Terbit: 14 April 2022 | Diperbarui: 4 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Buah pir atau Pyrus communis cukup populer di Indonesia. Selain rasanya yang  manis, buah yang kerap dijumpai di negara tropis ini bermanfaat untuk perawatan kulit berkat kandungan nutrisinya. Apa manfaat buah pir untuk kulit? Temukan jawabannya melalui ulasan berikut!

Beragam Manfaat Buah Pir untuk Perawatan Kulit

Manfaat Buah Pir untuk Kulit

Pir mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan. Pir yang berukuran sedang atau sekitar 178 gram mengandung kalori, protein, karbohidrat, serat, vitamin, kalium, dan tembaga.

Selain itu, buah ini merupakan sumber antioksidan polifenol yang dapat mengurangi stres oksidatif.

Kesemua nutrisi tersebut dapat memberikan manfaat bagi tubuh secara keseluruhan. Tak hanya itu, manfaat pir juga bisa dirasakan kulit Anda.

Berikut ini beberapa khasiat buah pir untuk kecantikan kulit:

1. Mengatasi jerawat dan infeksi kulit lainnya

Bagi Anda acne fighters, sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk menambahkan buah pir ke dalam asupan harian.

Buah pir merupakan buah yang baik bagi kulit yang berjerawat. Manfaat ini hadir berkat tingginya kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

Kandungan tersebut dapat membantu memperbaiki sistem imun tubuh. Tidak hanya itu, kandungan vitamin dan mineral dalam buah pir memungkinkan kulit melawan jerawat dan infeksi kulit lainnya.

Pada akhirnya, kulit Anda akan terbebas dari masalah jerawat yang mengganggu.

2. Menjaga keseimbangan pH kulit

Manfaat buah pir untuk wajah bisa Anda peroleh dengan menjadikannya sebagai masker wajah. Masker ini bermanfaat bagi Anda pemilik kulit berminyak.

Cara membuat masker buah pir adalah sebagai berikut:

  • Tambahkan satu sendok teh madu dan satu sendok teh whipped cream ke dalam buah pir yang sudah dihancurkan.
  • Oleskan campuran ini sebagai masker pada wajah dan leher.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Bilas hingga bersih menggunakan air.

Masker buah pir akan membantu menjaga kulit Anda tetap sehat. Pasalnya, mineral yang ada pada kulit akan menetralkan asam kulit dan membantu mengendalikan keseimbangan pH kulit.

3. Menjaga kelembapan kulit

Pir adalah buah yang memiliki kandungan air yang tinggi. Buah ini mampu menjaga kelembapan alami kulit dengan menyeimbangkan kadar air di dalamnya karena mengandung humektan alami.

Humektan sendiri merupakan zat yang mampu menjaga kelembapan. Zat ini bisa diperoleh secara alami, turunan alami, maupun sintetis.

Manfaat buah pir yang satu ini baik bagi Anda pemilik kulit kering atau cenderung bersisik.

4. Mengontrol minyak berlebih

Selain untuk kulit kering, manfaat pir untuk kulit berminyak juga tidak boleh Anda lewatkan.

Buah ini dapat merawat kulit berminyak secara efektif dengan mengontrol sekresi sebum yang berlebihan.

Anda bisa membuat masker dari buah pir untuk memperoleh khasiatnya. Hancurkan buah pir, lalu campurkan dengan krim dan madu. Gunakan seminggu tiga kali untuk mendapatkan hasilnya.

5. Mencegah kerusakan kolagen

Kehilangan elastisitas kulit? Perbanyaklah konsumsi buah pir. Pasalnya, buah pir kaya akan serat. Nah, serat ini merupakan nutrisi yang mencegah fluktuasi meningkatnya kadar gula dalam tubuh.

Kadar gula yang tiba-tiba meningkat dapat merusak kolagen, protein yang menjaga kulit tetap halus, lembut, dan kenyal.

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan menurun. Pada akhirnya, kerutan mulai muncul dan tulang rawan sendi melemah.

6. Membantu eksfoliasi secara alami

Tidak hanya sebagai masker wajah, Anda dapat memperoleh manfaat buah pir untuk kulit sebagai scrub alami.

Buah ini bisa membantu eksfoliasi karena mengandung enzim alami. Cara kerjanya adalah dengan menghilangkan sel-sel kulit mati dari lapisan permukaan kulit.

Ekstrak buah pir juga bisa Anda gunakan sebagai gentle peel untuk regenerasi sel yang lebih cepat.

7. Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Manfaat pir untuk wajah berikutnya adalah membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini. Khasiat ini hadir berkat kandungan vitamin C (antioksidan) yang tinggi dalam buah, serta vitamin K dan tembaga. 

Seluruh kandungan tersebut baik untuk melawan radikal bebas sehingga melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Itu dia sederet manfaat buah pir untuk kulit. Kandungan nutrisinya tidak hanya baik untuk tubuh agar tetap sehat, tetapi juga bisa bermanfaat bagi kulit Anda. Jadi, tidak ada salahnya untuk mulai menambahkan buah pir dalam diet Anda sehari-hari.

 

  1. Anonim. 2021. What Is a Humectant? https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/what-is-a-humectant. (Diakses pada 14 April 2022).
  2. Choudhary, Tanya. 2022. 30 Amazing Benefits Of Pears For Skin, Hair, And Health. https://www.stylecraze.com/articles/amazing-health-benefits-of-pears/. (Diakses pada 14 April 2022).
  3. Keeta, Nilan. Tanpa Tahun. 10 Benefits of Pear for Skin and Hair You Didn’t Know. https://www.beautyglimpse.com/benefits-pears-skin-hair/. (Diakses pada 14 April 2022).
  4. Mclntosh, James. 2017. What Is Collagen, and Why Do People Use It? https://www.medicalnewstoday.com/articles/262881. (Diakses pada 14 April 2022).
  5. Wartenberg, Lisa. 2019. 9 Health and Nutrition Benefits of Pears. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-pears. (Diakses pada 14 April 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi