Terbit: 21 May 2018 | Diperbarui: 7 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Membersihkan wajah setelah beraktivitas di luar ruangan, terlebih jika Anda menggunakan riasan adalah hal yang tidak bisa dikesampingkan. Pasalnya, jika Anda cenderung kerap melewatkan membersihkan wajah, siap-siap saja dengan berbagai masalah yang menyerang kulit. Benarkah demikian? Yuk, simak informasi yang kami lansir dari Allure berikut ini!

Ini yang Terjadi Jika Anda Melewatkan Membersihkan Wajah

1. Apa yang Terjadi Jika Berhenti Mencuci Muka?

Dokter kulit dari New York, Soren White, seperti dilansir dari Allure mengatakan bahwa jika Anda berhenti mencuci muka sama sekali, masalah kulit akan muncul berdasarkan jenis kulit Anda.

Jika kulit Anda termasuk berminyak, dan Anda berhenti mencucinya sehabis berkegiatan, maka wajah akan mudah berjerawat dan jumlahnya juga tidak sedikit. Sementara jika kulit Anda termasuk jenis kulit kering, maka kulit wajah Anda akan berubah kusam, sangat kering.

2. Mengapa Mencuci Muka Itu Penting?

Menurut Sejal Shah, seorang dokter kulit di New York, meski tanpa riasan, kulit rentan terhadap berbagai kotoran, mulai dari polutan, sel kulit mati yang menumpuk, minyak, pelembap harian, atau tabir surya. Jika kotoran-kotoran tersebut tidak dibersihkan dari wajah, bisa menyebabkan masalah luminositas, kulit akan kehilangan kemampuan memperbarui sel-sel di dirinya.

Penumpukan kotoran pada wajah, bisa menyebabkan iritasi, jerawat, kulit kering, hingga akhirnya kulit terasa gatal, infeksi, bahkan kulit menjadi pecah-pecah. Sudah bisa disimpulkan bahwa melewatkan membersihkan wajah, memang mengerikan.

3. Jadikan Membersihkan Muka Sebagai Kebiasaan

Bagaimana pun, wajah yang Anda miliki adalah sesuatu yang harus dijaga. Selelah apa pun setelah berkegiatan seharian, sengantuk apa pun Anda di malam hari, atau sebosan apa pun Anda dengan ritual membersihkan wajah, jangan pernah meninggalkannya. Manfaatnya akan Anda rasakan di masa depan, dan jika sudah bermasalah, akan lebih sulit untuk mengatasinya. Pilih pembersih yang paling sederhana dan cocok untuk Anda.

Melewatkan membersihkan wajah sebaiknya jangan dilakukan. Sempatkan 3 menit untuk membersihkan muka setiap harinya, manfaat luar biasa akan Anda rasakan kemudian.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi