Terbit: 1 June 2018 | Diperbarui: 7 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mengenai produk kosmetik, takjarang kita hanya tahu cara menggunakannya dan manfaatnya. Fakta-fakta lain mengenainya, jarang diketahui. Padahal, dari sana kita dapat mengetahui tentang produk kosmetik secara lebih detail. Seperti produk serum muka yang fakta tentangnya, tidak banyak orang tahu dan memahami. Dilansir dari Slice, berikut ulasannya.

Saatnya Tahu Tentang Fakta Serum Wajah

1. Serum Lebih Kuat dari Toner dan Pelembap

Serum muka ibarat memiliki kekuatan tinggi. Kandungan multi-vitamin pada serum muka, bertugas dalam rutinitas perawatan kulit. Selain itu, penggunaan serum juga lebih ringan, lebih cepat menyerap, dan mengandung konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi daripada losion atau krim pelembap biasa.

2. Waktu yang Tepat Menggunakan Serum Wajah

Penggunaan serum, dalam hal waktu pemakaian, juga wajib Anda pertimbangkan. Serum yang cenderung cair atau seperti gel, harus diterapkan setelah mencuci muka dan toner, tetapi sebelum pelembab atau tabir surya. Penggunaan serum wajah setelah toner dan sebelum pelembap ajan memaksimalkan hasil.

3. Serum Bukan Pengganti Pelembap

Meski memili kemampuan luar biasa untuk bantu merawat kulit wajah, serum tidak biasa dijadikan sebagai pengganti toner atau pelembap. Kedua atau ketiga produk perawatan kecantikan ini menawarkan khasiat yang berbeda.

Seperti misalnya, pelembap Anda kurang nenghidrasi, otomatis Anda mencari serum dengan kelembapan tinggi. Atau toner yang bantu mengeksfoliasi kulit, Anda memilih serum yang dapat memaksimalkan pengelupasan sel kulit mati. Lebih baik, pilih serum dengan manfaat yang berbeda.

4. Berapa Banyak Serum Wajah yang Harus Anda Terapkan?

Serum dengan formulasi tinggi, yang dapat dengan cepat membawa perubahan pada kulit wajah Anda, bisa berakhir dengan masalah jika tidak dengan bijak digunakan. Penggunaan serum yang tepat, adalah mengoleskan dengan rata 3-5 tetes serum ke telapak tangan kemudian mulai mengaplikasikannya pada wajah dengan cara dipijit lembut. Anda bisa menepuk-nepuk muka setelahnya seperti metode kecantikan kuno para wanita Korea.

Menjadi salah satu elemen perawatan kecantikan, serum tidak bisa disepelekan. Ia perawatan dasar yang membantu kulit wajah tetap sehat, meski seharian terpapar make up, polusi dan kotoran lain.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi