Terbit: 27 July 2021 | Diperbarui: 4 November 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Manfaat jojoba oil dapat menyehatkan kulit maupun rambut karena beragam kandungan yang menyehatkan di dalamnya. Beberapa khasiat minyak ini, di antaranya sebagai pelembap kulit, penyembuhan luka, cegah kerontokan, hingga bikin awet muda! Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

12 Manfaat Jojoba Oil untuk Kulit, Melembapkan hingga Bikin Awet Muda!

Apa Itu Jojoba Oil?

Minyak jojoba adalah minyak alami yang diekstrak dari biji tanaman jojoba. Ini adalah minyak paling mirip dengan minyak yang diproduksi oleh kulit manusia (sebum). Sebum berfungsi sebagai pelembap, pelindung, penyembuh kulit dari paparan racun. Oleh karenanya minyak ini sangat cocok sebagai pengganti alami untuk sebum.

Kandungan Jojoba Oil

Minyak jojoba mengandung vitamin esensial, khususnya untuk kulit, antara lain:

  • Vitamin B kompleks dan E
  • Zinc
  • Tembaga
  • Kromium
  • Silikon
  • Yodium

Minyak jojoba juga memiliki kandungan kimia utama, yakni acid atau asam, termasuk:

  • Eicosenoic acid
  • Gadoleic Acid
  • Erucic acid
  • Oleic acid
  • Palmitic acid
  • Nervonic acid
  • Palmitoleic acid
  • Stearic acid
  • Behenic acid

Semua kandungan kimia utama ini memiliki efek antioksidan, antiseptik, dan anti-inflamasi.

Baca Juga: 18 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Jojoba Oil untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Banyak orang menggunakan minyak jojoba sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulitnya. Bukan tanpa alasan, ada banyak bukti yang mendukung penggunaan minyak jojoba murni sebagai perawatan kulit seperti perawatan jerawat, kulit kering, dan kondisi kulit lainnya.

Berikut ini daftar manfaat jojoba oil untuk kesehatan kulit dan rambut:

1. Melembapkan Kulit

Beberapa senyawa yang terdapat dalam minyak jojoba instan terserap ke dalam kulit dengan cepat yang membentuk pelindung, mencegah kulit kehilangan kelembapan. Minyak ini juga membantu mencegah tumit pecah-pecah. Semua ini karena sifat menghidrasi minyak jojoba yang bisa mencegah pengelupasan kulit dan melindungi sel-sel yang paling rentan terhadap elemen luar.

2. Perawatan untuk Kulit

Kulit adalah organ tubuh terbesar dan terus-menerus terpapar oleh lingkungan yang keras, polutan, iritasi, dan patogen (yang berarti sering meradang), baik dari luar maupun dari dalam.

Manfaat jojoba oil dengan mengoleskannya ke kulit yang teriritasi, bengkak, gatal, atau meradang, dan dapat dengan cepat menenangkan sel-sel tersebut. Ini berkat kualitas emolien dari bahan aktif minyak jojoba.

3. Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Selain untuk kulit, mengoleskan minyak jojoba ke bibir pecah-pecah dapat mengembalikan kelembapan dan membuatnya tampak lembut. Khasiat Ini berkat sifat pelindungnya. Anda juga bisa membuat lip balm jojoba dengan mencampurkan minyak jojoba dengan lilin lebah.

4. Penghapus Rias Wajah yang Efektif

Bagi yang sering menggunakan riasan wajah atau beraktivitas di luar ruang, minyak jojoba cocok untuk menghilangkan riasan, kotoran, dan bakteri dari kulit secara alami.

Jadi, alih-alih menggunakan penghapus riasan kosmetik mengandung banyak bahan kimia, cobalah beralih ke minyak jojoba sebagai bahan alami. Anda juga bisa menggunakan minyak ini untuk menghilangkan riasan pada mata.

5. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Minyak ini secara alami bisa menjadi pelindung dari paparan sinar matahari yang dapat membakar kulit. Beberapa bagian kulit tubuh yang mudah terbakar sinar matahari, termasuk wajah, leher, pergelangan tangan dan kaki. Minyak ini mengandung vitamin E dan B kompleks yang dapat mempercepat proses penyembuhan tanpa kerusakan lebih lanjut atau kehilangan air akibat paparan matahari.

6. Mencegah Penuaan

Kondisi kulit yang tampak tua sebelum saatnya adalah penuaan dini dengan gejala seperti kerutan, garis halus, bintik-bintik hitam, dan noda. Manfaat jojoba oil dapat mencegah kondisi masalah kulit tersebut dan membuat kulit tampak awet muda.

Hal tersebut  karena minyak jojoba memiliki senyawa antioksidan yang dapat meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi munculnya kerutan, dan membuat kulit tampak cerah.

Baca Juga: Minyak Esensial Terbaik yang Bisa Digunakan untuk Merawat Rambut

7. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Mengoleskan minyak jojoba yang diencerkan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit, seperti luka goresan atau baret, luka terbuka, atau luka sayat, dan sekaligus melindungi dari infeksi. Antioksidan yang terdapat dalam minyak ini, termasuk vitamin E, berkhasiat merangsang aliran darah ke area ini dan mempercepat produksi sel baru yang sehat.

8. Mengontrol Produksi Sebum

Manfaat jojoba oil mampu mengontrol produksi sebum karena sangat mirip dengan sebum yang secara alami diproduksi oleh tubuh.

Mengoleskan minyak jojoba pada kulit dapat membuatnya menjadi tenang dan lembap. Hal ini membantu mengirimkan sinyal ke folikel rambut dan keringat bahwa kulit tidak membutuhkan sebum tambahan untuk menghidrasi kulit. Dengan begitu, kulit tidak tampak berminyak dan membantu mencegah jerawat akibat pori-pori yang tersumbat.

9. Mengobati Eksim dan Psoriasis

Khasiat minyak jojoba oil dapat membantu menenangkan eksim, psoriasis, dan kondisi kulit kering lainnya, karena minyak ini memiliki sifat anti-inflamasi dan penyembuhan. Oleskan pada kulit yang terkena dapat membantu meredakan kulit kering, mengelupas, gatal, dan gejala lainnya akibat penyakit kulit.

10. Mengobati Jerawat

Setidaknya satu penelitian menunjukkan bahwa minyak jojoba berkhasiat membantu mencegah timbulnya jerawat. Minyak jojoba memiliki agen anti-inflamasi yang menenangkan kulit, sifat penyembuhan, pelembap, dan merupakan antimikroba alami.

Sifat-sifat tersebut menunjukkan bahwa minyak jojoba dapat membantu mencegah jerawat serta meningkatkan penyembuhan untuk jerawat ringan.

11. Mencegah Rambut Rontok

Khasiat minyak jojoba dapat membantu mencegah kerontokan rambut akibat folikel rambut yang tersumbat, dengan menghilangkan minyak yang menyumbat folikel tersebut, dan memastikan pertumbuhan rambut normal. Minyak jojoba juga dapat membantu mengontrol kadar sebum di folikel rambut.

12. Menghilangkan Ketombe

Berkat sifat pelembap, antibakteri, dan anti-inflamasi di dalamnya, manfaat minyak jojoba dapat mencegah kulit kering, mengelupas, dan teriritasi yang menyebabkan kulit kepala berketombe. Untuk menggunakannya, tambahkan beberapa sendok teh minyak jojoba ke sampo dan memijatnya secara menyeluruh ke kulit kepala bisa membantu mencegah ketombe.

Baca Juga: Minyak Atsiri: Manfaat, Efek Samping, dan Cara Penggunaan

Cara Menggunakan Jojoba Oil

Tidak seperti beberapa minyak esensial lainnya, minyak ini tidak perlu diencerkan dan bisa mengoleskannya secara langsung ke kulit. Sebelum menggunakan minyak jojoba atau produk kosmetik apa pun, harus melakukan uji tempel untuk memastikan tidak alergi. Anda dapat melakukan uji tempel dengan langkah-langkah berikut:

  • Oleskan tiga atau empat tetes minyak jojoba pada lengan bagian dalam.
  • Tutupi area tersebut dengan perban dan biarkan selama 24 jam.
  • Lepaskan perban dan periksa kulit di bawahnya. Jika tidak menunjukan tanda-tanda gatal-gatal, kemerahan, atau iritasi, berarti aman.

Berikut ini cara menggunakan jojoba oil pada kulit:

  • Cara menggunakan minyak jojoba tergantung pada hasil yang Anda inginkan. Siapa pun dapat menggunakannya sebagai lip balm untuk melembapkan bibir yang kering dan pecah-pecah, atau mengoleskannya ke seluruh wajah sebelum tidur sebagai serum antipenuaan.
  • Mencampur minyak jojoba dengan bahan-bahan pencegah jerawat alami lainnya ke dalam perawatan masker buatan sendiri dapat mengatasi jerawat.

paket obat isolasi mandiri doktersehat

 

  1. Anonim. 2020. Jojoba Oil Benefits: 7 Incredible Ways to Use it For Beautiful Skin and Hair. https://food.ndtv.com/beauty/jojoba-oil-benefits-7-incredible-ways-to-use-it-for-beautiful-skin-and-hair-1655366 (Diakses pada 27 Juli 2021)
  2. Staughton, John. 2020. 12 Amazing Benefits Of Jojoba Oil For Skin & Hair. https://www.organicfacts.net/health-benefits/oils/jojoba-oil.html (Diakses pada 27 Juli 2021)
  3. Watson, Kathryn. 2019. 13 Reasons to Add Jojoba Oil to Your Skin Care Routine. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/jojoba-oil-for-face (Diakses pada 27 Juli 2021)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi