Terbit: 25 August 2018 | Diperbarui: 7 November 2022
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Toner adalah salah satu produk kosmetik yang wajib ada dalam rangakaian skin care routine kita. Penggunaan toner akan menghasilkan sensasi dingin di wajah sehingga membuat wajah lebih segar. Toner sebenarnya memiliki banyak manfaat lainnya untuk kulit. Apa itu toner dan apa saja manfaat toner?

5 Manfaat Toner untuk Kulit Wajah, Bukan Sekedar Menyegarkan!

Apa Itu Toner?

Toner adalah cairan berbasis air dengan konsistensi mirip seperti cuka.

Toner mengandung bahan aktif yang mampu untuk membantu mengatasi berbagai masalah kulit wajah yang lebih spesifik. Dalam rangakain skin care routine, toner adalah bagian dari skin care yang digunakan setelah membersihkan dan mencuci wajah menggunakan cleansing water dan juga facial wash.

Bisa dikatakan bahwa toner adalah tahap kedua dari membersihkan wajah yang artinya toner mampu membersihkan berbagai kotoran wajah yang tidak bisa dibersihkan oleh cleansing water dan juga facial wash.

Fungsi Toner untuk Kulit Wajah

Secara umum toner memang bekerja untuk membersihkan wajah, tetapi fungsi toner ternyata tidak hanya sekedar untuk membuat wajah bersih. Berikut adalah beberapa manfaat toner yang wajib diketahui:

1. Membersikan kulit lebih maksimal

Fungi toner adalah dapat membersihkan kulit dengan lebih maksimal.

Toner terdiri dari dua jenis yaitu exfoliating toner dan juga hydrating toner. Membersihkan wajah dengan lebih maksimal adalah kegunaan dari exfoliating toner yang memang bertugas untuk mengangkat sisa sel kulit mati yang ada di wajah.

Toner juga akan membantuk mengangkat semua residu yang tersisa di wajah yang tidak terangkat pada proses cleansing. Jika kulit lebih bersih tentunya kulit juga akan terhindar dari masalah kulit seperti kulit kering, komedo, hingga jerawat.

2. Menghidrasi kulit

Khasiat toner dapat menghidrasi kulit dan juga menutrisi kulit.

Perlu Anda ketahui bahwa kulit yang terhidrasi dengan baik akan dapat terhindar dari berbagai masalah kulit seperti tanda-tanda penuaan. Kulit yang teridrasi dengan baik juga akan dapat menyerap poduk kosmetik dengan lebih baik. Berbagai produk toner juga mengandung vitamin dan bahan lainnya yang mampu menutrisi kulit Anda.

3. Menyeimbangkan pH kulit

Selanjutnya, fungsi toner adalah untuk pH balancing atau menyeimbangkan pH kulit. Kulit memiliki pH alami kurang lebih 5 yang artinya cenderung asam. Tingkat keasaman pada kulit bisa ternganggu akibat debu, polusi, sinar UV, dan radikal bebas lainnya. Tugas toner adalah untuk dapat mengembalikan pH kulit pada pH alaminya. Kulit dengan pH tidak seimbang akan cenderung kering dan juga rentan terhadap iritasi kulit.

4. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori wajah yang terlalu besar bisa memicu berbagai masalah kulit. Salah satunya seperti produksi minyak berlebih dan juga bersarangnya berbagai sisa kotoran di wajah yang bisa menyumbat pori-pori. Produksi minyak berlebih dan juga tersumbatnya pori-pori biasanya menjadi salah satu faktor pemicu terbesar dari munculnya komedo dan jerawat.

Fungsi toner adalah untuk mengecilkan dan mengencangkan porit-pori. Selain dapat terhindar dari berbagai masalah kulit, pori-pori yang lebih kecil juga membuat kulit yang terkesan lebih sehat dan segar.

5. Mempersiapkan kulit untuk perawatan selanjutnya

Penggunaan toner biasanya dilanjutkan dengan rangkaian skin care selanjutnya seperti serum. Penyerapan produk seperti serum akan lebih maksimal jika kulit sudah dipersiapkan dengan baik. Fungsi toner yang membersihkan dan menghidrasi kulit akan sangat membantu kulit agar lebih siap untuk menerima serum, sehingga serum pun dapat bekerja lebih maksimal.

Tips Memilih Toner yang Bagus

Skin care yang bagus adalah skin care yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Sebelum memilih jenis toner yang bagus sebaiknya Anda mengenali terlebih dulu jenis kulit Anda apakah berminyak, kering, sensitif, ataupun acne prone. Setelah mengetahui jenis kulit Anda barulah Anda dapat mengetahui toner yang bagus untuk kulit Anda dengan cara memerhatikan kandungan dalam toner tersebut.

Contohnya seperti kulit kering yang sebaiknya menghindari toner dengan kandungan alkohol. Perlu diingat juga bahwa jika Anda menginginkan manfaat yang maksimal dari toner maka double toning atau penggunaan exfoliating toner yang diikuti dengan hydrating toner tidak boleh dilewatkan. Tapi sekali lagi, penggunaan toner ini juga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi