Terbit: 1 November 2022 | Diperbarui: 3 November 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Akar rambut yang kuat merupakan komponen penting untuk menjaga rambut tetap sehat. Jika akar rambut lemah, berbagai masalah rambut bisa terjadi, seperti rambut rontok dan mudah patah. Agar kesehatan rambut senantiasa terjaga, simak berbagai cara memperkuat akar rambut dalam ulasan berikut!

11 Tips Memperkuat Akar Rambut Secara Alami

Cara Memperkuat Akar Rambut Secara Alami

Perlu diketahui, perawatan rambut yang dilakukan secara berlebihan bisa menyebabkan rambut rapuh. Tak hanya itu, makanan sehari-hari juga ikut berkontribusi terhadap hal ini. Berikut adalah berbagai langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat akar rambut, di antaranya: 

1. Konsumsi Lebih Banyak Vitamin

Kekurangan vitamin berhubungan dengan melemahnya akar rambut. Oleh sebab itu, bila mengalami masalah rambut rontok dan mudah patah, tingkatkan lagi asupan vitamin harian Anda.

Berbagai vitamin yang dapat membantu meningkatkan kekuatan rambut, di antaranya vitamin A, zat besi, zinc, biotin, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E.

2. Berikan Pijatan pada Kulit Kepala

Memijat kulit kepala bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Jangan salah, peningkatan aliran darah bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala Anda, lho.

Menurut penelitian, pijatan pada kulit kepala juga bisa menjadi salah satu cara untuk memperkuat akar rambut.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa memijat kulit kepala selama empat menit setiap harinya dapat membantu meningkatkan ketebalan dan kekuatan rambut.

Berikan pijatan pada kulit kepala dengan gerakan melingkar. Anda bisa melakukannya saat berkeramas ataupun saat keadaan rambut kering.

3. Perhatikan Waktu yang Tepat untuk Berkeramas

Kebanyakan orang menganggap berkeramas sering bisa membantu menjaga kesehatan rambut. Namun jangan salah, hal ini malah berdampak sebaliknya.

Perlu Anda ketahui, produk sampo biasanya mengandung bahan-bahan yang bisa menghilangkan minyak alami kulit. Tujuannya adalah untuk menghilangkan minyak dan kotoran.

Bila terlalu sering digunakan, bukan tidak mungkin minyak alami kulit akan hilang.

4. Konsumsi Lebih Banyak Protein

Selain beberapa vitamin, protein juga diperlukan tubuh untuk memperkuat rambut. Sebagai catatan, sebagian besar folikel rambut terdiri dari protein.

Menurut penelitian, kekurangan asupan ini bisa menyebabkan kerontokan dan penipisan rambut. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menambahkan makanan yang mengandung protein ke dalam menu makan sehari-hari.

Beberapa makanan tinggi protein yang sebaiknya dikonsumsi, di antaranya:

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian.
  • Telur.
  • Ikan, seperti salmon dan makarel.
  • Daging tanpa lemak.
  • Sayuran hijau, seperti bayam dan kangkung.

5. Sisir Rambut dengan Perlahan

Rambut yang kusut sering kali membuat Anda tergoda untuk menyisirnya. Tak jarang, Anda melakukannya terlalu keras sehingga menyebabkan sakit di kulit kepala dan memicu kerusakan pada rambut.

Sisirlah rambut secara perlahan dan pilih sisir yang tepat. Gunakan sisir yang bergigi lebar jika rambut masih basah. 

6. Hindari Menarik Rambut Terlalu Kencang

Bila ingin mengikat rambut atau menatanya, pastikan untuk tidak melakukannya terlalu kencang. Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan rambut rontok.

Lama-kelamaan folikel rambut bisa rusak secara permanen. Jika dibiarkan, rambut Anda bisa saja tidak tumbuh lagi.

7. Gunakan Masker Kuning Telur

Cara memperkuat akar rambut selanjutnya adalah menggunakan masker kuning telur. Penting diketahui, kuning telur mengandung protein yang sama dengan protein pembentuk folikel rambut.

Selain itu, kuning telur juga mengandung sejumlah nutrisi penting yang baik untuk kesehatan rambut,

Menurut penelitian yang dilakukan tahun 2018, peptida yang terkandung di dalam kuning telur dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Berikut ini adalah beberapa cara membuat masker kuning rambut:

  • Siapkan 3 kuning telur.
  • Campurkan dengan 3-4 sdm minyak kelapa.
  • Setelah tercampur dengan baik, oleskan pada kulit kepala dan akar rambut.
  • Tutupi rambut menggunakan shower cap dan tunggu sekitar 10-15 menit.
  • Bilas menggunakan air dingin.

8. Pilih Produk yang Cocok untuk Rambut

Kini sudah tersedia beragam produk perawatan rambut di pasaran. Kandungan di dalamnya pun beragam, menyesuaikan dengan kondisi rambut tertentu.

Memilih produk rambut juga bisa menjadi salah satu cara memperkuat akar rambut agar tidak rontok. Pilihlah produk yang sesuai dengan kondisi rambut Anda, termasuk sampo sekalipun.

9. Gunakan Air Dingin saat Membilas Rambut

Hindari membilas rambut menggunakan air yang terlalu panas. Bila terlalu sering dilakukan, hal ini dapat merusak akar dan bagian terluar batang rambut (kutikula).

Sebaiknya, bilaslah rambut Anda menggunakan air bersuhu biasa. Dengan begitu, kutikula rambut tidak terganggu sehingga kelembapan rambut tetap terjaga.

10. Gunakan Produk dengan Kandungan Aloe Vera

Salah satu bahan yang dinilai memberikan manfaat untuk rambut adalah aloe vera alias lidah buaya.

Aloe vera mengandung vitamin A, C, dan E yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan sel sehat, termasuk sel yang ada di rambut.

Tak hanya itu, kandungan vitamin B-12 dan asam folat di dalamnya juga mampu meningkatkan kesehatan rambut.

11. Hot Oil Treatment

Hot oil treatment adalah perawatan untuk rambut yang cukup populer. Perawatan ini dapat melembapkan rambut yang sudah kering atau rusak.

Salah satu perawatan ini adalah dengan menggunakan minyak kelapa dan alpukat. Penelitian tahun 2003 menemukan bahwa minyak kelapa bermanfaat untuk mencegah kehilangan protein pada rambut.

Itulah beberapa cara memperkuat akar rambut yang bisa Anda coba di rumah. Jika kerusakan pada rambut sudah sangat parah, jangan tunda untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Kramer, Owen. 2019. Want Stronger, Healthier Hair? Try These 10 Tips. https://www.healthline.com/health/how-to-strengthen-hair. (Diakses pada 1 November 2022).
  2. Nawale, Prutha B. 2022. Weak Hair: Signs, Causes & 6 Ways To Strengthen It. https://skinkraft.com/blogs/articles/how-to-strengthen-weak-hair. (Diakses pada 1 November 2022).
  3. WebMD Editorial Contributors. 2021. Understanding Hair Loss — Prevention. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/understanding-hair-loss-prevention. (Diakses pada 1 November 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi