Terbit: 30 November 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Punya rambut yang sehat adalah impian bagi setiap orang. Namun terkadang, keluhan rambut rontok tidak bisa dihindarkan. Jika sudah begini, Anda harus melakukan tindakan untuk mengembalikan kekuatan rambut. Lantas, bagaimana cara menyuburkan rambut yang mudah untuk dilakukan? Simak penjelasannya di bawah ini.

10 Cara Alami Menyuburkan Rambut, Mudah Dilakukan

Tips Menyuburkan Rambut Secara Alami

Rambut rontok bisa terjadi karena berbagai alasan, mulai dari faktor keturunan, stres, hingga masalah kesehatan tertentu.

Bila penyebabnya masih bisa ditangani sendiri, Anda bisa mendapatkan rambut yang lebih sehat dengan beberapa cara berikut:

1. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Cara menyuburkan rambut tidak hanya melalui perawatan dari luar, Anda juga harus memperhatikan perawatan dari dalam.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein.

Konsumsilah setidaknya 45 gram protein setiap harinya. Beberapa sumber makanan yang tinggi akan protein, yaitu ikan, daging, susu, kacang, dan produk susu.

Kekurangan protein bisa menyebabkan rambut menjadi lebih rapuh. Alhasil, kerontokan rambut pun tidak bisa dihindari.

2. Penuhi Kebutuhan Omega-3

Selain protein, Anda juga sebaiknya memenuhi kebutuhan omega-3 untuk membuat rambut tampak lebat. Asam lemak ini diketahui dapat merangsang kelenjar sebasea dan folikel rambut sehingga kesehatan kulit kepala Anda terjaga.

Anda bisa mencukupi omega-3 melalui makanan yang tinggi akan kandungan asam lemak ini, seperti ikan salmon, sarden, dan herring.

Tak hanya itu, yoghurt, sereal, biji rami, juga mengandung omega-3 yang bisa mendatangkan manfaat tersendiri bagi kesehatan rambut.

Baca Juga11 Tips Memperkuat Akar Rambut Secara Alami

3. Jangan Lupa Tambahkan Zinc

Zinc adalah mineral yang memegang peran penting bagi kesehatan rambut. Mineral ini diketahui ikut berperan dalam lebih dari 100 reaksi kimia di dalam tubuh, termasuk di antaranya pembentukan enzim dan hormon.

Kekurangan zinc bisa menyebabkan rambut rontok dan rusak. Gejala lain juga bisa Anda rasakan,yakni pertumbuhan yang terhambat dan fungsi sistem kekebalan tubuh yang tidak baik.

Agar kebutuhan mineral ini terpenuhi, tambahkan makanan yang mengandung zinc ke dalam menu sehari-hari. Sumber makanan tersebut antara lain: kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan.

Selain lewat sumber alami, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen multivitamin zinc bila memang diperlukan.

4. Tingkatkan Konsumsi Vitamin Harian

Vitamin ikut berperan penting dalam menjaga kesuburan rambut. Penelitian bahkan membuktikan bahwa kekurangan nutrisi ini berhubungan dengan kerontokan rambut.

Berikut ini beberapa jenis vitamin yang baik untuk rambut, di antaranya:

  • Vitamin A: beberapa makanan yang mengandung vitamin ini, yaitu wortel, susu, telur, dan yoghut.
  • Vitamin B, terutama biotin; bisa Anda peroleh dari kuning telur, ikan salmon, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk olahan susu.
  • Vitamin C: Anda bisa mengonsumsi buah-buahan sitrus (misalnya jeruk), paprika, dan stroberi.
  • Vitamin D: Sumber makanan dengan kandungan vitamin D, antara lain ikan berlemak, kuning telur, makanan yang difortifikasi, dan jus jeruk.
  • Vitamin E: bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi kacang almond, bayam, alpukat, dan biji bunga matahari.

5. Perhatikan Waktu untuk Mencuci Rambut

Agar rambut senantiasa terjaga kesehatannya, Anda harus rajin mencuci rambut. Namun, pastikan untuk memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Hindari mencuci rambut lebih dari satu kali dalam sehari.
  • Gunakan produk sampo secukupnya.
  • Hindari menggunakan air panas atau terlalu dingin saat akan membilas.

Anda juga harus lebih memperhatikan kondisi rambut yang basah karena lebih berisiko patah. Keringkan rambut dengan menggosok pelan menggunakan handuk. Hindari menyisir saat keadaan rambut masih basah.

6. Pilih Produk Sampo yang Tepat

Memilih produk sampo yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda menjadi salah satu cara menyuburkan rambut. 

Untuk mengetahui produk mana yang tepat, tentunya Anda harus mengetahui kondisi rambut, apakah termasuk normal, berminyak, atau kering. Selain itu, pertimbangkan pula masalah yang sedang dimiliki, misalnya rambut berketombe.

Jangan salah, memilih produk yang kurang tepat bisa memperparah kondisi yang sudah ada. Hindari sampo yang mengandung bahan-bahan keras, seperti amonium lauril sulfat atau natrium lauril sulfat.

7. Rajin Menggunakan Kondisioner

Sampo saja tidak cukup. Faktanya, Anda dianjurkan menggunakan kondisioner sehabis keramas. Penggunaan kondisioner ini akan membantu menjaga rambut tetap lembut, mudah diatur, dan berkilau.

Pemilihan produk kondisioner juga harus diperhatikan. Anda bisa membeli yang terpisah dengan sampo, atau juga yang satu paket dengan produk sampo.

8. Gunakan Minyak Esensial

Anda bisa mengoleskan minyak esensial untuk mendapatkan rambut yang lebat. Minyak ini telah lama digunakan sebagai pengobatan alternatif dengan risiko efek samping yang sedikit.

Jenis minyak esensial tertentu dapat meningkatkan kesehatan rambut, termasuk membantunya tumbuh, kuat, dan tampak berkilau.

Beberapa minyak esensial yang baik untuk rambut, di antaranya rosemary, lavender, peppermint, cedarwood, lemongrass, dan tea tree.

9. Hindari Kebiasaan Buruk

Tahukah Anda bahwa kebiasaan tertentu bisa memicu kerusakan rambut hingga membuatnya mudah rontok? Misalnya saja, tindakan mewarnai rambut dan menggunakan sampo dengan bahan yang keras.

Selain itu, ada juga beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari untuk menjaga kesuburan rambut, di antaranya:

  • Konsumsi alkohol.
  • Diet rendah kalori ataupun diet ketat.
  • Stres yang berlebihan.

Baca JugaRagam Jenis Rambut dan Perawatannya, Kamu Tipe yang Mana?

10. Berikan Perlindungan pada Rambut

Salah satu cara menyuburkan rambut yang tidak kalah penting adalah melindungi rambut. Misalnya saja ketika Anda hendak berenang atau beraktivitas di luar ruangan.

Gunakan penutup kepala saat akan berenang. Tindakan ini dilakukan guna mencegah efek klorin yang dapat merusak rambut.

Selain itu, bila hendak beraktivitas di luar cukup lama, pastikan untuk menggunakan penutup kepala agar rambut tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Nah, itulah beberapa cara menyuburkan rambut secara alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Jika rambut rontok sudah sangat parah; bahkan setelah Anda menerapkan tips-tips di atas, segera periksakan kondisi ke dokter.

 

  1. Anonim. 2022. 6 Ways To Stop Hair Loss. https://health.clevelandclinic.org/how-to-stop-hair-loss/. (Diakses 29 November 2022).
  2. Anonim. Tips for Healthy Hair. https://www.aad.org/public/everyday-care/hair-scalp-care/hair/healthy-hair-tips. (Diakses 29 November 2022).
  3. Anonim. 2017. 9 Tricks for Healthier, Fuller-Looking Hair. https://www.healthline.com/health/tricks-healthier-fuller-hair. (Diakses 29 November 2022).
  4. Gotter, Ana. 2019. Essential Oils for Hair. https://www.healthline.com/health/essential-oils-for-hair-growth. (Diakses 29 November 2022).
  5. Passam, Zoe. 2022. Zinc and Your Hair. https://www.philipkingsley.co.uk/hair-guide/healthy-hair-nutrition/zinc.html
  6. Watson, Kathryn. 2019. Want Stronger, Healthier Hair? Try These 10 Tips. https://www.healthline.com/health/how-to-strengthen-hair. (Diakses 29 November 2022).


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi