Terbit: 23 May 2018 | Diperbarui: 7 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Buah satu ini merupakan salah satu buah yang mengandung antioksidan tinggi. Tidak heran jika mengonsumsi buah jeruk dapat meningkatkan imunitas tubuh. Terkait dengan kandungan antioksidan dan beragam bahan aktif pada buah jeruk, sejumlah pihak justru memutuskan untuk mengesktraksi dalam bentuk minyak esensial. Nah, berikut sejumlah manfaat dari minyak esensial jeruk yang dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit secara alami.

Khasiat Minyak Jeruk untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

1. Mencegah Penuaan

Dilansir dari laman Bustle, salah satu manfaat dari minyak jeruk adalah sebagai bahan aktif yang mencegah penuaan. Apalagi seperti yang telah diketahui, minyak jeruk juga mengandung antioksidan tinggi yang berfungsi untuk melindungi kulit. Antioksidan merupakan salah satu zat aktif yang melindungi kulit dari penyebab radikal bebas seperti sinar UV dan polutan.

Kandungan antioksidan pada minyak jeruk juga memperlambat proses penuaan kulit. Anda dapat mencampurkannya dengan sejumlah bahan lain sebagai masker atau scrub. Misalnya saja dengan biji kopi, madu atau pun gula yang juga membantu menjadikan kulit tampak lebih cerah.

2. Melembapkan Kulit Bibir

Mengaplikasikan beragam jenis produk seperti lipstik atau pun lip gloss terlalu sering juga berimbas pada kesehatan kulit bibir. Tidak hanya berubah warna menjadi lebih gelap, kulit bibir juga dapat kehilangan kelembapannya. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan minyak jeruk. Tak hanya mengembalikan kelembapan kulit bibir, mengaplikasikan minyak jeruk pada bibir juga mengembalikan warna alami bibir Anda.

3. Mencerahkan Kulit

Terlalu sering beraktivitas di luar ruangan menjadikan kulit Anda mengalami pigmentasi. Akibatnya, kulit menjadi lebih gelap dari warna aslinya. Nah, untuk mengatasi masalah satu ini, Anda dapat menggunakan minyak jeruk. Dilansir dari laman Bustle, minyak jeruk dilengkapi dengan kandungan bahan aktif yang dapat mengontrol produksi melanin.

Melanin merupakan salah satu zat yang menjadikan kulit berwarna lebih gelap. Tidak hanya mencerahkan secara alami, kandungan antioksidan pada minyak jeruk juga melindungi kulit dari radiasi sinar UV.

Selain dapat dinikmati, buah jeruk juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan perawatan kulit secara alami. Apalagi, saat ini sudah banyak produk perawatan kulit yang dilengkapi dengan kandungan minyak jeruk di dalamnya. Tidak heran jika produk tersebut laris manis lantaran manfaat dari minyak jeruk yang sangat beragam.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi