Terbit: 26 May 2018 | Diperbarui: 7 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bicara soal alga, bahan alami satu ini sudah beberapa tahun belakangan menjadi perbincangan banyak orang. Sebut saja spirulina yang kini juga digolongkan ke dalam superfood karena beragam manfaat baiknya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Mengenal Chlorella dan Manfaatnya untuk Kulit

Rupanya tidak hanya spirulina saja yang mampu menjaga kesehatan dan mempercantik kulit Anda. Anda juga dapat menggunakan jenis alga lainnya yang juga dikenal dengan nama chlorella. Cholrella sendiri ternyata juga masuk ke dalam daftar superfood yang mengandung beragam bahan aktif yang baik untuk menjaga tubuh tetap bugar, tidak terkecuali dengan kulit.

1. Menjaga Kulit Tetap Kencang

Salah satu manfaat dari chlorella yang perlu Anda ketahui adalah kemampuannya yang mampu menstimulasi produksi kolagen. Seperti yang telah diketahui, kolagen merupakan bahan penting yang berperan dalam menjaga kulit tetap kencang, kenyal dan terhindar dari munculnya garis-garis halus. Selain itu, dilansir dari laman Be Healthy, chlorella juga merangsang pembentukan elastin yang berkaitan dengan keelastisitasan kulit.

2. Mencegah Peradangan pada Kulit

Sejumlah masalah peradangan pada kulit seperti ruam, psoriasis atau pun rosacea bisa saja disebabkan oleh peradaran darah yang kurang baik. Tentu saja hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan chlorella. Formula bahan aktif yang terkandung di dalam chlorella ternyata dapat melancarkan peredaran darah sehingga sel kulot akan tetap dalam kondisi yang sehat dan terhindar dari masalah peradangan. Selain itu, peredaran darah yang lancar, terutama yang membawa banyak oksigen juga menjadikan kulit tampak lebih bercahaya secara alami.

3. Menstimulasi Regenerasi Sel Kulit

Kulit yang kusam kerap kali disebabkan oleh penumpukan kotoran dan sel kulit mati. Maka dari itu Anda diharuskan untuk melakukan eksfoliating secara berkala untuk membersihkan sel kulit mati sekaligus merangsang pembentukan sel kulit baru. Nah, Anda dapat menggunakan chlorella untuk menstimulasi terbentuknya sel kulit baru karena bahan satu ini memang dapat menstimulasi proses regenerasi sel kulit.

Siapa yang akan menyangka jika olahan dari alga ternyata tidak hanya terdiri dari spirulina saja. Anda juga dapat menggunakan chlorella yang baru-baru ini menjadi perbincangan banyak orang karena kemampuannya dalam mempercantik dan menjaga kesehatan kulit secara alami.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi