Terbit: 16 March 2018 | Diperbarui: 8 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Meski keras dan kuat, bukan berarti kuku tidak membutuhkan perawatan dan perlindungan khusus. Apalagi jika Anda sering mengenakan cat kuku. Anda tentu tidak ingin kuku Anda memiliki tampilan yang tidak menarik gara-gara malas merawatnya, bukan?

3 Langkah Mudah Merawat Kuku dengan Bahan Alami

Perawatan kuku tidak perlu mahal atau harus dilakukan di salon. Ada beberapa cara alami dan tradisional dengan manfaat yang tidak kalah hebat. Seperti yang dilansir dari theindianspot.com, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda gunakan.

1. Membuat Kuku Lebih Putih

Lemon dapat berfungsi sebagai pemutih alami untuk kulit sehingga dapat membersihkan noda kekuningan pada kulit. Selain itu, vitamin C yang terkandung di dalamnya juga baik untuk pertumbuhan kuku dan membuatnya semakin berkilau.

Caranya: Campurkan 1/4 perasan lemon, 1/4 gelas air hangat dan 2 sendok the garam atau baking soda. Kemudian, rendam ujung jari Anda selama 10-15 menit. Selanjutnya, dengan menggunakan sikat gigi yang bersih, sikat kuku Anda dan bilas dengan air hangat.

2. Mempercepat Pertumbuhan Kuku

Madu bersama dengan minyak kelapa dan lavender membantu meningkatkan sirkulasi darah. Campuran ini akan membantu memperbaiki kuku yang rusak dan mendorong pertumbuhan kuku.

Caranya: Anda hanya perlu mencampurkan setengah cangkir madu, setengah cangkir minyak kelapa, kemudian hangatkan. Tambahkan beberapa tetes minyak lavender, dan rendam kuku Anda di dalamnya selama 10 menit. Pijatkan campuran tersebut ke dalam masing-masing kuku selama beberapa menit dan bilas.

3. Menguatkan Kuku

Untuk menguatkan kuku agar tidak mudah, campuran kuning telur dan madu dapat menjadi pilihan yang tepat. Protein pada telur akan membuat kuku Anda semakin kuat.

Caranya: Anda hanya perlu mencampurkan 2 kuning telur yang telah dikocok dan 1 sendok makan madu dalam sebuah mangkuk kecil. Rendam kuku selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan tersebut, Anda sudah bisa membuat rendaman yang baik untuk kuku. Mudah bukan caranya? Silakan mencoba!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi