Terbit: 26 May 2018 | Diperbarui: 7 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Mungkin banyak dari Anda yang bingung dengan glycyrizzha uralensis root extract. Sebagai tambahan informasi, glycyrizzha uralensis merupakan salah satu jenis dari licorice. Tidak heran jika bahan satu ini kerap ditemukan di dalam komposisi sejumlah produk perawatan kulit.

Mengenal Glycyrizzha Uralensis Root Extract dan Manfaatnya untuk Kulit

Nah, licorice yang biasa dikenal sebagai bahan perasa makanan atau obat batuk ini ternyata juga dilengkapi dengan kandungan bahan aktif yang baik untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit Anda. Berikut sejumlah manfaat yang bisa didapat dari penggunaan ekstra akar licorice jenis ini.

1. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Licorice pada umumnya berasal dari tanaman yang bernama glycyrizzha glabra, berbeda dari glycyrizzha uralensis. Kendati memiliki jenis yang berbeda, akar licorice dari glycyrizzha uralensis ini ternyata juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

Kandungan antioksidan pada akar licorice jenis ini tentu saja dapat melindungi kulit secara ampuh, terutama dari sinar UV yang mengandung radiasi. Seperti yang telah diketahui, paparan sinar radiasi terlalu intens dapat membahayakan kesehatan kulit. Tidak hanya memicu hiperpigmentasi saja, tetapi juga dapat memicu munculnya sel kanker kulit.

2. Menjadikan Kulit Lebih Cerah

Selain mengandung antioksidan, akar licorice jenis glycyrizzha uralensis ini juga ampuh dalam mencerahkan kulit secar alami. Selain melindungi kulit dari paparan sinar UV, kandungan bahan aktif di dalamnya ternyata juga mencegah produksi melanin yang berperan dalam perubahan warna kulit. Selain itu, akar licorice juga ampuh membersihkan sel kulit mati mau pun kotoran yang menjadikan kulit tampak kusam.

3. Menenangkan Kulit

Anda terlalu sering menghabiskan waktu di bawah terik matahari? Tentu saja hal tersebut kerap membuat kulit terasa terbakar atau yang dikenal dengan istilah sunburn. Gejala sunburn sendiri biasanya ditandai dengan kulit yang meruam merah. Biasanya juga dibarengi dengan rasa perih dan nyeri.

Salah satu cara untuk meredakannya adalah dengan menggunakan ekstrak akar licorice. Dilansir dari laman milik L’Oreal Paris, ekstrak akar licorice mampu menenangkan kulit dan meredakan peradangan yang terjadi.

Ekstrak akar licorice memang sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu bahan herbal yang memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan, tidak terkecuali kulit. Kendati demikian, ternyata ekstrak licorice tidak hanya didapatkan dari satu jenis licorice saja. Salah satu buktinya adalah manfaat yang diberikan oleh licorice jenis glycyrizzha uralensis ini.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi