Terbit: 24 May 2018 | Diperbarui: 7 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jika diingat-ingat, kulit wajah rentan sekali terhadap paparan bahan kimia. Mulai dari kosmetik, bahkan hingga pembersihnya. Untuk meminimalisasi paparan bahan kimia pada kulit wajah, kami berikan pada Anda informasi mengenai pembersih alami untuk kulit wajah, pembersih yang tanpa bahan kimia. Melansir dari Natural Living Ideas, berikut ulasannya.

Alternatif Membersihkan Sisa Kosmetik Tanpa Produk Kimia

1. Minyak Alami

Minyak alami yang bisa Anda jadikan pembersih alami untuk kulit wajah antara lain minyak kelapa murni, minyak almond, minyak zaitun dan minyak jojoba. Menggunakan minyak-minyak alami ini untuk membersihkan wajah, sisa kosmetik pada wajah dapat terangkat sempurna tanpa membuat kulit wajah kehilangan kelembapan alaminya.

Anda bisa mengombinasikan dua minyak yang berbeda, seperti minyak jojoba dan minyak almond, atau minyak zaitun dengan sedikit tambahan air mawar yang ideal untuk kulit sensitif dan kering.

2. Susu

Kandungan lemak pada susu murni dapat diandalkan untuk menghidrasi kulit, meningkatkan kemampuan alami kulit untuk mempertahankan kelembapannya. Membersihkan muka menggunakan susu murni Anda cukup membasahi kapas dengan sedikit susu, kemudian usapkan ke seluruh permukaan kulit wajah termasuk mata. Melakukannya secara rutin membuat kulit segar dan sehat.

3. Yogurt

Pembersih alami untuk wajah selanjutnya yang bisa diandalkan adalah yogurt. Yogurt kaya akan kandungan asam laktat, lemak dan protein yang dapat membantu proses detoksifikasi pada kulit. Yogurt bukan hanya dapat menghapus kosmetik melainkan juga melembapkan kulit wajah Anda. Untuk merasakan manfaatnya, ratakan yogurt ke seluruh permukaan wajah menggunakan kapas, kemudian bilas menggunakan air dingin.

4. Madu

Madu juga bisa digunakan sebagai pembersih wajah alami. Sifat antibakteri yang dimiliki madu dapat melindungi kulit dari jerawat. Selain itu, enzim yang ada pada madu juga dapat membantu melepaskan sel-sel kulit mati, sehingga membuat kulit terasa lebih lembut dan halus.

Gunakan madu asli, usap menggunakan handuk basah ke seluruh bagian wajah. Biarkan 5-10 menit sebelum dibilas. Bilaslah dengan air hangat. Bila kulit Anda termasuk berminyak, tambahkkan sedikit perasan lemon, dan bila kulit Anda termasuk kering, tambahkan susu.

Pembersih alami untuk wajah di atas, mudah didapatkan dan mudah digunakan. Mengapa tidak mencobanya?!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi