Terbit: 17 April 2018 | Diperbarui: 8 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Bagi Anda yang gemar memoleskan cat kuku tentu sudah tidak asing dengan kuku yang tiba-tiba menguning. Kondisi kuku yang demikian ternyata merupakan salah satu masalah kesehatan yang harus segera ditangani. Jika Anda tidak ingin kuku mengalami masalah tersebut, tidak ada salahnya untuk menjajal sejumlah perawatan ala rumahan dengan bahan-bahan alami berikut.

Cara Mencegah Kuku Menguning dengan Bahan-Bahan yang Ada di Rumah

1. Air Perasan Lemon

Dilansir dari laman She Knows, Anda dapat merendam kuku pada air perasan lemon. Kandungan bahan pada air perasan lemon akan menghilangkan noda kuning yang menyelimuti permukaan kuku. Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi pada air perasan lemon juga menjadikan kuku lebih lembap dan kuat.

2. Pasta Gigi

Bahan lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda kuning tersebut adalah pasta gigi. Pastikan jika Anda menggunakan pasta gigi yang mengandung formula untuk memutihkan gigi atau yang memiliki label “whitening”. Jenis pasta gigi satu ini akan membersihkan noda kuning dengan mudah. Anda cukup mengaplikasikan pada kuku dan menggosoknya dengan lembut menggunakan sikat gigi. Kendati demikian, cara satu ini tidak disarankan untuk dilakukan secara rutin.

3. Kulit Jeruk

Tidak hanya buahnya yang mengandung vitamin. Kulit dari jeruk juga mengandung vitamin C yang dapat menghilangkan noda kuning pada kuku. Anda hanya perlu menggosokkan kulit jeruk pada kuku sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari. Lakukan cara satu ini selama beberapa minggu untuk mendapatkan kuku yang sehat dan bebas dari noda kuning.

4. Cuka Apel

Anda juga dapat menggunakan cuka apel untuk mengembalikan warna alami kulit. Dilansir dari laman Natural Solutions Mag, cuka apel mengandung acetic acid dan malic acid yang mampu memudarkan noda kuning pada kuku. Kandungan bahan antijamur di dalamnya juga menjadikan kuku terhindar dari infeksi.

Noda kuning yang disebabkan dari pemakaian cat kuku terlalu sering memang sangat mengganggu. Namun, jika kondisi tersebut dibiarkan, bisa-bisa kuku justru mengalami masalah yang lebih serius. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencegah atau mengatasi kuku menguning dengan beberapa bahan di atas.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi