Terbit: 30 November 2021 | Diperbarui: 4 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Lulur dan body scrub adalah metode perawatan kulit yang sangat digandrungi kaum hawa karena selain mencerahkan kulit, juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Ngomong-ngomong, apakah Anda sudah tahu perbedaan lulur dan body scrub? Yuk, simak bersama dalam artikel yang satu ini!

Body Scrub dan Lulur Ternyata Beda, Lho! Cek di Sini

Apa itu Lulur?

Lulur adalah produk perawatan tubuh asal Indonesia untuk mengikis sel kulit mati. Lulur dikenal sebagai metode perawatan kulit tubuh secara alami, dengan menggunakan bahan-bahan tradisional yang minim unsur kimia.

Lulur terbuat dari resep yang menggabungkan bahan-bahan seperti tanaman herbal dan rempah-rempah seperti kunyit, daun pandan, akar temu giring, dan tepung beras.

Teknik lulur badan ini sudah ada sejak masa lampau. Pada zaman dulu anggota kerajaan wanita akan merawat tubuh mereka dengan lulur sebagai bagian dari ritual sebelum pernikahan.

Apa itu Body Scrub?

Sebelum membahas lebih jauh tentang perbedaan lulur dan body scrub, Anda juga harus tahu apa itu body scrub. Body scrub adalah produk perawatan kulit tubuh yang memiliki ciri khas berupa butiran-butiran halus yang akan langsung terasa di kulit ketika Anda menggosokkannya.

Body scrub sangat tersohor di seluruh dunia dan sering disebut sebagai salah satu metode perawatan kulit terbaik untuk mengangkat sel kulit mati. Ini adalah perawatan kulit tubuh yang lebih modern dari lulur.

Apa Perbedaan Body Scrub dan Lulur?

Sering dianggap sama, sebenarnya ada perbedaan lulur dan body scrub yang sangat jelas. Mulai dari tekstur, bahan, dan tujuannya.

  • Tekstur butiran

Baik lulur maupun body scrub sama-sama memiliki tekstur yang kasar. Hanya saja, butiran pada lulur jauh lebih terlihat dan lebih kasar dibandingkan dengan body scrub.

Butiran lulur dihasilkan dari komponen alami yaitu tumbuh-tumbuhan dan rempah yang menjadi bahan utamanya. Sementara butiran pada body scrub dihasilkan dari gula, campuran bahan kimia, atau ekstraksi lain yang terkandung di dalamnya.

  • Bahan-bahan yang digunakan

Ini dia perbedaan yang paling mencolok antara lulur dan body scrub. Lulur terbuat dari bahan-bahan yang 100% alami, sementara body scrub mengandung unsur kimia di dalamnya.

  • Eksfoliasi kulit

Perbedaan terakhir terletak pada kemampuan lulur dan body scrub dalam mengeksfoliasi kulit atau mengangkat sel-sel kulit mati.

Karena memiliki butiran yang jauh lebih kasar dan besar, maka lulur dianggap lebih efektif dalam proses eksfoliasi kulit. Itu karena lulur mampu membersihkan hingga ke pori-pori kulit yang terdalam sehingga pembersihan berjalan secara lebih maksimal.

Baca Juga: 10 Manfaat Body Spa untuk Kecantikan dan Kesehatan Mental

Lulur dan Body Scrub Punya Manfaat yang Berbeda

Sama-sama berguna untuk merawat kecantikan kulit tubuh, namun cek manfaat lulur dan body scrub secara lebih spesifik berikut ini:

Manfaat Lulur untuk Kecantikan Kulit

Lulur tradisional kini sudah banyak ditemukan di berbagai rumah perawatan spa. Ini dia berbagai manfaat yang bisa didapatkan jika merawat kulit dengan bahan-bahan yang alami.

1. Menghilangkan racun pada kulit

Pada lulur tradisional, kunyit merupakan bahan utama yang tidak boleh dihilangkan. Ini karena kunyit mengandung properti antiseptik, antibakteri, dan antioksidan yang bisa menghilangkan racun pada kulit.

Tanpa disadari, paparan udara luar dan radikal bebas menyebabkan kulit menjadi tidak sehat. Lulur merupakan salah satu cara alami yang efektif untuk detoksifikasi kulit.

2. Menenangkan kulit yang meradang dan iritasi

Tidak hanya kulit wajah yang bisa mengalami iritasi, kulit tubuh juga. Misalnya akibat keringat yang mengendap di dalam pori-pori lalu menyebabkan gatal.

Kandungan bahan tradisional seperti temu giring pada lulur badan bisa membantu menyembuhkan luka, menenangkan kulit yang meradang dan sensitif.

3. Menjaga kulit tetap awet muda

Siapa yang tidak ingin punya kulit yang tetap terlihat awet muda? Tidak peduli berapapun usianya. Manfaat inilah yang bisa diberikan oleh lulur tradisional.

Bahan alami lulur seperti beras ketan putih mengandung senyawa yang bisa meremajakan kulit, menjadikan kulit tetap elastis dan awet muda.

4. Meredakan stres

Lulur bukan sekedar proses pembersihan badan saja, tetapi juga dapat menenangkan dan merelaksasi pikiran.

Pemijatan yang dilakukan ke seluruh tubuh bisa melemaskan otot-otot yang kaku, sehingga jika Anda sibuk dengan berbagai aktivitas seharian akan merasa segar kembali setelah mandi lulur.

5. Mengurangi dampak bahan kimia

Karena terbuat dari bahan-bahan alami dan tradisional, lulur sangat minim kandungan bahan kimia. Ini membuat kulit Anda ternutrisi dengan sempurna tanpa khawatir akan efek samping dari bahan kimia yang mungkin ditimbulkan.

Baca Juga: 7 Manfaat Lulur untuk Tubuh dan Tips Menggunakannya

Manfaat Body Scrub untuk Kulit

Ini dia penjelasan singkat tentang manfaat body scrub dalam merawat kulit Anda.

1. Melembutkan kulit

Setelah Anda menggosokkan body scrub ke permukaan kulit, Anda akan merasakan kulit yang jauh lebih halus dan lembut.

Itu karena sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit telah dihilangkan, sehingga penampilan kulit Anda jadi jauh lebih baik. Efek ini bisa segera Anda rasakan setelah membilas body scrub lho!

2. Meningkatkan kelembaban kulit

Body scrub meningkatkan kemampuan kulit untuk menyerap moisturizer. Aplikasi lotion setelah menggunakan body scrub akan membuat kulit terasa jauh lebih lembut dan sehat.

3. Menghilangkan jerawat pada kulit

Ketika sel kulit mati menumpuk, kulit tidak hanya terlihat kusam, tetapi pori-porinya juga dapat tersumbat oleh kelebihan sebum.

Saat penumpukan sel kulit mati semakin banyak, maka akan timbul jerawat pada kulit tubuh. Anda bisa menghilangkannya dengan body scrub.

4. Menyegarkan kulit

Manfaat lain dari body scrub adalah menyegarkan kulit karena segala racun-racun yang ada pada kulit telah luruh bersama dengan sel kulit mati.

Anda yang bermasalah dengan warna kulit tidak merata bisa menggunakan lulur sebagai solusi untuk meratakan warna kulit. Jika kulit terlihat makin cantik, Anda pun lebih percaya diri.

Baca Juga: 10 Urutan Body Care Routine untuk Mencerahkan Kulit

Nah, itulah berbagai manfaat secara perbedaan body scrub dan lulur. Jika Anda ingin rutin merawat tubuh dengan kedua metode ini, cukup lakukan 1-2 kali saja seminggu. Terlalu sering menggosok kulit dengan scrub atau lulur bisa mengikis kelembapan alami kulit yang menjadikannya sangat kering, bahkan iritasi.

 

 

  1. Hubbard, Ashley. 2021. What Are the Benefits of Body Scrubs? https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/benefits-of-body-scrubs#benefits. (Diakses pada 23-11-2021).
  2. Pradera, Elen. 2018. What is the Javanese Lulur, the famous ritual found in spas in Indonesia. https://elenpradera.com/blog/eng/javanese-lulur. (Diakses pada 23-11-2021).
  3. The Jakarta Post. 2015. Natural ingredients do wonders for skin rejuvenation. https://www.thejakartapost.com/news/2015/02/23/natural-ingredients-do-wonders-skin-rejuvenation.html. (Diakses pada 23-11-2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi