Terbit: 10 March 2018 | Diperbarui: 31 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Sudah mencoba ngemil dengan camilan yang sehat? Jika kita sudah mulai memilih jenis camilan yang sehat maka langkah selanjutnya adalah untuk memertahankan agar kita bisa tetap ngemil sehat. Kira-kira bagaimana caranya?

Tips Agar Tetap Bisa Ngemil Sehat

Jika biasanya kita sering ngemil dalam jumlah banyak dan frekuensi yang cukup sering, maka kita harus mengetahui bagaimana cara agar konsumsi camilan kita tidak berlebihan dan tidak terlalu sering. Selain itu kita juga harus mampu memilih bahan makanan apa yang baik untuk dipilih sebagai camilan. Hal-hal tersebut yang harus dipertahankan agar ngemil kita tetap sehat.

Menurut British Dietitian Association untuk mempertahankan agar asupan snack dan kebiasaan ngemil kita tetap sehat, beberapa hal yang bisa dilakukan adalah:

    • Menyediakan camilan sehat dibanyak tempat

Agar pemilihan camilan kita tetap sehat selama ngemil, kita sebaiknya menyediakan camilan sehat dibanyak tempat. Misalnya menyiapkan buah-buahan di kulkas, kacang dan biji-bijan dia meja kerja, dan membawa buah atau olahan buah lainnya, misalnya buah kalengan, saat kita dalam perjalanan atau sedang berpergian jauh.

    • Pastikan kita ngemil karena benar-benar lapar

Biasanya kita cenderung ngemil karena hanya lapar mata, hal ini sebaiknya dihindari dengan mengatur jadwal atau menentukan jam berapa saja kita perlu ngemil. Dengan mengatur jadwal atau rentang waktu untuk kita ngemil, kita dapat mengatur frekuensi ngemil sehat yang tidak berlebihan.

    • Cobalah minum saat merasa ingin ngemil

Jika kita merasa ingin ngemil maka sebaiknya coba untuk meminum air putih terlebih dahulu. Kadang rasa haus yang berlebihan menyebabkan tubuh menganggap kondisi tersebut adalah rasa lapar. Maka dari itu kita sebaiknya meminum segelas air putih. Jika dalam sepuluh menit tubuh masih merasa lapar, maka kita boleh mengonsumsi camilan sehat.

Membiasakan diri untuk mengonsumsi snack sehat tentu memerlukan proses. Jadi jangan terburu-buru beranggapan bahwa kita tidak bisa menerapkan pola ngemil yang sehat ya. Coba dulu beberapa tips diatas agar pola ngemil yang sehat bisa terwujud.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi