Terbit: 24 September 2021 | Diperbarui: 3 November 2022
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Masker rambut alami agar rambut lurus pada dasarnya bisa dibuat di rumah, karena sebagian besar bahannya mudah untuk didapatkan. Apa saja masker alami yang dapat membuat rambut Anda lurus? Simak selengkapnya di bawah ini.

7 Cara Meluruskan Rambut dengan Masker Bahan Alami

Cara Meluruskan Rambut dengan Masker Alami

Bagi Anda yang enggan untuk meluruskan rambut di salon, menggunakan masker rambut dengan bahan-bahan alami adalah salah satu pilihan yang bisa Anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa cara alami untuk meluruskan rambut, di antaranya:

1. Santan dan Lemon

Masker rambut alami agar rambut lurus pertama yang bisa Anda coba adalah campuran santan dan lemon. Bahan-bahan yang harus dipersiapkan adalah ¼ cangkir santan dan satu sendok air perasan lemon. Aduk rata dan diamkan semalaman.

Setelah itu, oleskan campuran ini ke rambut, dari akar hingga ujungnya. Diamkan selama 30 menit sebelum Anda membilasnya dengan air dingin dan sampo. Kombinasi lemon dan santan memberi kulit kepala dorongan vitamin C. Masker ini akan membuat rambut terasa halus dan lembut. Metode ini bisa Anda lakukan seminggu sekali.

2. Hot Oil

Masker ini dibuat dengan mencampurkan satu sendok minyak jarak (castor oil) dan satu sendok minyak kelapa. Setelah dicampurkan, panaskan selama beberapa detik hingga minyak terasa hangat.

Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala secara merata. Usai mengoleskan ke seluruh bagian, pijat kulit kepala selama sekitar 15 menit dan diamkan selama 30 menit. Kemudian, bilas rambut dengan air dingin dan sampo.

Minyak jarak dipercaya membantu mengontrol rambut keriting dengan membuat rambut terasa lembut dan terhidrasi. Metode alami yang dapat dilakukan seminggu dua kali ini akan membantu meluruskan rambut sekaligus membuatnya lebih berkilau.

3. Telur dan Minyak Zaitun

Beberapa bahan yang harus Anda persiapkan adalah 2 butir telur dan 3 sendok minyak zaitun. Campurkan kedua bahan tersebut dan aduk hingga merata. Setelah itu, oleskan langsung ke rambut dan diamkan selama satu jam. Kemudian bilas dengan air dingin dan sampo.

Telur dikemas dengan protein yang membantu menyehatkan dan menghaluskan rambut, sementara minyak zaitun adalah kondisioner rambut yang sangat baik. Menggabungkan bahan-bahan ini akan membuat rambut Anda lembut dan bebas keriting. Cara ini dapat dilakukan seminggu sekali.

4. Susu dan Madu

Siapkan satu cangkir susu dan dua sendok madu. Campurkan keduanya hingga merata. Oleskan campuran ke seluruh rambut dan diamkan selama dua jam. Setelah itu bilas rambut dengan air dingin dan sampo.

Protein dalam susu membantu menyehatkan dan memperkuat rambut, sedangkan madu bertindak sebagai emolien yang membantu menjaga kelembapan rambut dan mengendalikan rambut kusut. Metode bisa Anda lakukan seminggu sekali.

5. Tepung Beras dan Telur

Beberapa bahan yang harus Anda persiapkan untuk membuat masker ini adalah 1 butir putih telur, 5 sendok tepung beras, 1 cangkir fullers earth, dan ¼ cangkir susu. Campurkan semua bahan ini sampai terbentuk adonan yang halus.

Setelah itu, oleskan ke seluruh rambut hingga merata dan diamkan selama 1 jam. Semua bahan yang ada di dalam masker ini dapat memperbaiki kerusakan rambut, membuatnya lurus, dan memberikan tampilan yang sehat.

6. Pisang dan Pepaya

Siapkan 1 pisang matang dan 1 potong pepaya. Haluskan keduanya sampai tidak terbentuk gumpalan. Oleskan campuran ini ke rambut dan diamkan selama kurang lebih 45 menit atau sampai masker mengering. Setelah itu, cuci bersih dengan air dingin dan sampo.

Masker alami yang dapat digunakan seminggu sekali ini dipercaya dapat membuat rambut lebih lembut dan berkilau.

7. Gel Lidah Buaya

Masker rambut alami agar rambut lurus berikutnya yang cukup populer digunakan adalah gel lidah buaya. Beberapa bahan yang harus dipersiapkan adalah ¼ cangkir minyak kelapa/zaitun dan ¼ cangkir lidah buaya.

Sebelum mencampurkannya, hangatkan terlebih dahulu minyak yang ingin digunakan. Kemudian campurkan dengan gel lidah buaya dan aduk hingga merata. Oleskan pada rambut dan diamkan selama 40 menit, setelah itu bilas rambut dengan air dingin dan sampo.

Lidah buaya dikemas dengan enzim yang membantu menjaga kehalusan rambut sekaligus meningkatkan pertumbuhan rambut. Bahannya menembus batang rambut, menghidrasinya dan menghaluskan rambut kusut.

Nah, itulah berbagai cara meluruskan rambut secara alami di rumah yang mudah untuk dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Syeda, Arshiya. 2021. 10 Natural Ways To Straighten Your Hair. https://www.stylecraze.com/articles/6-natural-hair-straightening-products/. (Diakses pada 24 September 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi