Terbit: 19 May 2018 | Diperbarui: 7 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bicara soal clay mask, produk perawatan kulit satu ini memamg ampuh dalam mengangkat kotoran pada kulit. Bahkan, penggunaan clay mask sendiri mampu membersihkan kotoran yang tersumbat di pori-pori.

Khasiat Penggunaan Bentonite Clay Mask untuk Kulit

Clay mask dibedakan menjadi beberapa jenis, tergantung dari bahan formulanya. Salah satu jenis yang paling umum dan banyak ditemukan adalah clay mask yang terbuat dari bentonite. Bentonite sendiri merupakan salah satu bahan aktif yang memiliki tekstur seperti clay atau lempung. Kendati demikian, ternyata bentonite memberikan sejumlah manfaat, seperti:

1. Mengatasi Alergi

Siapa yang menyangka ternyata pemilik kulit sensitif yang rentan terserang alergi atau pun iritasi dapat menggunakan clay mask yang terbuat dari bentonite. Hal ini disebabkan oleh kandungan bentonite yang aman dan tidak menimbulkan atau memperparah kondisi kulit.

2. Menutrisi Kulit dengan Mineral

Dilansir dari lmana Welness Mama, bentonite clay mask merupakan salah satu masker wajah yang dilengkapi dengan beragam jenis mineral. Mineral merupakan salah satu bahan aktif yang berperan dalam menjaga kulit tetap sehat, terutama dari risiko peradangan. Tidak heran jika penggunaan bentonite clay mask juga disarankan untuk Anda yang tengah berjerawat atau pun mengidap psoriasis dan eksim.

3. Mengeluarkan Racun

Manfaat lainnya dari bentonite clay mask adalah mampu mengeluarkan racun dari dalam kulit. Dengan kata lain, bentonite clay mask merupakan salah satu bahan yang ampuh dalam mendetoksifikasi zat toksin. Apalagi zat toksin pada tubuh menjadi penyebab utama sejumlah masalah kesehatan yang menyerang kulit.

4. Mempercepat Penyembuhan Kulit

Anda memiliki luka terbuka pada wajah? Jangan khawatir untuk mengatasinya. Pasalnya, bentonite clay mask bisa menjadi salah satu referensi yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka tersebut. Lebih lanjut, bentonite clay mask juga mencegah luka mengalami infeksi.

Bagi Anda yang tertarik menggunakan bentonite clay mask, saat ini sejumlah merk ternama sudah banyak menyediakan masker dengan kandungan bahan tersebut. Tidak hanya menggunakan bentonite saja, biasanya sejumlah merk juga mengombinasikan bahan lain yang menjadikan masker tersebut lebih multifungsi.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi