Terbit: 3 November 2022 | Diperbarui: 9 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Alis yang rapi dan dibentuk sempurna memang jadi dambaan banyak setiap orang. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah threading alis. Namun jangan buru-buru melakukan tindakan ini, simak dulu penjelasan di bawah ini.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Threading Alis

Perhatikan Ini Sebelum Melakukan Threading Alis

Threading alis adalah tindakan untuk mencabut rambut halus di wajah menggunakan benang. Benang tersebut akan membungkus setiap helai rambut alis, lalu menggulungnya sehingga mudah untuk terlepas.

Tindakan ini juga dinilai terlihat lebih alami dibandingkan dengan teknik pembentukan alis lainnya. Pasalnya, pada prosedur ini, akar rambut akan ikut dicabut sehingga hasilnya lebih maksimal.

Bila tertarik untuk melakukannya, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

1. Harga Tindakan Bervariasi

Harga threading alis akan bervariasi tergantung dari tempat Anda melakukan tindakan ini. Selain itu, hasil yang dijanjikan pun ikut memengaruhi jumlah rupiah yang akan Anda keluarkan.

Agar lebih jelasnya lagi, Anda bisa menghubungi pihak klinik kecantikan atau salon untuk menanyakan harga threading alis.

2. Tidak Memerlukan Waktu yang Lama

Salah satu hal yang menguntungkan dari threading alis adalah tindakan hanya dilakukan sebentar. Jadi, Anda tidak akan kehilangan banyak waktu berharga untuk mendapatkan alis yang diidam-idamkan.

Hanya dalam waktu beberapa menit, Anda sudah bisa memperoleh bentuk alis yang diinginkan.

Baca JugaIngin Coba Sulam Alis Microblading? Perhatikan Ini!

3. Bicarakan Mengenai Bentuk Alis yang Diinginkan

Bicarakan kepada praktisi threading alis bagaimana bentuk yang Anda inginkan; apakah lengkungan yang rendah, sedang atau tinggi; atau alis yang tebal, sedang, ataupun tipis. Bila perlu, bawa foto sebagai referensi.

Namun, praktisi yang profesional dan berpengalaman biasanya akan membantu menentukan bentuk yang paling sesuai dengan bentuk wajah Anda.

Pada dasarnya, teknik ini akan memberikan kesan alis lebih tajam. Oleh sebab itu, jika hasil alis yang diinginkan lebih lembut dan alami, Anda mungkin lebih menyukai hasil dari tweezing.

4. Umumnya Aman Dilakukan

Manfaat threading yang secara signifikan bisa Anda peroleh adalah mencegah kerusakan kulit ataupun folikel rambut. Tindakan ini jelas berbeda dengan waxing atau sugaring yang terkadang bisa menimbulkan iritasi.

Tindakan ini juga dinilai aman bagi pemilik kulit sensitif sekalipun karena benang yang digunakan berasal dari katun.

5. Pilih Tempat yang Tepercaya

Datanglah ke salon profesional untuk melakukan prosedur threading. Cari salon dan praktisi yang berpengalaman dan lebih baik lagi jika mereka sudah memiliki izin dan terlatih.

Dengan demikian, Anda akan mendapatkan alis yang rapi dan cantik sesuai dengan bentuk wajah Anda.

7. Umumnya Tindakan Tidak Menyakitkan

Banyak orang yang melakukan threading alis mengungkapkan bahwa tindakan ini tidak sakit sama sekali. Namun, hal ini akan bergantung pada tingkat toleransi Anda terhadap rasa sakit.

Anda kemungkinan hanya akan merasakan sensasi tidak biasa saat tindakan ini dilakukan, apalagi jika baru pertama kali melakukannya.

8. Hasil Lebih Efektif

Pada saat melakukan tindakan ini, praktisi akan menelusuri rambut alis baris demi baris. Oleh sebab itu, wajar saja jika hasilnya lebih efektif untuk membentuk alis yang diinginkan.

Folikel rambut yang halus akan mudah dihilangkan dan dijangkau daripada menggunakan metode cukur alis lainnya. Selain itu, kemungkinan rambut untuk tumbuh pun akan lebih lama.

9. Tidak Perlu Sering-sering Dilakukan

Pertumbuhan bulu alis setelah threading biasanya cukup lama. Jadi, Anda tidak perlu bolak-balik ke klinik atau salon kecantikan untuk mencukur alis setiap minggunya.

Anda dapat menunggu hingga sekitar tiga minggu sebelum kembali melakukan tindakan.

Baca JugaPerawatan Kulit dengan Cara Dermabrasi, Amankah Dilakukan?

10. Reaksi Setelahnya

Setelah proses threading selesai, biasanya kulit di sekitar alis akan berwarna kemerahan. Kondisi ini mungkin saja membuat Anda panik.

Namun demikian, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, ini merupakan reaksi normal dan biasanya akan reda setelah beberapa jam.

Jika perlu, Anda bisa mengompres area tersebut dengan air dingin.

Kini Anda sudah mengetahui apa itu threading alis. Tertarik untuk melakukannya? Pilihlah klinik berpengalaman dan tepercaya.

Jangan lupa waspadai kemungkinan efek samping yang terjadi. Bila mengalami reaksi alergi setelahnya, segera periksakan kondisi ke dokter. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. What Is Eyebrow Threading and How Does it Work? https://www.lashlovers.com/blog/what-is-eyebrow-threading-and-how-does-it-work. (Diakses pada 3 November 2022).
  2. Lane, Taylor. 2022. What Is Eyebrow Threading? Everything You Need To Know Before Booking. https://www.womenshealthmag.com/beauty/a40910061/what-is-eyebrow-threading/. (Diakses pada 3 November 2022).
  3. Schneider, Jamie. 2022. What Is Eyebrow Threading? Everything You Need To Know Before Booking. https://www.mindbodygreen.com/articles/what-is-eyebrow-threading. (Diakses pada 3 November 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi