Terbit: 28 May 2018 | Diperbarui: 7 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kondisi kulit akan mengalami perubahan, tergantung bagaimana Anda merawatnya. Kendati demikian, bukan hal yang aneh jika usia juga menentukan kondisi kulit Anda. Semakin bertambahnya usia, maka kulit akan menjadi lebih kendor, kusam bahkan dipenuhi dengan keriput.

Mampukah Ginseng Melawan Penuaan Sel-Sel Kulit?

Gejala-gejala tersebut merupakan tanda dari penuaan. Tentu saja kondisi yang demikian akan membuat penampilan kurang menarik. Untungnya, hal tersebut dapat diatasi dengan mudah dan aman menggunakan bahan alami seperti ginseng. Bahkan, ginseng sudah sejak lama digunakan sebagai bahan alami untuk merawat kulit, terutama dalam metode pengobatan tradisioanl ala Ayurveda.

Bicara soal ginseng, bahan alami satu ini merupakan jenis tanaman yang hanya dijumpai wilayah Timur Asia. Tidak heran jika ginseng banyak ditemukan di daratan China, Korea dan Jepang. Terkait dengan penggunaan ginseng dalam metode pengobatan tradisional ala masyarakat Asia, ginseng dapat dolah menjadi beberapa macam produk. Mulai dari teh, minyak esensial hingga masker alami yang dapat mengatasi sejumlah masalah kesehatan.

Kandungan bahan aktif yang sangat berlimpah di dalam ginseng juga membuat orang-orang meyakini jika tanaman satu ini dapat merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Apalagi, ginseng juga mengandung zat anti peradangan yang ampuh mencegah terjadinya ruam pada kulit.

Selain itu, menggunakan ginseng dalam perawatan kecantikan kulit ternyata juga mencegah penuaan. Hal ini lantaran ginseng mampu menjaga dan menstimulasi produksi kolagen dan elastin. Kolagen sendiri merupakan salah satu bahan yang memegang peranan penting dalam menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit. Sedangkan elastin merupakan bahan yang berfungsi menjaga keelastisitasan kulit.

Terkait hal tersebut, tidak heran jika ginseng kerap diaplikasikan pada kulit untuk memudarkan garis halus di sejumlah sudut wajah. Selain itu, penggunaan ginseng pada kulit secara rutin juga dapat membersihkan kulit kusam yang menjadikan wajah lebih bersih dan tampak lebih awet muda. Nah, bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif, tidak ada salahnya untuk mencampurkan ekstrak ginseng dengan sedikit air.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi