Terbit: 21 Januari 2022
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Seiring bertambahnya usia, salah satu kondisi yang pasti dialami oleh setiap orang adalah perubahan fisik. Namun, Anda bisa menunda penuaan fisik jika mulai menerapkan kebiasaan yang membuat awet muda. Apa saja cara awet muda yang mudah untuk dilakukan? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

8 Kebiasaan yang Dapat Membuat Anda Awet Muda

Kebiasaan yang Membuat Anda Terlihat Lebih Muda

Sebelum menjelaskan mengenai apa saja kebiasaan yang membuat awet muda, pada dasarnya kunci untuk tetap awet muda terletak di dalam sel. Setiap sel memiliki telomer, yaitu segmen DNA yang terletak pada ujung kromosom sel eukariot dan berperan penting mencegah kerusakan serta degradasi kromosom.

Perubahan pada telomer berhubungan dengan proses penuaan dan karsinogenesis. Proses penuaan berhubungan dengan pemendekan telomer, pada manusia panjang telomer memendek secara proporsional sesuai dengan umur.

Jika Anda ingin tetap merasa muda—baik secara fisik maupun mental—cobalah mengadaptasi beberapa kebiasaan yang membuat awet muda, di antaranya:

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sebuah studi menunjukkan bahwa tidur lima atau hanya beberapa jam per malam dapat memperpendek telomer. Tidur yang cukup dapat membantu Anda merasa lebih berenergi dan lebih bahagia. Kurang tidur bisa memengaruhi ingatan, emosi, berat badan, hingga penampilan.

Menurut National Sleep Foundation, sebagian besar masalah tidur adalah akibat dari mendengkur, efek samping pengobatan, dan kondisi medis yang mendasari seperti asam lambung, depresi, dan masalah prostat. Mengatasi masalah tersebut sedini dengan dokter adalah langkah yang baik.

Anda dapat menikmati tidur yang lebih berkualitas dengan menciptakan ruang yang menenangkan, mengatur waktu yang cukup untuk tidur, dan mempraktikkan teknik relaksasi.

Baca Juga: 10 Tips untuk Mendapatkan Tidur yang Berkualitas dan Nyenyak

2. Membatasi Asupan Gula

Sebuah studi mengungkapkan, seseorang yang mengonsumsi minuman bersoda setiap hari mengalami pemendekan telomer (setara dengan 4,6 tahun). Asupan gula yang berlebih dapat menyebabkan kelelahan, memicu jerawat, kecemasan, hingga gangguan sistem kekebalan tubuh.

Selain membatasi asupan gula, cobalah untuk menerapkan pola diet Mediterania, pola makan yang terdiri dari buah, sayur, biji-bijian, dan makanan lain yang mengandung lemak baik.

Diet ini dipercaya dapat menghindari penyakit yang umumnya menyerang lansia seperti demensia, serta meminimalkan risiko kesehatan lainnya.

Baca Juga: 11 Cara Mencegah Alzheimer (Semua Usia Wajib Tahu)

3. Olahraga

Olahraga hanya tiga jam per minggu menurut sebuah penelitian dapat membuat kulit Anda tampak lebih muda. Sementara penelitian lain mengungkapkan, olahraga sedang selama 150 menit setiap minggunya dapat meningkatkan usia harapan hidup.

Olahraga juga menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan beberapa jenis kanker.

Berbagai efek positif ini mengarah pada sesuatu yang oleh para ahli disebut ‘compression of morbidity’, istilah yang digunakan untuk memaksimalkan kondisi sehat lebih lama di penghujung usia, dibanding seseorang yang menghabiskan 5 atau 10 tahun terakhir hidupnya berjuang melawan penyakit kronis.

Olahraga juga merupakan salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mencegah demensia dan perubahan kognitif lainnya.

4. Memenuhi Kebutuhan Asupan Cairan Tubuh

Kebiasaan yang membuat awet muda lainnya yang sering kali tidak disadari adalah mencukupi kebutuhan air minum setiap harinya. Sebuah penelitian mengungkapkan, memenuhi asupan cairan dalam jumlah yang cukup dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Studi lain menunjukkan bahwa air minum terkait dengan tingkat energi, suasana hati, dan konsentrasi yang lebih baik.

5. Manajemen Stres yang Baik

Stres dapat berkontribusi pada penuaan dalam berbagai cara. Sebuah studi menemukan bahwa stres terkait pekerjaan menyebabkan telomer lebih pendek.

Selain itu, stres juga dapat menyebabkan gangguan penglihatan dan pendengaran, penyakit Alzheimer, dan gangguan terkait usia lainnya.

6. Melindungi Diri dari Sinar Matahari

Meski Anda dapat mengoleskan krim yang dapat melindungi dari paparan sinar matahari, hal tersebut tidak dapat mencegah penuaan kulit, terutama jika Anda terpapar sinar UV setiap hari.

Menurut sebuah penelitian, sinar matahari bertanggung jawab atas 80 persen penuaan kulit.

Baca Juga: Batas Normal Tekanan Darah Berdasarkan Usia yang Perlu Anda Ketahui

7. Menjaga Postur Tubuh yang Baik

Menurut beberapa penelitian, duduk tegak dapat membantu Anda merasa lebih muda, lebih tinggi, dan lebih percaya diri, tetapi juga dapat membantu suasana hati, ingatan, pencernaan, hingga tulang Anda.

8. Berpikir Positif

jika Anda merasa sehat saat menjalani hari serta menyikapi pertambahan usia dengan bahagia, berarti Anda melakukan sesuatu dengan benar. Terus berpikir positif dapat menjaga kesehatan jantung bahkan lebih dari diet yang tepat, olahraga, atau menjaga berat badan.

Perlu Anda ketahui juga, pada dasarnya otak suka mengetahui hal-hal yang baru, oleh karena itu cobalah untuk mempelajari sesuatu yang baru, misalnya, belajar bahasa asing atau berkendara dengan rute yang tidak biasa. Seiring bertambahnya usia, teruslah belajar sesuatu yang baru agar Anda terus merasa muda.

Itulah beberapa kebiasaan yang membuat awet muda. Selain itu, selalu konsumsi buah dan sayur serta rajin olahraga untuk membantu tubuh tetap sehat bugar dan terlihat awet muda selalu. sehat

 

  1. Anonim. It’s Never Too Late: Five Healthy Steps at Any Age. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/its-never-too-late-five-healthy-steps-at-any-age. (Diakses pada 21 Januari 2022).
  2. Wolff, Carina. 2016. 9 Habits That Keep You Young. https://www.bustle.com/articles/156201-9-habits-that-keep-you-young-both-inside-out. (Diakses pada 21 Januari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi