Terbit: 23 May 2018 | Diperbarui: 7 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Tidak banyak yang rajin memperhatikan komposisi bahan pada make up atau produk perawatan kulit wajah. Selain tidak mengerti, yang lebih menarik lagi adalah manfaat produk itu sendiri. Padahal, komposisi atau paduan komposisi adalah faktor penentu dari sebuah produk. Dari sekian banyak bahan atau zat, berikut ini adalah bahan-bahan pada make up yang bagus jika dipadankan.

Paduan Komposisi pada Make up yang Baik untuk Wajah Anda

1. Vitamin C dan Glycolic Acid

Dari Stylecaster, menurut Marina Peredo, seorang ahli kulit dari NYC, kombinasi antara Vitamin C dan Glycolic Acid bisa bantu mencerahkan kulit yang kusam menjadi lebih segar serta halus. Glycolic Acid berperan menggelupas sel-sel kulit mati, sementara Vitamin C mencerahkan setelahnya. Jika punya misi untuk mencerahkan kulit, dua bahan ini wajib ada pada daftar produk perawatan atau kosmetik Anda.

2. Benzoyl Peroxide dan Retinol

Jerawat, disebabkan oleh banyak faktor. Seperti yang diungkapkan oleh Kimberly Jerdan, dokter kecantikan kulit. Ketika memerangi jerawat, Anda bukan hanya harus melawan atau mencegah bakteri, melainkan juga menormalkan pergantian sel kulit. Jerdan menyarankan untuk mengatasi masalah jerawat dengan kombinasi dua bahan tersebut, yakni Retinol dan Benzoyl Peroxide.

Benzoyl Peroxide memiliki fungsi untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat, sementara retinol bertugas dalam merangsang pertumbuhan atau pergantian sel kulit baru, hingga bekas jerawat akan tersamarkan.

3. Glycolic dan Salicylic Acid

Kombinasi dari dua bahan ini juga bagus untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah. Asam akan mudah mengelupas serta meredakan peradangan tanpa membuat kulit Anda menjadi kering. Selain itu, ia juga dapat membantu membersihkan pori-pori serta mengurangi jerawat yang membandel. Semua berkat kombinasi antara Salicylic Acid dan Glycolic Acid.

Ada kombinasi bahan-bahan yang berbahaya untuk kulit, ada juga kombinasi yang menguntungkan. Mulai sekarang, ada baiknya untuk pintar memiilih agar kulit tetap terawat kesehatan dan kecantikannya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi