Terbit: 24 May 2018 | Diperbarui: 7 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kandungan bahan kimia yang ada pada shampoo, jika digunakan dalam waktu lama, bisa berbahaya bagi kesehatan. Sama seperti kandungan bahan kimia lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, mengapa tidak mencoba alternative pembersih rambut lain selain shampoo? Kami punya informasinya untuk Anda dilansir dari Natural Living Ideas.

Alternatif Membersihkan Rambut Selain Menggunakan Shampoo

1. Sabun Kacang

Sabun kacang, dinilai oleh beberapa orang, sebagai alternatif pembersih rambut yang paling mendekati shampoo. Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan 5 buah sabun kacang, 5 tetes minyak esensial lavender dan kantung kain ukuran kecil.

Untuk membuatnya, masukkan 5 sabun kacang ke dalam kantung kain yang sudah disiapkan, masukkan dalam 2 gelas air yang dipanaskan, kecilkan api, didihkan selama 20 menit, kemudian kembali tambahkan air sebanyak 1 gelas, dan tambahkan 5 tetes minyak esensial lavender. Didihkan kembali sekitar 10 menit.

Angkat kemudian peras kantung kain yang berisi sabun kacang tadi. Bilas dengan air dingin lalu masukkan dalam air panas kembali. Sama seperti menggunakan shampoo, untuk menggunakannya Anda hanya perlu memijat kulit kepala selama kurang lebih 5 menit, kemudian bilas. Shampoo alami ini bisa disimpan di dalam botol kaca dan letakkan di lemari pendingin. Gunakan bila ingin membersihkan rambut.

2. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel sudah lama digunakan sebagai alternative pembersih rambut. Tidak serumit sabun kacang, menggunakan cuka sari apel untuk membersihkan rambut cukup sederhana. Anda hanya perlu mencampur satu gelas air dengan seperempat cuka apel, aplikasikan pada rambut seperti shampoo biasa, kemudian bilas. Dengan pemakaian teratur, rambut akan lebih bersinar dan lembut.

3. Santan Kelapa

Santan kelapa banyak digunakan oleh wanita Asia, salah satunya adalah wanita Filipina. Mereka cenderung memiliki rambut yang tebal, panjang dan indah. Rahasianya adalah santan kelapa. Bahan yang dekat dengan keseharian kita ini memiliki kandungan asam lemak dan protein yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut serta merawat folikel dengan menutrisinya.

Untuk menggunakannya, cukup sederhana, gunakan santan murni dan aplikasikan ke rambut Anda. Pijat perlahan dan diamkan hingga santan menyerap, kemudian bilas sampai bersih.

Alternative pembersih rambut dari bahan-bahan alami ini, bisa dijadikan pengganti shampoo, setidaknya selingan agar kulit kepala tidak terpapar bahan kimia secara terus-menerus.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi