Pastikan Anda sudah memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit terlebih dahulu.

Pasalnya, ada berbagai macam minyak alami yang menjadi bahan dasar pembuatan oil cleanser. Tentu saja, minyak alami tersebut memiliki khasiat tersendiri bagi kulit.

Misalnya saja minyak zaitun yang lebih direkomendasikan bagi pemilik kulit kering. Minyak ini kaya akan antioksidan dan vitamin. Jadi, selain kemampuannya untuk membersihkan kulit, minyak zaitun juga akan meningkatkan kelembapan kulit.

Baca Juga11 Manfaat Face Mist untuk Kulit Wajah

Setelah menemukan produk yang sesuai, Anda bisa menggunakan cleansing oil dengan beberapa langkah berikut:

  • Pastikan kulit tangan dalam keadaan bersih.
  • Tuang sekitar 5-10 ml (1-2 sendok teh) cleansing oil ke telapak tangan.
  • Aplikasikan pada seluruh permukaan kulit wajah.
  • Berikan pijatan lembut menggunakan ujung jari searah jarum jam. Tindakan ini bisa membantu menghilangkan kotoran sekaligus mencegah kulit tampak kendur.
  • Diamkan selama kurang lebih 3-5 menit agar penyerapan cleansing oil maksimal.
  • Bilas menggunakan air hangat atau keringkan menggunakan kain atau handuk hangat. Hindari menekan atau menggosok terlalu keras untuk mencegah risiko iritasi.
  • Lanjutkan tahapan double cleansing Anda dengan mencuci muka menggunakan sabun pembersih wajah.
  • Gunakan pelembap wajah bila perlu.

Demikian penjelasan seputar manfaat cleansing oil dan cara untuk menggunakannya. Bila masih ragu dalam memilih produk sesuai jenis kulit, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. 2021. What to Know About Deep Oil Cleansing. https://www.webmd.com/beauty/deep-oil-cleansing-what-to-know. (Diakses pada 19 Oktober 2022).
  2. Chatterjee, Sayantani. 2022. 10 Magical Benefits Of Oil Cleansing For Your Skin. https://vedix.com/blogs/articles/oil-cleansing-method. (Diakses pada 19 Oktober 2022).
  3. Ferreira, Mandy, & Bennett, Elizabeth. 2022. Everything You Need to Know About the Oil Cleansing Method. https://www.healthline.com/health/oil-cleansing-method. (Diakses pada 19 Oktober 2022).
  4. Madormo, Carrie. 2021. What Is Dead Skin? https://www.verywellhealth.com/dead-skin-5090522. (Diakses pada 19 Oktober 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi