Terbit: 16 March 2018 | Diperbarui: 8 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Madu memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Tidak hanya itu, sebagai bahan dengan sifat antibakteri, probiotik dan penyembuhan yang sangat kuat, madu juga menjadi bahan yang tepat untuk perawatan masalah kulit.

5 Masker Berbahan Dasar Madu untuk Perawatan Kulit

Sakit karena eksim dan jerawatan dapat mendapatkan penyembuhan lebih baik dengan madu. Nah, seperti yang dilansir dari theindianspot.com, berikut ini beberapa masker berbahan dasar madu yang dapat Anda gunakan sebagai perawatan kulit.

1. Kulit Berjerawat

Untuk mengatasi kulit berjerawat, campurkan 1/2 sendok teh pala dengan 2 sendok makan madu dan gunakan campuran ini sebagai masker wajah atau cukup usapkan sedikit madu pada daerah yang berjerawat dan diamkan semalam. Sifat antibakteri pada madu dan pala bermanfaat untuk kulit yang rentan berjerawat.

2. Kulit Kering

Untuk kulit kering, gunakan campuran madu dengan minyak kelapa. Anda dapat mencampurkan 2 sendok makan madu dengan 1 sendok makan minyak kelapa dan gunakan untuk memijat wajah Anda selama beberapa menit. Diamkan selama lima belas menit, kemudian bilas.

3. Kulit Berminyak

Jika Anda memiliki kulit berminyak, maka gunakan campuran 1 sendok makan lidah buaya dan 2 sendok makan madu sebagai pencuci wajah setiap hari. Sedangkan untuk membuat masker wajah, tambahkan sedikit kunyit dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 15-20 menit dan kemudian bilas.

4. Bekas Luka

Madu juga dapat digunakan untuk merawat bitnik-bintik hitam atau bekas luka. Caranya, campurkan satu sendok makan madu dengan satu sendok makan lemon dan oleskan pada bekas luka. Diamkan selama 30 menit atau semalam untuk menyamarkan bekas luka tersebut.

5. Komedo

Untuk masalah komedo, Anda dapat menambahkan 1/4 sendok teh kayu manis pada 2 sendok makan madu. Oleskan pada area yang bermasalah, tinggalkan 10-15 menit sebelum kemudian membilasnya. Namun jika Anda alergi terhadap kayu manis, jangan tambahkan kayu manis pada perawatan kulit Anda.

Jadi, apa masalah kulit Anda? Mari mencoba mengatasinya dengan beberapa tips masker wajah di atas.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi