Terbit: 14 March 2022 | Diperbarui: 4 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Saat memilih warna lipstik atau alas bedak, warna kulit akan menentukan apakah kosmetik tersebut cocok atau tidak untuk Anda gunakan. Di sinilah pentingnya mengerti cara mengetahui undertone kulit wajah. 

Begini Cara Mengetahui Undertone Kulit Wajah

Apa itu Undertone Kulit Wajah?

Bagi Anda yang senang merias wajah, tentu tidak asing dengan istilah tone kulit wajah. Tone kulit mengacu pada warna kulit. Sedangkan undertone adalah warna alami di bawah permukaan kulit. Jika Anda mengetahui cara menentukan undertone kulit wajah, akan lebih mudah mencari padanan warna kosmetik. 

Setiap orang memiliki jenis undertone yang berbeda. Secara umum ada tiga jenis undertone yaitu hangat, dingin, dan netral. 

Warna undertone hangat mengacu pada warna peach ke arah kuning atau kuning keemasan. Undertone yang dingin termasuk pink atau kebiru-biruan. Sementara warna netral berarti undertone sama warnanya dengan permukaan kulit.

Cara Melihat Undertone Kulit Wajah

Undertone kulit wajah tidak sama dengan tone alami kulit. Tone adalah warna alami kulit tanpa makeup. Sementara undertone adalah warna lapisan dalam kulit. 

Itulah sebabnya memilih warna makeup bisa menjadi hal yang membingungkan. Karena walaupun cocok dengan tone kulit, suatu warna belum tentu cocok dengan undertone. Berikut adalah beberapa cara melihat undertone kulit wajah.

  • Warna pembuluh darah vena

Cara melihat undertone kulit wajah paling mudah adalah dengan mencermati warna pembuluh vena, yaitu dengan meregangkan sedikit kulit wajah lalu melihat pembuluh darah yang tampak di permukaannya. 

Pembuluh vena yang berwarna kebiruan menandakan undertone kulit termasuk cool tone. Jika berwarna kehijauan berarti Anda memiliki warna undertone hangat. 

Lantas, bagaimana jika warna  pembuluhvena tidak bisa terlihat? Itu berarti undertone Anda termasuk netral. 

  • Jenis warna perhiasan

Seseorang cenderung lebih tertarik pada perhiasan dengan warna yang berlawanan dengan undertone kulitnya. Jika Anda lebih menyukai perhiasan berwarna kuning emas, berarti undertone Anda hangat atau berwarna zaitun. 

Sementara warna perak, platinum, dan rose gold menandakan undertone Anda berwarna dingin. Namun jika warna kuning emas maupun perak sama-sama menarik, kemungkinan undertone Anda berwarna netral

  • Pakailah sesuatu yang netral

Ternyata warna netral seperti putih, coklat, dan hitam juga dapat memberitahu apa undertone seseorang. Jika seseorang cocok mengenakan warna putih berarti undertone-nya dingin. 

Sementara undertone hangat cocok dengan putih tulang. Seseorang dengan undertone hangat akan terlihat cocok mengenakan warna coklat, sementara undertone dingin cocok dengan hitam. Jika seseorang terlihat cocok dengan warna netral apa saja, berarti undertone-nya netral. 

  • Reaksi terhadap sinar matahari

Mengetahui reaksi kulit terhadap paparan sinar matahari dapat menentukan warna undertone. Seseorang yang memiliki undertone dingin cenderung lebih mudah mengalami sunburn. Karenanya harus lebih sering memakai sunscreen.

Sementara seseorang yang memiliki undertone hangat jauh lebih kuat terhadap paparan sinar matahari. Jika kulit Anda gelap tetapi jarang mengalami sunburn, kemungkinan undertone Anda hangat. 

Cara praktis lainnya adalah dengan menggunakan kertas putih. Ambil selembar kertas putih, lalu pegang di bawah dagu mengarah ke wajah. Bercerminlah di tempat yang terang dengan cahaya alami. Jika warna wajah sedikit pink, berarti undertone-nya dingin. Namun jika sedikit kuning, maka undertone-nya hangat. 

Lantas, bagaimana jika setelah menggunakan cara-cara di atas, Anda masih bingung menentukan undertone wajah? Jangan khawatir. Berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli kecantikan untuk membantu menentukan warna undertone kulit wajah dengan tepat. 

Memilih Makeup untuk Setiap Jenis Undertone

Jika telah memahami jenis undertone kulit wajah, akan lebih mudah memilih warna makeup, baik itu alas bedak, lipstik, blush on, hingga riasan mata. 

Tentu saja, Anda masih harus mencobanya langsung agar yakin itu adalah pilihan yang tepat. Apalagi setiap merek makeup memiliki gradasi warna yang berbeda. Berikut adalah pilihan warna untuk setiap undertone.

  • Undertone dingin

Warna foundation yang sedikit pink lebih cocok daripada kekuningan. Sedangkan untuk palet warna makeup, gunakan hijau, merah, merah muda, dan ungu

  • Undertone hangat

Warna foundation yang sedikit kuning sangat cocok di kulit. Sedangkan palet warna untuk makeup pilihlah warna kuning, keemasan, dan peach.

  • Undertone netral

Seseorang yang memiliki undertone netral dapat menggunakan foundation dengan warna agak pink atau kekuningan. Keduanya akan sama-sama bekerja sempurna mempercantik wajah. 

Untuk pilihan warna makeup, pemilik warna netral bisa mencoba warna apa saja. 

  • Undertone zaitun

Warna undertone ini unik, karena memadukan antara warna hangat dan sedikit gradasi hijau. Warna foundation keemasan sangat cocok untuk jenis kulit ini. 

Untuk warna makeup, pilihlah warna-warna tanah. Misalnya keemasan dan hijau. Jangan memakai warna-warna hangat karena akan menjadikan kulit terlihat sangat kuning. 

Pada akhirnya, walaupun tidak terlihat langsung tetapi jenis undertone akan menentukan warna makeup yang cocok dengan wajah. Salah menentukan warna undertone akan menjadikan makeup tidak sempurna, terlihat aneh, dan tidak cocok di wajah. 

Jika Anda masih bingung cara mengetahui undertone kulit wajah, sepertinya Anda perlu konsultasi dengan dokter kulit atau ahli kecantikan.

 

  1. Anonim. 2020. What Is My Skin Undertone? How to Find Your Skin’s Underlying Hues. https://beautyblender.com/blogs/beauty-101/what-is-my-skin-undertone. (Diakses pada 12 Maret 2021).
  2. Cherney, Kristeen. 2019. How to Identify Your Skin’s Undertones and What This Means for You. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-undertones. (Diakses pada 12 Maret 2021).
  3. Hopp, Deven dan Michelle Rostamian. 2022. Skin Undertones Guide: Is Your Skin Warm, Cool, or Neutral?. https://www.byrdie.com/figure-out-undertones. (Diakses pada 12 Maret 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi